5 Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia

sumber foto: indosport.com

5 Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia - Membicarakan klub sepakbola Indonesia sangatlah menarik. Karena masing-masing klub memiliki keunikan tersendiri. Ada yang mempunyai gelar juara terbanyak di Indonesia, Tidak pernah degradasi sejak berdirinya klub tersebut, mempunyai rivalitas yang panjang dan lain-lain.

Sangatlah di sayangkan kalau kalian skip artikel ini karena pembahasan kali ini bisa membuat kalian memahami klub sepakbola mana yang paling terbesar di Indonesia. Klub tersebut rata-rata besar karena nama supporternya yang fanatik dan militan. Sebenarnya salut dengan sifat militan supporter yang ada di Indonesia. Akan tetapi sepakbola Indonesia sering tercoreng namanya karena aroganisme supporter Indonesia.

Jika supporter bertemu dengan rival abadinya, maka akan terjadi bentrok yang besar dan melukai banyak orang serta jatuhnya korban jiwa. Seharusnya rivalitas seperti ini harus di hentikan. Tapi apadaya kalau permusuhan / rivalitas kedua klub sudah ada sejak zaman dahulu. Itulah yang menyebabkan gengsi di antara keduanya.

Okey kalau begitu yuk simak artikel ini sampai habis.

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta merupakan klub sepakbola terbesar di Indonesia. Mulai dari prestasi yang di raih ada 11x juara liga (terbanyak di Indonesia), sponsor sangat banyak, akun sosial media dengan pengikut jutaan orang dan supporternya yang militan.

Persija Jakarta memiliki supporter yang sangat setia, loyal dan militan, yaitu Jakmania. Salah satu basis supporter terbesar di Indonesia dan memiliki basecamp (koordinator wilayah) di seluruh Nusantara membuat nama Jakmania sudah tidak asing lagi di mata warga negara Indonesia.

Persija Jakarta menduduki peringkat pertama Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia.

2. Persib Bandung

Persib Bandung merupakan klub berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Persib Bandung juga salah satu dari klub sepakbola terbesar di Indonesia. Klub sepakbola yang berasal dari Bandung ini mempunyai gelar sebanyak 7x dari awal berdirinya klub tersebut.

Persib Bandung memiliki akun Sosial Media dengan pengikut total jutaan orang dan memiliki fans yang loyal dan militan yaitu ada Bobotoh, Viking, dan Bomber. Memiliki basis di seluruh penjuru Nusantara membuat nama kelompok pendukung persib ini sudah tidak asing lagi.

Persib Bandung menduduki peringkat kedua Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia.

3. Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya merupakan klub yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Persebaya Surabaya juga salah satu klub sepakbola terbesar di Indonesia. Persebaya Surabaya memiliki prestasi berjumlah 8x juara liga dari awal berdirinya klub tersebut.

Persebaya Surabaya memiliki akun Sosial Media dengan pengikut total jutaan orang dan memiliki fans yang loyal dan militan, yaitu Bonek (Bondo Nekat).

Persebaya Surabaya menduduki peringkat ketiga Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia.

4. Arema FC

Arema FC merupakan klub kebangaan warga Malang, Jawa Timur. Arema FC juga memiliki prestasi juara yang banyak, yaitu berjumlah 3x juara liga. Arema FC juga menduduki peringkat di jejeran klub sepakbola terbesar di Indonesia.

Arema FC memiliki akun sosial media dengan jumlah pengikut totalnya mencapai jutaan orang. Arema memiliki fans yang loyal dan militan, yaitu Aremania.

Arema FC menduduki peringkat keempat Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia.

5. Bali United

Bali United merupakan klub sepakbola kebangaan warga Bali. Bali United bisa ada di jajaran klub sepakbola terbesar di Indonesia karena Bali United memiliki basis supporter di mana mana.

Bali United memiliki akun sosial media dengan jumlah followers totalnya mencapai jutaan orang dan memiliki fans yang loyal dan militan yaitu Semeton Dewata dan North Side Boys.

Bali United menduduki peringkat kelima Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia.

Nah itu dia 5 Klub Sepakbola Terbesar di Indonesia. Manakah klub jagoan kalian? Yuk komen di bawah.

Terima kasih buat yang sudah baca sampai selesai. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman kalian ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya. See u guys....!