5 Cara Merawat Hamster Dengan Baik Supaya Panjang Umur


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membahas tentang 5 Cara Merawat Hamster Dengan Baik Supaya Panjang Umur. Adakah dari kamu semua yang tidak tau hamster? Hamster ialah hewan peliharaan yang tubuhnya kecil dan lucu.

Hamster memiliki karakter yang berbeda-beda, kamu juga jangan sampai tidak tau karakter dari hamster yang kamu pelihara, terutama ialah dengan parawatannya. Oiya, merawat hamster tidak terlalu susah kok.

Kalau kamu sudah mengetahui karakter hamster yang kamu punya, maka kamu akan lebih telaten lagi dalam memeliharanya. Hamster bisa nyaman sama pemiliknya yang pengertian dan sayang kepadanya.

Hamster tidak kalah dengan kucing dan anjing yang memiliki rasa kasih sayang terhadap tuan nya. Maka dari itu, rawatlah hamster peliharaanmu dengan penuh kasih sayang. Supaya hamster yang kamu miliki bisa mengeluarkan tingkah lucunya untuk kamu.

Apakah kamu sudah penasaran sama cara merawat hamster dengan baik? Simak artikel ini sampai selesai.

5 Cara Merawat Hamster Dengan Baik Supaya Panjang Umur

1. Beri Makan Yang Cukup

Pertama, kamu harus bisa memberi makanan yang cukup terhadap hamster peliharaan. Kalau sampai kamu lupa memberi makan/menelantarkan hamster tersebut, maka hamster bisa sakit dan mati. Kalau udah begitu pastinya kamu bakal sedih juga.

Makanan yang di butuhkan hamster tidak terlalu banyak kok, biaya nya juga tidak mahal dan bahkan bisa di bilang sederhana saja. Hamster cukup di beri makan sehari 1 kali saja. Takarannya hanya 5 gram pakan, tapi kalau hamsternya sedang hamil, berilah takaran 2x lipatnya.

Kalau kamu mau memberi makanan ke hamster, cucilah tempat makannya terlebih dahulu. Supaya lebih higienis dan tidak terdapat bakteri. Kamu juga jangan sampai memberi makan hamster di sembarangan tempat, usahakan di tempat makannya.

2. Berilah Kandang Yang Nyaman

Kedua, kamu harus memberikan kandang untuk hamster yang kamu pelihara, usahakan yang ukuran kandangnya jangan terlalu kecil. Supaya hamster tersebut bisa leluasa bermain di dalam kandang dan hamster pun akan merasa nyaman.

Oiya, kandang hamster jangan sampai di biarkan kosong ya, supaya hamster bisa lebih aktif lagi di kandangnya. Berilah mainan di dalam kandang tersebut, contohnya ada roda hamster, kotak hamster dan mainan yang bisa di gigit oleh hamster.

Dengan begitu, hamster yang kamu kandangi tidak akan berdiam diri dan kesepian. Ia akan merasa senang dan bahagia bermain di dalam kandangnya. Nah kalau sudah begitu, hamster akan terlihat lebih aktif dan terhindar dari penyakit.

3. Rutin Mencuci Kandang

Ketiga, kamu di haruskan untuk rutin dalam mencuci kandang hamster. Minimal mencuci kandang hamster adalah seminggu 1x. Supaya kandang hamster tetap terlihat bersih dan tidak ada hewan kecil yang berbahaya.

Hamster juga akan merasa nyaman jika memiliki kandang yang bersih dan wangi. Kamu juga harus membuang serbuk kayu yang biasa di gunakan untuk menghangatkan hamster. Minimal kamu harus mengganti serbuk kayu tersebut sebanyak 1 kali dalam 2 minggu.

Kalau begitu, hamster yang kamu pelihara akan terbebas dari serangan berbagai macam penyakit. Dan hamster pun akan merasa senang jika memiliki tuan yang perhatian terhadapnya, dengan begitu hamster yang kamu punya akan menunjukkan karakteristiknya.

4. Jangan Memandikan Dengan Air

Keempat, kamu jangan sampai memandikan hamster dengan air, apalagi hamster tersebut berasal dari gurun dan tidak pernah terkena air. Kalau kamu memaksakan hamster mandi dengan air, maka hewan tersebut akan terkena pneumonia.

Pneumonia ialah peradangan pada salah satu jaringan atau kedua paru-parunya yang biasa di sebabkan oleh adanya infeksi. Bisa-bisa hal tersebut membuat hamster yang kamu miliki akan mati, kalau sudah begitu nanti malah kasian hamsternya.

Hamster akan selalu bersih setiap waktu kalau kamu rajin membersihkan kandang dan tempat makan hamster. Jika hamster kotor, cukup kamu elapin saja tubuhnya dengan tisu basah, kalau hamsternya berontak, berhentilah melakukannya, karena pertanda hamster tersebut tidak mau terkena yang basah-basah.

5. Ajaklah Bermain

Kelima, kamu di haruskan untuk selalu meluangkan waktu terhadap hamster yang kamu punya, ajaklah ia untuk bermain dengan kamu. Kalau kamu melakukan hal tersebut, maka hamster akan percaya kepada kamu kalau kamulah yang bisa menjadi sahabat dekatnya.

Jangan sampai kamu menelantarkan hamster dan membuatnya kesepian, bisa jadi hewan tersebut akan stres karena merasa dirinya kesepian dan tidak ada hiburan. Lagi pula kamu tidak perlu berlama-lama untuk main sama hamster, cukup lakukan 20 menit setiap bermain dengannya.

Yang penting seringlah bermain dengannya supaya hamster tersebut merasa bahagia. Berilah pijatan yang lembut dan elus tubuhnya supaya menambah kepercayaan hamster kepada kamu. Hamster akan selalu merasa nyaman jika dekat denganmu.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 5 Cara Merawat Hamster Dengan Baik Supaya Panjang Umur. Semoga apa yang saya bagikan dan saya jelaskan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Hamster ialah hewan yang pintar, lucu, kecil, memiliki karakteristik dan perasaan. Maka dari itu kalau kamu memiliki hamster, rawatlah hamster tersebut dengan penuh kasih sayang dan berilah makan yang cukup supaya hamster tidak sakit.

Hamster mampu memberikan perasaan terbaik kepada pemiliknya, karena sifat hamster sama seperti kucing dan anjing.

Terima kasih sudah mampir ke artikel kali ini, jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!