Mengenal Control Panel Hosting


Mengenal Control Panel Hosting - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan memberikan pembelajaran tentang ilmu Administrasi Sistem Jaringan. Yaitu pembahasan Mengenal Control Panel Hosting.

yuk simak artikel ini sampai selesai.

Mengenal Control Panel Hosting

Control panel hosting menyediakan solusi elegan sebagai host dari beberapa situs website yang berjalan pada share hosting. VPS (Vistual Private Server) dan dedicated server. Control panel hosting semacam ini menawarkan kemudahan untuk mengelola perangkat lunak berbasis web untuk menyederhanakan proses penanganan server, tanpa perlu memiliki pengetahuan akan server administration.

Di samping menentukan layanan hosting murah yang sesuai dengan budget, pemilihan control panel hosting pun menjadi pilihan yang tepat. Control panel hosting ini berisikan berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server. Salah satu control panel hosting yang populer di gunakan adalah cPanel. Berikut ini kita akan membahas tentang cPnel.

1. Dasar-dasar cPanel

Secara sederhana, cPanel identik dengan sebuah web hosting control panel yang di gunakan untuk mengatur server yang letaknya sangat jauh (bisa di dalam atau di luar negeri) yang di pakai untuk hosting website, di mana kita bisa mengatur beberapa fungsi dari server tersebut dengan mudah.

Bayangkan jika tanpa memekai cPanel ini kita harus bolak-balik ke tempat server berada, guna mengatur domain atau menginstal script semacam Wordpress atau Joomla.

2. Manfaat cPanel

cPanel di sediakan oleh perusahaan pemilik server dan di instal secara langsung pada server yang bersangkutan. cPanel hingga sekarang hanya dapat support dengan server berbasis Linux OS. cPanel sudah di sediakan di paket hosting. Beberapa manfaat cPanel sebagai berikut.

  • Tidak perlu bepergian ke server yang bersangkutan yang menghosting website untuk aktivitas tertentu. Cukup hanya duduk di depan komputer dan membuka browser.
  • Mengetahui spesifikasi server yang di pakai. Seperti processor, RAM, disk (yang di hosting) termasuk load dari server yang di pakai juga bisa di akses dengan mudah.
  • Mengatur pemakaian domain, mengatur file dari website, mengatur database dan lain-lain.

3. Fitur cPanel

Dengan adanya cPanel ini sangat membantu blogger dan website developer dalam membuat konten website yang berkualitas, mudah dan juga murah. cPanel sendiri ini berbayar. Pada dasarnya fitur-fitur dari cPanel tergantung dari ketersediaan pihak penyedia hosting. Namun secara garis besar fitur-fitur cPanel adalah sebagai berikut.

Fitur-fitur
  • Preference: Tersedia berbagai macam tutorial berupa video dan artikel, serta pengaturan dari cPanel seperti mengubah tema, bahasa (belum tersedia bahasa Indonesia) dan lain-lain.
  • Mail: Tersedia berbagai opsi yang mengatur email pribadi yang berdasarkan domain yang di pakai. Biasanya juga terdapat fitur anti spam seperti Spam assasin yang di bundling di fitur ini.
  • Files: Mengatur file yang masuk di hosting. Pemilik bisa mengakses file yang ada di hosting, mengedit file hosting tersebut, backup file yang ada di hosting dan lain-lain.
  • Logs: Untuk melihat aktivitas tentang siapa saja user yang mengakses website, check IP dari pengunjung website. Memasang password pada folder/direktori dari file hosting dan lain-lain.
  • Domain: Mengatur tentang pemasangan domain, add-ons domain, sub domain pengaturan DNS dan lain-lain.
  • Database: Mengatur tentang database dari website, seperti database mySQL dan PhpMyadmin.
  • Software: cPanel juga mendukung pemasangan script aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut seperti diantaranya adalah Softtaculus (pemasangan Wordpress, Joomla, Drupal dalam satu klik) Cloudfire CDN dan lain-lain.

Penutup

Sekian dari saya tentang pembahasan Mengenal Control Panel Hosting. Semoga apa yang saya sampaikan di artikel ini bermanfaat buat semuanya. Di artikel berikutnya akan saya lanjutkan tentang pembahasan Control Panel Hosting tersebut.

Terima kasih sudah mampir di artikel kali ini. Jangan lupa share ke teman kalian ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya. See u guys....!