5 Penyebab Android Jadi Lemot

sumber foto: jalantikus.com

5 Penyebab Android Jadi Lemot - Kalian pernah saat lagi menggunakan smartphone android tiba-tiba jadi lemot? Lalu bagaimana cara kalian mengatasinya? Dan kalian tau apa saja penyebabnya? Pada artikel kali ini saya akan membagikan info penyebab android jadi lemot. Saya sendiri sering mengalami hal itu ketika sedang menggunakan android yang saya pakai. Tiba-tiba android terasa lemot banget dan nge hank.

Sebenarnya penyebabnya itu pasti kalian sudah tau bukan? Apa masih ada yang belum tau? Di artikel ini saya akan membahas penyebab utamanya ya. Penyebab yang paling parah bikin android kalian jadi lemot. Sudah penasaran? Okey kalau begitu langsung simak artikel ini sampai habis.

1. Memori Penuh

Memori yang penuh merupakan penyebab utama hp android kalian jadi lemot dan nge hank. Karena penyimpanan yang sudah tidak bisa menampung lagi dan kalian masih memaksakan untuk memakai android tersebut. Alhasil lemot pun menyerang android kalian. Selain lemot, android kalian akan nge hank jika kalian masih memaksa memakai android tersebut.

Jalan satu-satunya ialah bersihkan memori hp kalian terlebih dahulu. Hapus isi galeri kalian yang memenuhi memori. Hapus aplikasi yang tidak terpakai lagi dan hapuslah file-file tidak penting yang ada di android kalian. Karena itulah penyebab android jadi lemot.

2. Aplikasi Background

Kalau kalian sedang menggunakan hp android kalian alangkah baiknya hapus aplikasi backgroundnya, supaya android kalian berjalan dengan stabil dan tidak terjadi lemot. Tau aplikasi background? Aplikasi yang sudah kalian pakai atau gunakan lalu kalian tidak menghilangkannya di background android kalian. Otomatis juga akan memenuhi background dan akan terjadi lag pada android kalian.

Selain itu, aplikasi background juga bisa menyebabkan boros baterai. Karena aplikasi tersebut berjalan di belakang layar dan terus menyedot kapasitas baterai kalian. Gunakanlah android kalian secerdas mungkin agar tidak mengalami lemot.

3. Menggunakan Anti Virus Lebih Dari Satu

Kalau kalian mengintall apliaksi anti virus kalian juga harus memperhatikan aplikasi tersebut. Jangan install aplikasi anti virus lebih dari 1 karena hal itu bisa menyebabkan android kalian lemot. Gunakanlah aplikasi anti virus secukupnya dan tidak berlebihan. Kalau saya sih tidak perlu memakai anti virus. Karena cukup dengan membersihkan memori saja sudah mampu memperlancar android tersebut.

4. File Cache Menumpuk

File cache menumpuk juga sangat beresiko membuat android yang kalian gunakan jadi lemot dan nge hank. File chache merupakan file temporer yang di gunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi tersebut berjalan. File ini menyimpan data aktivitas terakhir dan apa saja yang telah di gunakan aplikasi tersebut. File cache yang menumpuk akan mempengaruhi lancar atau tidaknya hp android. Kalau file cachenya sudah menumpuk. Maka otomatis android kalian akan jadi lemot.

5. Baterai Low

Baterai android yang sudah low atau ingin habis juga bisa loh mempengaruhi kinerja android kalian. Kalau kalian sedang menggunakan android tiba-tiba ada notif hp sudah low, alangkah baiknya langsung kalian cas dan jangan kalian mainkan dahulu agar hp stabil dan tidak lemot. Kalian pernah main game sambil di cas? Apa yang kalian rasakan dari android tersebut? Pasti lemot bukan? Nah itu penyebabnya.

Baterai low dan memainkan android saat sedang di cas sangat berpengaruh ke android kalian jadi terasa lemot.

Nah itu dia informasi penyebab android jadi lemot.

Terima kasih sudah mempir di artikel ini, semoga bermafaat. Jangan lupa share ke teman kalian ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya. See u guys....!