5 Bahaya Menggunakan Wifi Gratis di Tempat Umum

sumber foto: amazon.co.uk

Semua orang pasti akan merasa senang kalau dapat wifi gratis / internet gratis. Karena kita dapat mengakses internet atau mendownload apa saja tanpa khawatir kuota habis. Tetapi ada dampak negatifnya dari penggunaan wifi gratis di tempat umum. Menurut saya pribadi sangat bahaya sekali. Penggunaan internet di indonesia sangat tinggi maklum jika kebutuhan internet sangat di butuhkan di indonesia.

Akan tetapi kita harus memahaminya dulu, apakah internet yang saya gunakan aman? Kalau kalian memakai internet dari kartu hp kalian otomatis data data kalian aman tetapi jika kalian memakai wifi gratis di tempat umum itu patut di waspadai karena sangat rentan dengan data yang bocor. Dari situ orang akan mengetahui data data kita yang bocor karena penggunaan wifi gratis.

Kalian penasaran dengan bahayanya apa saja? Yuk simak artikel ini sampai habis karena ini sangat penting sekali.

1. Data Rentan di Curi Hacker

Hasil gambar untuk hacker
hacker

Hacker adalah orang yang tidak bertanggung jawab yang bisa saja mencuri data pribadi kita dengan mudah. Tentu saja data tersebut bisa saja disalahgunakan oleh mereka. Internet gratis menjadi tempat yang sangat dimanfaatkan oleh para hacker ini. Karena banyak digunakan orang, maka banyak juga mangsa yang bisa mereka dapatkan. Ketika kita terhubung dalam satu jaringan dengan hacker, mereka bisa saja mencuri apa yang mereka mau dari perangkat kita. Berbagai dokumen pribadi dan penting juga bisa saja dicuri dengan mudahnya oleh para hacker. Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan internet gratis di tempat publik.

2. Bahaya Terkena Virus

Hasil gambar untuk virus komputer terbaru
virus

Mungkin banyak orang mengira bahwa virus komputer atau smartphone tidak dapat menyebar melalui WiFi gratis. Padahal, ada sebuah virus komputer bernama Chameleon yang tersebar secara cepat melalui jaringan WiFi. Virus ini cukup berbahaya bagi perangkat yang terinfeksi. Bahkan virus ini dapat mengumpulkan segala informasi yang ada di dalam perangkat yang terinfeksi secara diam-diam.

3. Terkena Iklan Yang Mengganggu

Hasil gambar untuk iklan yang mengganggu
iklan yang mengganggu
Internet gratis memang tidak sepenuhnya gratis. Kadang ketika kita terhubung dengan internet atau WiFi gratis, sering muncul iklan-iklan berupa popup yang sangat mengganggu. Tentu saja hal ini tidak akan membuat kita nyaman ketika berselancar di internet. Bahkan ada beberapa pop up iklan yang mengandung malicious software atau software jahat. Ketika kamu tidak sengaja mengklik iklan itu, maka untuk mengatasinya, kalian bisa menginstal ad block pada smartphone atau laptop kalian. Tapi ini tidak bisa sepenuhnya menghilangkan virus atau malicious software yang ada dalam iklan tersebut.

4. Mata Mata

Police Surveillance
mata mata

Mata-mata atau snooper memang tidak lebih berbahaya dari hacker. Meski demikian tetap saja akan mengganggu aktivitas kita di internet. Bayangkan saja jika orang lain dapat mengintip browser dan halaman apa saja yang kita buka. Lebih berbahaya lagi jika mereka bisa mengintip password yang kita gunakan dan kemudian disalahgunakan. Agar terhindar dari mata-mata atau snooper saat internetan dengan WiFi gratis, sebaiknya kalian menggunakan mode incognito pada browser sehingga dapat meminimalisir bahaya internet gratis ini.

5. Akun Sosmed Rawan di Hack

Hasil gambar untuk hack
rawan hack

Akun sosmed kita akan di hack atau di bajak oleh orang yang jahil yang tau identitas atau data hp kita karena penggunaan wifi gratis. Maka dari itu mulai sekarang lebih berhati hati soal penggunaan wifi di luar sana. Akun sosmed kita tentu sangat penting karena berisikan data data pribadi kita. Apalagi kalau di hp kita terdapat data rahasia kerja kita atau yang lainnya itu akan sangat beresiko.

Demikian pembahasan dari artikel ini semoga semuanya sangat bermanfaat buat banyak orang dan jangan lupa kalian share ke teman teman kalian agar semuanya baik baik saja hehe.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, jangan lupa nyalakan notifikasi web ini agar tidak ketinggalan artikel lainnya. See u guys....!