10 Tips Menjadi Pengusaha Yang Sukses Dengan Modal Kecil


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan tentang 10 Tips Menjadi Pengusaha Yang Sukses Dengan Modal Kecil. Menjadi pengusaha yang sukses memang sudah menjadi impian banyak orang saat ini.

Apalagi jika menjadi pengusaha sukses di usia yang masih tergolong sangat muda. Tentu sangat membanggakan diri sendiri dan juga orang tua. Namun, untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak harus mengeluarkan modal yang besar.

Kamu juga bisa mengeluarkan modal yang kecil untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Dengan bekal yang seadanya dan memiliki modal kemampuan yang maksimal, kamu bisa menjadi seorang yang sangat sukses.

Memiliki usaha sendiri tentu bisa membuat kamu leluasa untuk mengatur jam kerja kamu dan pengelolaan usaha yang kamu bangun. Tetapi tidak sedikit orang yang gagal membangun usahanya dan berhenti di tengah jalan.

Lalu, tips apa saja yang bisa menjadikan kamu menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan modal kecil?

Simak artikel ini sampai habis!

Tips Menjadi Pengusaha Yang Sukses Dengan Modal Kecil

1. Carilah Usaha Yang Hanya Membutuhkan Modal Kecil

Pertama adalah kamu harus menentukan atau mencari jenis usaha apa saja yang hanya mengeluarkan atau membutuhkan modal kecil. Karena dengan cara tersebut kamu akan menemukan langkah selanjutnya untuk bisa membangun usaha yang akan kamu jalankan.

Ada beberapa contoh usaha yang membutuhkan modal kecil, yaitu:

  • Berjualan Jajanan SD
  • Berjualan Makanan Khas Daerah
  • Berjualan Jilbab
  • Berjualan Baju
  • Membuka Jasa
  • Dan lain-lain

2. Kerja Keras dan Ulet

Kedua adalah kamu harus bisa menjadi seseorang yang pekerja keras dan ulet. Ketika kamu sudah memulai membangun usaha yang kamu jalankan atau kamu buat, kamu harus memiliki prinsip bahwa untuk sukses itu butuh perjuangan.

Jadilah seseorang yang sangat pekerja keras, tidak menyepelekan waktu sedikit pun dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Dan jadilah seseorang yang ulet dan berwibawa. Agar usaha yang kamu jalankan tetap lancar tanpa hambatan.

3. Percaya Diri

Ketiga adalah kamu harus percaya diri dengan apa yang sudah kamu bangun dan kamu jalankan. Jangan sampai ketika kamu sudah membangun usaha, lalu kamu menjalankan usaha tersebut dan kamu malah tidak percaya diri dengan apa yang kamu jalankan.

Karena hal tersebut akan membuat kamu merasa down untuk menjadi seorang pengusaha dan bisa membuat kamu gagal sepenuhnya untuk menjadi pengusaha yang sukses. Karena prinsip seorang pengusaha adalah dengan percaya diri.

4. Berani Mengambil Resiko

Keempat adalah kamu di haruskan untuk berani mengambil resiko apapun itu di saat kamu sudah menjalankan niat kamu. Karena setiap usaha yang di jalankan oleh seseorang itu, pasti akan ada resiko yang datang.

Jangan sampai kamu takut untuk mengambil resiko, karena itu semua bisa berdampak pada batalnya rencana kamu untuk membangun sebuah usaha yang bisa menjadikan diri kamu seseorang yang sukses di usia muda.

5. Lawan Rasa Takut

Kelima adalah kamu harus berani melawan dengan sengit rasa takut yang ada pada diri kamu. Karena setiap seseorang membangun sebuah usaha, pasti ada rasa takutnya. Dan kamu harus berani melawan rasa takut tersebut.

Supaya apa yang sedang kamu jalankan bisa berhasil dan sukses. Karena banyak pengusaha sukses yang bercerita, kalau dulunya waktu ia pertama kali memulai usaha yang di jalankan, pengusaha tersebut pernah merasakan rasa takut.

Tetapi, pengusaha tersebut berhasil melawan rasa takut, hingga saat ini ia berhasil sukses. Apakah kamu tidak ingin mengikuti jejak para pengusaha yang sudah sukses?

6. Berani Menghadapi Tantangan

Keenam adalah kamu harus berani menghadapi tantangan yang ada dalam dunia usaha. Karena seorang pengusaha itu berani menantang tantangan yang ada pada lingkungan sekitar ataupun persaingan lainnya.

Manfaat kamu berani menantang diri sendiri adalah supaya kamu tetap bersemangat dalam menghadapi semua perkembangan yang akan terjadi dan kamu siap dengan semua persaingan yang ada pada dunia usaha.

7. Pantang Menyerah

Ketujuh adalah kamu harus bisa menjadi seorang pengusaha yang pantang menyerah. Karena di dunia usaha itu banyak hal-hal yang bisa mengejutkan kamu di masa yang akan datang. Kejutannya sangatlah banyak.

Mulai dari pesaingan yang semakin banyak, adanya produk baru, adanya pemasaran yang lebih melejit dan lain-lain. Kalau kamu mempunyai sifat yang pantang menyerah dalam menjalankan hal apapun itu, kamu akan bisa melewati semua yang ada.

8. Berani Bertindak

Kedelapan adalah kamu harus berani bertindak dalam menjalankan suatu usaha ataupun bisnis. Setelah kamu melakukan perancangan, menimbang resiko, membahas tentang dana dan mengkondisikan semua yang ada, maka kamu harus langsung bertindak.

Banyak sekali pengusaha yang masih sangat awam yang takut bertindak dengan hal tersebut. Ada juga pengusaha yang ragu untuk mengambil tindakan. Seharusnya mental pengusaha itu berani mengambil tindakan yang ada.

9. Merencanakan Keuangan

Kesembilan adalah kamu harus bisa merencanakan keuangan yang ada pada usaha kamu. Kamu harus bisa merencanakan detail apa saja yang di perlukan. Mulai dari bagaimana cara pengelolaannya, modal usahanya dan keuntungan dari usaha tersebut.

Aturlah keuangan usaha kamu dengan sempurna, agar kamu bisa membandingkan semuanya yang kamu jalankan. Terutama kamu harus mencatat keuntungan waktu pertama kali kamu menjalankan usaha atau bisnis.

10. Menanggapi Keluhan Pelanggan

Yang terakhir adalah kamu harus bisa menanggapi berbagai keluhan dari pelanggan kamu. Jika ada pelanggan yang mengeluh, mengkritik dan lain-lain, maka kamu harus langsung bertindak menanggapi hal tersebut.

Supaya pelanggan kamu tidak kecewa dan tidak hilang. Jangan sampai di saat pelanggan kamu mengeluh atau mengkritik, kamu malah mengabaikan hal tersebut. Karena bisa berakibat fatal untuk usaha yang kamu jalankan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini. Semoga apa yang saya bahas dan saya bagikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Bagaimana tanggapan kamu tentang 10 Tips Menjadi Pengusaha Yang Sukses Dengan Modal Kecil tersebut? Apakah ada niatan pada diri kamu untuk menjadi seorang pengusaha? Karena untuk menjadi seorang pengusaha, kamu harus mempunyai konsistensi yang tinggi.

Supaya usaha yang kamu jalankan bisa sukses dan berhasil. Dan nama kamu juga akan terkenal sebagai pengusaha yang sukses. Jalan kesuksesan itu tidaklah mudah, berliku-liku dan membutuhkan usaha yang maksimal.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!