Banyak Yang Belum Tau! Inilah 5 Bahaya Ngupil Secara Terus-Terusan

sumber foto: dendyrho.blogspot.com

masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membahas tentang bahaya ngupil terus-terusan. Buat kamu semua yang hobi ngupil, mulai dari sekarang alangkah baiknya stop ngupil setiap waktu.

Mengapa saya bicara setiap waktu? Karena rata-rata orang yang sudah hobi mengupil, biasanya ia akan mengkorek-korek hidungnya setiap kurang lebih 30 menit sekali, bahkan bisa lebih cepat lagi. Alangkah baiknya stop dari sekarang.

Karena mengupil secara terus-terusan sangat tidak di anjurkan, ya walaupun hal tersebut juga membersihkan hidung. Karena bisa mengakibatkan cidera pada hidung kamu. Dan bisa mengakibatkan tumbuhnya penyakit kecil pada hidung kamu.

Memang sih mengupil itu hal sepele, karena niat kita cuma mau membersihkan kotoran yang ada di hidung. Tetapi pahami dulu bahayanya dan jangan sampai kamu sudah terbiasa dengan hal tersebut. Sangat tidak di anjurkan untuk melakukan hal tersebut secara terus-terusan.

Penasaran apa saja bahayanya? Simak artikel ini sampai habis!

1. Mengakibatkan Lecet Pada Lubang Hidung

Sebenarnya hal ini memang sudah banyak yang tau, akan tetapi entah mengapa banyak orang yang masih mengulanginya, dengan alasan ingin membersihkan lubang hidungnya dari kotoran. Padahal kalau hidung kamu sudah lecet, itu akan berbahaya.

Hidung kamu akan luka dan akan terinfeksi dengan debu yang setiap kali kamu hirup. Kalau begitu kan semakin bahaya bukan? Udah lecet, di tambah lecetnya tersebut terkena debu. Mulai dari sekarang lebih baik stop deh.

Bakteri yang masuk ke hidung kamu, lalu menempel pada luka kamu, bisa menyebabkan luka tersebut semakin parah dan lebih parahnya lagi, luka kamu bisa membusuk. Nah nantinya saat kamu bernafas, penciuman kamu akan terganggu dengan bau luka kamu.

2. Bisa Menyebabkan Bisul

Mengupil terlalu keseringan juga bisa menyebabkan hidung kamu terkena bisul di bagian dalam hidung kamu. Karena tangan kamu dalam kondisi kotor juga. Hal tersebutlah yang menyebabkan hidung kamu bisa bisulan.

Bakteri yang menyebabkan bisul pada hidung kamu adalah staphylococcus aureus. Bakteri tersebut akan menempel pada hidung kamu dan menimbulkan bisul dalam hitungan jam saja. Wahh serem juga ya.

3. Meningkatkan Resiko Flu

Kebiasaan mengupil kamu juga akan menyebabkan resiko terkena flu. Mengapa bisa begitu? Karena hal tersebut bisa membuat bulu-bulu rambut hidung kamu rontok. Padahal rambut tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran saat kamu menghirup udara.

Nah maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, mulai dari sekarang kurang kurangilah mengupil. Kamu bisa membersihkan hidung kamu cukup dengan air saja. Hiruplah air ke dalam hidung, lalu semprotkanlah keluar.

Ulangi hingga beberapa kali. Maka otomatis hidung kamu akan kembali bersih dan pernafasan kamu akan lancar kembali

4. Menyebabkan Bakteri

Mengupil secara terus-terusan dapat menyebabkan datangnya bakteri pada lubang hidung kamu. Karena mengupil itu sesungguhnya tidaklah higienis, karena tangan kamu terdapat kuman/bakteri yang menempel.

Biasanya, setelah kamu mengupil, jari kamu akan di peperkan/lap kemana saja. Hal itulah yang membuat bakteri datang dan masuk ke hidung kamu. Alangkah baiknya bersihkan jari kamu dengan air saja.

5. Menyebabkan Mimisan

Mengupil secara terus-terusan juga akan menyebabkan terjadinya mimisan. Dengan cara kamu mengupil yang terlalu bersemangat, tidak di sadari kalau hal tersebut telah melukai hidung kamu dan terjadilah yang namanya mimisan.

Kondisi tersebut rata-rata lebih sering terjadi kepada anak-anak. Mengapa demikian? Karena kulit dari anak-anak masih sangat sensitif/rawan. Mengupil akan merusak kondisi pembuluh darah manusia.

Karena kuku yang kasar menggaruk-garuk dan menyebabkan luka pada hidung. Untuk menghindari mimisan, alangkah baiknya mengupil secara halus, jangan terlalu bersemangat agar tidak menimbulkan mimisan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat buat banyak orang. Lalu bagaimana tanggapan kamu tentang hal-hal yang ada di atas? Apakah kamu setuju? Buat kamu yang hobinya ngupil, yuk mulai dari sekarang stop mengupil.

Karena resiko yang di timbulkan berbahaya untuk kesehatan hidung kamu. Dan akan mengganggu pernafasan kamu.

Terima kasih buat yang sudah mampir ke artikel ini. Jangan lupa share artikel ini ke teman kalian ya, terutama yang suka ngupil terus-terusan.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!