5 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula, Dari Awal Hingga Sukses


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula, Dari Awal Hingga Sukses. Zaman sekarang merupakan zaman yang mempunyai perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Nah bagi kamu yang mau membuka bisnis untuk saat ini dan seterusnya, tentu kamu berfikir bagaimana cara sukses bernisnis mulai dari nol. Apakah saat ini kamu harus membuka bisnis di internet juga? Jawabannya adalah iya.

Karena saat ini banyak sekali perusahaan, bisnis pribadi, dan bisnis lainnya yang sudah membuat bisnis di internet juga, yang biasa di sebut dengan bisnis online. Bisnis online di era modern saat ini sangat menjanjikan.

Karena di era modern sekarang, semua manusia telah mengenali teknologi dan dunia internet. Seiring berkembangnya zaman, persaingan berbisnis pun juga semakin sulit. Mulai dari bisnis secara offline hingga bisnis online.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara supaya kamu sukses berbisnis di era modern saat ini? Caranya adalah dengan membuat bisnis online yang menjanjikan dan halal. Dan bagaimana cara memulai bisnis online bagi seorang pemula?

Jawabannya ada di artikel ini!

Yuk di simak artikel ini sampai selesai.

1. Tentukan Jenis Produk Yang Akan Kamu Jual

Langkah pertama bagi kamu yang mau memulai bisnis online adalah dengan cara menentukan jenis produk apa yang mau kamu jual. Kamu bisa menentukan ingin menjual produk apa saja. Contoh produk yang di jual di internet saat ini pun sudah sangat banyak.

Mulai dari jualan baju, jilbab, celana, sepatu, pernak-pernik langka, barang bekas, topi dan lain lain. Bahkan bisnis online makanan pun saat ini sudah sangat banyak dan terkenal. Tetapi, untuk membuka bisnis online makanan, kamu harus memastikan bahan makanan tersebut awet hingga sampai tujuan.

Karena jika kamu membuka bisnis online, kamu juga harus memastikan kalau kualitas produk kamu itu baik dan terpercaya. Bisnis yang saat ini sangat di minati banyak orang dan sudah terbukti adalah dengan berjualan makanan secara online.

Kalau kamu merasa tidak percaya diri dan takut kalah bersaing dengan pembisnis online lainnya, kamu harus belajar dulu langkah untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Jika kamu orangnya kreatif, kamu akan menemukan solusi lain untuk bisa mengalahkan pembisnis online lainnya secara sehat.

2. Menawarkan Jasa dan Keahlian Kamu

Selain kamu harus menentukan produk apa saja yang mau kamu jual, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan dengan cara menawarkan jasa dan keahlian yang kamu miliki. Dengan hal tersebut, kamu akan memiliki penghasilan dari segi mana saja.

Tetapi jika kamu mau menawarkan jasa dan keahlian kamu, kamu harus terus melatih diri kamu dan lebih giat lagi memperdalam ilmu keahlian kamu. Supaya saat kamu medapatkan pelanggan, kamu tidak akan mengecewakan pelanggan yang telah menyewa jasa dan keahlian kamu.

Point kedua ini sebenarnya tidak di wajibkan, hanya saja sebagai saran untuk kamu yang mempunyai keahlian tertentu. Kalau kamu hanya ingin memulai bisnis online saja, tidaklah menjadi sebuah masalah. Karena jika kamu sudah niat, berusaha dan doa, maka kesuksesan akan ada di tangan kamu.

Apakah kamu berani menawarkan jasa dan keahlian yang kamu miliki?

3. Pilihlah Nama Bisnis Online Yang Kamu Buat

Point yang ketiga adalah kamu harus bisa memilih atau mencari ide untuk nama bisnis online yang akan kamu buat dan jalani. Carilah ide nama bisnis kamu yang unik, menarik, kreatif dan tidak meniru orang lain.

Dengan cara kamu memilih nama bisnis online kamu yang menarik, unik, kreatif dan tidak meniru orang lain, maka bisnis yang kamu jalani bisa memancing minat banyak orang di internet. Karena saat ini pengguna internet sangat tertarik dengan hal yang menarik dan kreatif.

Kemudian kamu juga harus bisa berfikir kreatif untuk membuat nama bisnis online kamu. Karena, jika kamu memilih nama bisnis online dengan cara mengikuti orang lain, maka orang tidak akan mampir ke bisnis kamu dan tidak akan tertarik sama sekali.

Itulah kerugian yang bisa kamu dapat jika kamu tidak kreatif dan bisanya hanya mengikuti orang lain saja. Jika kamu kebingungan untuk memberi nama yang cocok untuk bisnis kamu, kamu bisa saja menggunakan nama dari semua yang pernah kamu ketahui, usahakan yang unik, menarik dan kreatif.

4. Mulai Buatlah Toko Bisnis Online Kamu

Point keempat adalah kamu harus memulai membuat toko bisnis online kamu. Lalu bagaimana cara kamu membuat toko online-nya? Caranya adalah kamu bisa membuat toko online kamu di website dan sosial media.

Bagaimana cara saya membuat toko online di website? Caranya adalah kamu bisa memulai membuat web toko online kamu dengan Wordpress, Blogspot dan lain-lain. Kalau kamu mengerti pemograman web, kamu bisa saja membuat toko online secara sendiri.

Bagaimana cara saya membuat toko online di sosial media? Caranya adalah buatlah akun dan masukkanlah nama bisnis online kamu yang sudah di dapat dari ide-ide kamu. Lalu buatlah logo bisnis online kamu.

Jika kamu kesusahan membuat logo dan bingung bagaimana caranya, kamu bisa saja menyewa jasa pembuatan logo. Tersedia banyak jasa tersebut di internet. Buatlah logo bisnis online kamu yang menarik, unik, simpel dan kreatif.

Kalau sudah, isi semua data-data tentang bisnis online kamu, isilah secara detail dan lengkap. Supaya pengunjung tidak bingung untuk menghubungi dan mencari produk yang kamu jual. Oiya, kalau kamu tidak mengerti cara membuat toko bisnis online kamu di website, kamu bisa membeli website toko online di penyedia jasa yang ada di Google, sangat banyak penyedia jasa tersebut.

5. Mulai Mempromosikan Produk Yang Kamu Jual

Point terkahir jika kamu sudah selesai membuat toko bisnis online kamu, mulailah untuk mempromosikan toko online kamu dan produk yang kamu jual. Banyak cara untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

Bisa dari Google, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line dan lain-lain. Jika kamu mau mempromosikan produk kamu di Google, kamu harus mendaftar di situs terpercaya yang di miliki Google, yaitu Google Ads.

Pelajarilah cara mendaftar di Google Ads dan cara memulai mempromosikan produk kamu di Google Ads. Lalu, mengapa saya hanya menyarankan menggunakan Google Ads untuk mempromosikan produk kamu di Google.

Karena Google Ads sudah terpercaya oleh jutaan orang di dunia dan Google Ads termasuk bagian dari Google. Maka dari itu promosikanlah produk kamu melalui Google Ads. Kamu juga bisa mempromosikan produk kamu di sosial media.

Dengan cara share ke teman kamu, lalu menyuruh teman kamu share lagi ke temannya. Bisa juga menggunakan jasa Paid Promote dan Endorse dari akun yang membuka jasa tersebut. Kalau kamu berani mengeluarkan modal untuk mempromosikan produk kamu, itu hal yang sangat bagus.

Karena modal yang kamu keluarkan tidak seberapa dengan untung yang akan kamu dapatkan nantinya.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan di artikel ini bisa bermanfaat buat banyak orang.

Bagaimana tanggapan kamu tentang hal yang sudah saya sampaikan di atas? Apakah kamu setuju dengan hal tersebut? Jika masih ada kekurangan mohon di koreksi dan bisa beritahu di kolom komentar ya guys.

Yuk berbisnis mulai dari sekarang. Karena persaingan bisnis di era 4.0 saat ini sudah sangat berat dan sulit. Untuk memenangkannya pun butuh usaha yang sangat-sangat ekstra. Jutaan orang bersaing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kalau bukan sekarang, mau kapan?

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini. Jangan lupa share ke teman kalian ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!