5 Tips Menghadapi Ujian Nasional Agar Tidak Stres

sumber foto: beritagar.id

Tips Menghadapi Ujian Nasional Agar Tidak Stres - Halo semuanya...di artikel kali ini saya akan sharing tips menghadapi ujian nasional. Kamu masih sekolah? Dan kamu mau menghadapi ujian nasional yang sebentar lagi ingin di laksanakan?

Apa kamu saat ini sedang kepikiran bagaimana cara menghadapinya? Dan kamu masih takut mendapat nilai yang jelek? Stop berpikir seperti itu. Hadapilah ujian nasional dengan tenang dan santai. Jangan sampai di bawa ke beban pikiran.

Kalau kamu sudah takut dan nge down sama ujian nasional, justru resiko kamu mendapat nilai yang jelek akan semakin besar. Maka dari itu kalau kamu mau cari tips menghadapi ujian nasional, mari simak artikel ini sampai habis.

1. Berdoa

Berdoa menjadi poin penting saat kamu ingin menghadapi ujian nasional. Dengan berdoa jiwa dan raga kamu akan tenang dan pikiran kamu akan rileks. Kamu akan selalu ingat bahwa Tuhan akan membantu kamu menyelesaikan semuanya.

Banyakilah berdoa agar kamu di beri kelancaran dan kemudahan saat kamu menjalani ujian nasional yang akan kamu hadapi.

2. Belajar Kelompok

Belajar kelompok akan berdampak positif bagi kamu yang mau menghadapi ujian nasional. Dengan belajar kelompok bareng teman, kamu akan merasa bahwa teman kamu akan selalu ada. Juga akan membuat suasana belajar kamu pun jadi nyaman dan asik.

Perlu di ingat, kalau belajar kelompok harus fokus dan kurangi mengobrol. Jika kamu tidak tau apa arti yang kamu baca, bisa bertanya dengan teman kamu. Enak kan kalau kerja kelompok?

3. Olahraga

Olahraga mampu membantu pikiran kamu menjadi fresh dan tidak takut menghadapi ujian nasional. Banyakilah jam olahraga kamu di waktu kosong, karena itu akan berdampak positif bagi kamu yang sedang kepikiran ujian nasional.

Contohnya kamu bisa olahraga setiap sore saat hari senin / jumat atau setiap pagi dan sore saat hari sabtu dan minggu.

4. Bermain

Sebelum kamu menghadapi ujian nasional, kamu bisa bermain bersama teman-teman.Mengapa bermain? Bukannya malah mengganggu waktu belajar kami? Jawabannya TIDAK.

Dengan bermain, otak kamu akan merasa tenang dan pikiran kamu pun akan fresh. Tidak lagi terpikir oleh soal-soal ujian nasional yang menakuti kamu. Tapi satu hal yang perlu kamu ingat, jangan terlalu sering main.

Dengan kamu bermain 2 jam saja, pikiran kamu akan kembali fresh dan tidak takut menghadapi ujian nasional.

5. Pahami Soal-Soal Buku SPM

Pahamilah soal-soal yang ada di buku SPM kamu. Karena rata-rata soal yang ada di buku SPM akan masuk ke ujian nasional, walaupun nanti soalnya berbeda. Dengan kamu memahami soal tersebut, kamu akan mengetahui cara menjawabnya.

Usahakan kamu belajar di tempat yang nyaman dan tidak berisik. Agar otak kamu juga fokus mencerna soal-soal tersebut. Good Luck guys!

Penutup

Demikianlah isi artikel tips menghadapi ujian nasional kali ini. Semoga apa yang saya share bisa bermanfaat buat banyak orang. Jangan lupa share ke teman kamu ya.

Coba deh kamu share ke teman yang ingin menghadapi ujian nasional. Bantu teman kamu agar pikirannya tidak terbebankan oleh ujian nasional. Hitung-hitung dapet pahala juga hehe.

Terima kasih buat yang sudah membaca sampai habis. Sampai bertemu di artikel berikutnya. See u guys....!