5 Suporter Sepakbola Terbaik di Indonesia

sumber foto: twitter.com

5 Suporter Sepakbola Terbaik di Indonesia - Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya suporter bukan? Apalagi tentang suporter yang ada di Indonesia. Suporter Indonesia terkenal dengan kreatifitasnya dan loyalitasnya terhadap klub kebanggaannya. Di artikel kali ini saya akan memberikan informasi suporter terbaik di Indonesia.

5 suporter yang ada di artikel ini sudah di akui banyak masyarakat kalau suporter tersebut ialah suporter terbaik di Indonesia. Dengan menunjukkan kreatifitas dan loyalitasnya, suporter tersebut memang pantas di juluki sebagai suporter terbaik di indonesia.

Apakah kalian sudah penasaran suporter mana saja yang terbaik? Yuk simak artikel ini sampai habis.

1. The Jakmania

The Jakmania merupakan suporter dari klub sepakbola asal ibukota yaitu Persija Jakarta. The Jakmania di bentuk pada tanggal 19 Desember tahun 1997. Dahulunya jumlah anggota The Jakmania sangat sedikit. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, jumlah anggota The Jakmania sampai saat ini terus bertambah.

Bertambahnya jumlah Jakmania membuat nama Persija Jakarta dan The Jakmania semakin terkenal. The Jakmania tidak hanya ada di ibu kota saja. Akan tetapi Jakmania juga ada di seluruh wilayah Indonesia.

Di setiap pertandingan Persija Jakarta, The Jakmania selalu setia memenuhi tribun untuk mendukung Persija Jakarta. Terkadang juga Jakmania menunjukkan kreatifitasnya dengan cara membuat koreografi yang sangat mempesona dan keren.

Berkat kreatifitas The Jakmania, media luar negeri pun menyorot aksi supporter Persija tersebut. Media yang menyorotnya bukan media ecek-ecek. Media yang sudah besar namanya dari dahulu dan sudah terkenal di mata suporter dunia.

2. Bobotoh

Bobotoh merupakan suporter dari klub sepakbola asal Bandung, yaitu Persib Bandung. Bobotoh terkenal dengan loyalitasnya dan kreatifitasnya. Bobotoh berdiri pada tanggal 12 Januari tahun 1977. Sejak awal berdirinya Bobotoh, setiap ada pertandingan Persib Bandung. Bobotoh selalu hadir di stadion dengan jumlah yang membludak.

Hingga saat ini jumlah Bobotoh semakin banyak dan ada di setiap wilayah Indonesia. Karena kreatifitas dan loyalitas Bobotoh membuat nama suporter tersebut populer. Bahkan Persib Bandung juga sangat di idolakan masyarakat Jawa Barat.

Hampir semua warga Jawa Barat menyukai klub Persib Bandung. Bobotoh memiliki rival abadi yaitu The Jakmania. Dari dulu setiap ada pertandingan Persija vs Persib, maka kedua suporter tidak bisa di satukan dan harus di hadiri oleh satu pihak suporter saja.

3. Bonek

Bonek merupakan suporter dari klub sepakbola asal Surabaya, yaitu Persebaya Surabaya. Bonek dari dulu terkenal dengan loyalitasnya dan kreatifitasnya ketika di stadion. Bonek sering menunjukkan koreografi yang sering di acungi jempol oleh banyak pihak.

Ketika Persebaya berlaga, Bonek selalu hadir untuk menemani Persebaya dan mereka berjanji kalau Persebaya takkan pernah sendiri. Bonek memang dari dahulu sudah terkenal akan kesetiaannya terhadap Persebaya.

Sangking setianya, banyak bonek yang datang hanya membawa uang sedikit dan tidak memiliki tiket. Rata-rata bonek yang tidak memiliki tiket ialah Bonek Arus Bawah. Bonek Arus Bawah ialah istilah dari bonek yang suka estafet dan terkenal datang hanya membawa diri saja tanpa membawa perbekalan lainnya.

Bonek memiliki rival abadinya yaitu Aremania. Sama seperti Jakmania dan Bobotoh. Ketika ada pertandingan Persebaya vs Arema, maka kedua pihak suporter tidak bisa di persatukan dan hanya satu pihak suporter saja yang boleh datang ke stadion.

4. Aremania

Aremania merupakan suporter dari klub sepakbola Malang, yaitu Arema FC. Aremania berdiri pada tahun 1997. Aremania terkenal dengan loyalitasnya dan kreatifitasnya ketika sedang di stadion. Aremania selalu hadir di kala ada pertandingan Arema FC.

Aremania memiliki saudara tua, yaitu The Jakmania. Kemesraan kedua suporter tersebut sering terlihat ketika ada pertandingan Persija vs Arema. Selalu di hadirkan banyak supporter di kedua belah pihak.

Aremania memiliki rival abadi yaitu Bonek. Aremania dan Bonek tidak bisa di persatukan layaknya minyak dan air. Bahkan rata-rata dari mereka sudah berjanji kalau mereka tidak akan berdamai. Namun dengan adanya rivalitas tersebut membuat Aremania bersaing kreatifitas dengan Bonek mania.

5. Brigata Curva Sud

Brigata Curva Sud merupakan suporter dari klub sepakbola Sleman, yaitu PSS Sleman. Brigata Curva Sud terkenal akan kreatifitas dan loyalitasnya terhadap PSS Sleman. Brigata Curva Sud sudah di akui oleh banyak orang sebagai suporter terbaik di Indonesia.

Brigata Curva Sud selalu hadir ketika PSS Sleman bertanding. Suporter tersebut sering menunjukkan kreatifitasnya dengan cara membuat koreografi yang bagus dan indah. Koreografi Brigata Curva Sud sering di bahas oleh media asing.

Bahkan nama Brigata Curva Sud sudah merajai benua Asia. Brigata Curva Sud menduduki peringkat 1 sebagai ultras terbaik di Asia. Dari situ membuat nama PSS Sleman dan Brigata Curva Sud menjadi populer di kalangan pecinta sepakbola.

Penutup

Nah itu dia suporter terbaik di indonesia dan terkenal di kancah dunia. Mana suporter yang kalian banggakan?

Terima kasih sudah mampir di artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman kalian ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya. See u guys....!