10 Tempat Wisata Alam Tradisional dan Kekinian di Jogja, Cocok Buat Berlibur

sumber foto: pegipegi.com

masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa Tempat Wisata Tradisional dan Kekinian yang ada di Jogjakarta. Jogja merupakan tempat tujuan wisata paling populer di Indonesia setelah kota Bali.

Jogja merupakan tempat yang istimewa, sama seperti namanya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jogja juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan. Keistimewaan yang ada di kota Jogja sangatlah banyak.

Banyaknya peninggalan candi yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di Jogja. Bahkan, candi yang ada di Jogja juga masuk ke dalam situs warisan dunia. Selain candi, Jogja mempunyai banyak tempat tujuan wisata yang menarik dan indah.

Sangat cocok buat kamu yang suka berwisata dan suka banget foto-foto. Tempat wisata yang ada di Jogja juga sangat cocok untuk Instagrammable. Dengan suasananya yang nyaman dan pemandangan yang indah, membuat wisata Jogja sangat menarik perhatian pengunjung.

Bahkan, tempat wisata yang ada di Jogja rata-rata tidak menguras dompet, alias harganya terjangkau. Banyak juga yang berjualan pernak-pernik, baju, tas, topi dan lain-lain yang khas dengan kota Jogja. Sudah penasaran dengan tempat wisatanya?

Simak artikel ini sampai habis.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia, bahkan mendunia. Candi Borobudur merupakan peninggalan kerajaan pada zaman dahulu. Candi ini juga masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Kalau kamu perhatikan, jika Candi Borobudur di lihat dari atas, akan sama persis atau menyerupai Bunga Teratai yang sangat unik dan indah bila di lihat.

Candi Borobudur terletak sekitar 40km barat laut dari kota Jogjakarta. Candi ini memiliki 72 stupa dan selalu menjadi salah satu tujuan penting wisatawan yang pergi berlibur atau ber-wisata ke kota Jogjakarta.

Harga tiket masuk Candi Borobudur adalah:

  • Orang Dewasa Indonesia, Rp. 30.000
  • Pelajar / Anak Kecil Indonesia, Rp. 12.000
  • Orang Dewasa Luar Negeri, USD 20$
  • Pelajar / Anak Kecil Luar Negeri, USD 10$

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi yang terletak sekitar 17km dari pusat kota Jogjakarta. Candi Pambanan juga terkenal seperti Candi Borobudur. Candi ini juga termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia.

Candi prambanan juga memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai dan Krishnayana. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota, maka kamu tidak akan sulit untuk menuju ke Candi Prambanan.

Transportasi umum yang tersedia menuju tempat ini juga sangat banyak. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk membawa kendaraan pribadi. Candi Prambanan tidak kalah menarik dengan tempat wisata Jogja lainnya.

Harga tiket masuk Candi Prambanan adalah:
  • Usia 10 tahun ke atas, Rp. 40.000
  • Usia 10 tahun ke bawah, Rp. 20.000

3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan salah satu jalanan paling terkenal di kota Jogjakarta. Di sepanjang jalan ini kamu akan melihat banyak toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang dan makanan.

Salah satu yang khas dari jalan Malioboro adalah penjual makanan lesehan. Penjual makanan lesehan yang ada di tempat tersebut akan menggelar dagangannya setelah jam 5 sore. Jalan malioboro akan terlihat lebih ramai ketika malam hari.

Karena di beberapa tempat di jalan Malioboro terdapat beberapa gurp pemusik jalanan yang akan menghibur wisatawan dan pengunjung yang ada di jalan Malioboro. Mereka akan menghibur dengan lagu-lagu khas mereka.

Selain itu, pada malam hari kamu juga bisa melihat beberapa orang yang mengenakan berbagai macam kostum/pakaian yang unik yang akan bersedia untuk di foto oleh pengunjung tanpa adanya pungutan biaya.

Jalan Malioboro merupakan salah satu tempat yang sangat unik yang berada di Jogjakarta. Kalau kamu mencari semua yang khas dengan kota Jogja, kamu bisa saja berjalan-jalan santai saat malam hari di jalan Malioboro.

Jalan Malioboro juga bisa di katakan sebagai tempat spot foto yang tidak boleh di lewatkan ketika kamu sedang berada/berkunjung ke kota Jogja. Suasana yang tradisional dan kekinian membuat jalan Malioboro sangat epic jika di buat untuk ber foto-foto.

4. Pantai Nglambor

Kalau kamu sedang berkunjung dan berwisata di kota Jogja, kamu wajib untuk datang ke Pantai Nglambor. Pantai Nglambor bisa di bilang sangat bagus dan menarik. Pemandangan yang indah dan suasana yang sangat bagus untuk berlibur.

Pantai Nglambor tidak sama seperti pantai lainnya. di Pantai Nglambor ini terdapat laguna dengan air yang cukup tenang dan enak di lihat. Kekayaan alam yang ada di Pantai Nglambor sangat cocok di nikmati oleh pengunjungnya.

Di Pantai Nglambor ini juga terdapat berbagai spot foto yang menarik, unik, keren, asik untuk berfoto-foto. Sangat cocok buat kamu yang selalu update di sosial media, terutama untuk kamu yang Instagrammer banget.

Di Pantai Nglambor ini kamu juga bisa menyebrang ke pulau yang kecil dengan menggunakan jembatan tali. Hitung-hitung cocok buat test nyali/keberanian bagi yang takut. Destinasi wisata yang ada di pantai tersebut sangat menarik dan wajib kamu kunjungi.

Harga tiket masuk ke Pantai Nglambor adalah:
  • Semua umur, Rp. 5.000

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di kota Jogjakarta. Pantai ini memang sudah di kenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Itulah sebabnya mengapa pantai Parangtritis ini selalu ramai oleh wisatawan.

Pantai Parangtritis memiliki ombak yang sangat besar dan juga kuat, sangat cocok bagi kamu yang hobi bermain Sky. Di pantai Prangtritis ini kamu juga bisa bermain paralayang di bukit Parangdong. Sangat menarik bukan?

Pantai Parangtritis ini terletak sekitar 25km dari pusat kota Jogjakarta. Tempat tersebut sampai saat ini masih menjadi favorit oleh banyak pengunjung atau wisatawan. Pantai tersebut juga sangat cocok buat kamu yang hobi ber foto-foto

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis adalah:
  • Semua umur, Rp. 5.000

6. Goa Jomblang

Wisata Goa Jomblang berada di daerah kota Jogjakarta. Wisata Goa Jomblang ini terletak di Gunung Kidul kota Jogjakarta. Tempat wisata ini sangat rekomended banget buat kamu yang suka dengan keindahan goa dan alam bawah tanah.

Goa Jomblang merupakan goa vertikal dengan keindahan hutan purba di dalamnya. Goa Jomblang juga memiliki keindahan cahaya yang menembus goa tersebut. Biasa di sebut dengan nama Cahaya Surga.

Kamu bisa menyaksikan keindahan cahaya surga tersebut sekitar pukul 10 pagi sampai dengan pukul 12 siang. Melihat cahaya tersebut dari dalam goa, akan meninggalkan kesan yang kuat bagi siapa saja yang menyaksikan cahaya tersebut.

Sangat indah, menarik, unik, menantang dan cocok sekali buat kamu yang ingin mengambil jepretan foto keindahan alam bawah tanah. Hitung-hitung jepretan yang kamu dapat bisa menjadi kenangan saat kamu berlibur ke Jogja.

7. Goa Pindul

Goa Pindul merupakan goa yang terkenal dengan kegiatan cave tubing. Goa Pindul memiliki panjang 350 meter dan lebar seitar 5 meter. Goa ini sangat cocok di kunjungi buat kamu yang suka sekali dengan keindahan bawah tanah.

Kedalaman air yang ada di Goa Pindul adalah sekitar 5 sampai 12 meter. Di sarankan menggunakan pelampung jika kamu ada di Goa Pindul. Goa tersebut terdiri dari 3 zona, yaitu zona terang, zona remang-remang dan zona gelap.

Ketika kamu berada di Goa Pindul ini, kamu akan di suguhi dengan pemandangan stalaktit dan stalagmite yang indah dan menarik. Cave tubing di goa Pindul ini berlangsung sekitar 45 menik dengan menggunakan pelampung.

Harga Caving Goa Pindul adalah:
  • Semua umur, Rp. 35.000

8. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata yang ada di Jogja dan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah sekali. Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu tempat yang hits di kota Jogjakarta.

Rata-rata pengunjung/wisatawan yang datang ke Kebun Buah Mangunan adalah karena daya tariknya. Salah satu ciri khas nya adalah pemandangan kabut yang indah, membungkus dataran di bawahnya dan semuanya bisa kamu nikmati dari ketinggian Kebun Buah Mangunan.

Tempat wisata tersebut sangat cocok sekali buat kamu yang hobi berfoto-foto dan sering kali update di sosial media. Rekomendasi banget buat di kunjungi saat pagi hari, supaya kamu bisa menikmati pemandangan kabut yang menjadi ciri khas Kebun Buah Mangunan.

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan adalah:
  • Semua umur, Rp. 5.000

9. Tebing Breksi

Tebing Breksi menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang juga tidak boleh untuk kamu lewatkan. Karena tempat wisata tersebut sangat cocok bagi kamu yang sering update di sosial media dan sangat cocok bagi kamu yang suka foto-foto.

Tebing Breksi, berawal dari bekas tambang kapur dan sekarang Tebing Breksi malah menjadi salah satu tujuan wisata di Jogjakarta yang tidak boleh di lewati dan sangat populer di masyarakat Indonesia, bahkan luar negeri.

Jika kamu mengunjungi Tebing Breksi ini, terdapat banyak spor yang unik, menarik dan indah, sangat cocok untuk ber foto-foto bareng teman, keluarga ataupun pacar, tidak di sarankan buat jomblo, hehehe.

Rekomendasi mengunjungi Tebing Breksi adalah saat pagi hari dan sore hari, karena kamu akan menikmati suasana yang sangat indah dan menarik.

Harga tiket masuk Tebing Breksi adalah:
  • Warga Indonesia, Rp. 5.000
  • Warga Luar Negeri, Rp. 10.000

10. Kalibiru

Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota Jogjakarta dan tidak boleh kamu lewatkan. Karena wisata di Kalibiru sangat rekomendasi banget untuk mengambil jepretan foto pemandangan ataupun diri sendiri.

Tempat tersebut sudah sangat terkenal di kota Jogjakarta. Tempatnya berada di daerah Kulon Progo, masih termasuk dalam wilayah Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY). Tempat tersebut banyak di kunjungi oleh pengujung/wisatawan.

Karena Kalibiru memiliki pemandangan alamnya yang indah dan sangat nyaman jika berada di tempat wisata Kalibiru. Jika kamu ber foto-foto di tempat tersebut, pasti hasil jepretan foto yang di ambil akan bagus dan mantap.

Harga tiket masuk Kalibiru adalah:
  • Semua umur, Rp. 10.000

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Sebenarnya tempat wisata yang berada di kota Jogjakarta sangatlah banyak. Yang saya Sebutkan di atas adalah hanya beberapa dari semua tempat wisata di kota Jogjakarta. Pantas jika Jogja di sebut sebagai Daerah Istimewa.

Karena memiliki beragam budaya dan wisata alam yang sangat banyak dan indah. Lalu, apakah kamu pernah berkunjung ke salah satu wisata yang saya bagikan tersebut? Bagaimana sensasi yang kamu dapatkan setelah berlibur ke tempat wisata tersebut?

Terima kasih buat yang sudah mampir ke artikel ini. Jangan lupa di share ke teman kalian ya guys.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!