10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak dan Mati Total, 100% Berhasil

cara memperbaiki aki kering yang rusak dan mati total
pict via: pixabay.com

Masdejay.com - Kali ini kami akan membahas tentang 10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak dan Mati Total, 100% Berhasil. Aki merupakan bagian yang penting bagi kendaraan, baik itu kendaraan motor maupun mobil. Karena aki merupakan sumber listrik yang berfungsi untuk menghidupkan semua komponen elektronik yang ada pada kendaraan, mulai dari lampu, audio, AC dan lain-lain. Jika aki tersebut rusak, maka semua komponen yang ada pada kendaraan tidak bisa berfungsi.

Maka dari itu, mengapa setiap orang yang memiliki kendaraan sangat di anjurkan untuk menjaga kestabilan aki. Supaya aki mampu bekerja dengan optimal. Terkadang kamu tidak akan sadar kalau aki yang di gunakan untuk kendaraanmu itu sudah rusak atau mati total. Kalau sudah begitu, maka kamu akan bingung dan kalangkabut.

Walaupun kamu tidak paham tentang dunia otomotif, kamu harus bisa mempelajari tentang bagaimana cara merawat aki yang benar dan cara memperbaiki aki yang rusak atau mati total. Lalu, bagaimana cara memperbaiki aki kering yang rusak dan mati total? Baca artikel ini sampai selesai.

10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak dan Mati Total, 100% Berhasil

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Siapkanlah alat dan bahan untuk proses memperbaiki aki kering. Lalu, alat dan bahan apa sajakah yang di butuhkan? Simak penjelasan di bawah ini:
  • Membeli air aki (zuur). Perlu di ingat, pastikan kamu membeli air aku untuk mengisi aki baru, bukan menambah cairan aki.
  • Siapkanlah obeng minus atau bisa menggunakan pencukit yang nantinya berfungsi untuk membuka cover aki pada bagian atasnya.
  • Kain, berguna untuk mengelap cairan aki yang menetes ke bagian kulit.
  • Sealent atau lem plastik/lem tembak untuk merekatkan kembali bagian penutup aki.
  • Suntikan tinta printer untuk memasukkan air aki ke dalam box aki kering.
Pastikanlah bahwa barang yang kamu siapkan sudah komplit. Supaya saat melakukan perbaikan aki kering bisa berjalan dengan lancar.

2. Melepas Aki dari Kendaraan

Langkah selanjutnya adalah melepas aki dari kendaraan motor atau mobil. Lepaskan terlebih dahulu aki kering dari kendaraan. Perlu di perhatikan bahwa kamu harus terlebih dahulu melepas kutub positif (+) pada aki ketika ingin melepaskannya. Supaya ketika kamu tidak sengaja menjatuhkan kunci dan mengenai kutub negatif (-) dengan posisi kutub positif (+) masih menempel pada aki, biasanya akan menimbulkan sedikit percikan api.

3. Siapkan dan Bersihkan

Setelah aki kering sudah di lepas dari kendaraan, selanjutnya kamu harus membersihkan bagian luar aki. Sehingga ketika kamu membongkar aki, kotoran yang ada pada bagian atas aki tidak menjatuhi bagian yang tidak seharusnya terkena kotoran. Bersihkanlah aki secara pelan-pelan sampai kotorannya menghilang.


4. Membongkar Penutup Aki

Selanjutnya adalah kamu harus membongkar cover atau pentuup aki bagian atas sampai terbuka. Bongkar dan bukalah penutup aki secara perlahan dan jangan terlalu di paksa jika tidak bisa. Karena takut ada kesalahan yang tidak di inginkan dan bisa mengakibatkan aki rusak.

5. Mengisi Air Aki

Siapkanlah kain lap dan suntikan yang sudah di sediakan sebelumnya. Kemudian kamu cek dahulu kondisi aki yang ada, pastikan lubang karet pada aki sudah terbuka semua. Kalau sudah kamu masukkan cairan aki ke dalam suntikan dan masukkanlah ke dalam tiap-tiap lubang dengan cara menyuntikkan jarum ke dalam lubang karet sampai 1cm dari lubang aki tersebut. Lakukanlah langkah tersebut sampai semua lubang karet terisi.

6. Memasang Tutup Aki

Jika semuanya sudah selesai, pastikan bahwa semua sudah tertutup dengan baik. Lakukanlah pengeleman menggunakan lem yang telah di sediakan tadi untuk menutup bagian cover aki. Pastikanlah saat pengeleman tidak ada bagian yang tertinggal atau tidak di lem.

7. Mengisi Daya Listrik Aki

Selanjutnya kamu bisa mengisi daya listrik pada aki. Proses tersebut memiliki dua metode yang berbeda. Nah metode tersebut adalah mengisi aki dengan cas dan mengisi aki dengan menggunakan jamper. Kalau belum jelas, simak bacaan di bawah ini.

8. Mengisi Daya Dengan Cara di Charger atau Menyetrum

Cara tersebut sudah menjadi cara yang biasa di gunakan oleh bengkel-bengkel. Karena biasanya di bengkel sudah ada alat tersebut untuk mengisi arus listrik pada aki kering. Sama halnya dengan mengecas smartphone, pada pengisian daya aki kering juga menggunakan alat yang terbuat dari adaptor.

9. Mengisi Daya Dengan Jamper Aki

Cara lain untuk mengisi daya bisa menggunakan jamper aki. Cara tersebut di perlukan aki lain yang masih dalam keadaan sehat. Kemudian kamu hanya perlu menjumper aki dengan menggunakan kabel dari kutub (+) aki lain ke kutub (+) aki yang sudah di perbaiki, dan kutub (-) aki lain ke kutub (-) aki yang telah di perbaiki. Lalu nyalakanlah mesin dan diamkan selama 30 menit.

10. Pengecekan

Setelah semuanya selesai, kamu bisa melakukan proses pengecekan. Kamu memerlukan alat ukur supaya bisa mengetahui apakah aki yang sudah di perbaiki dan di setrum sudah terisi dayanya atau belum. Jika sudah maka proses cara memperbaiki aki tersebut berhasil. Jika gagal, berarti aki memang harus di ganti dengan yang baru.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak dan Mati Total, 100% Berhasil. Semoga apa yang kami jelaskan dan bagikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Jika kamu memahami langkah dan cara memperbaiki aki kering pada kendaraan, maka kamu akan lebih menjaga kondisi aki agar selalu baik dan stabil.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!