Berikut 3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Ketika Di Komputer/Laptop


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan 3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Ketika Di Komputer/Laptop. Pasti dari kamu semua ada yang memiliki flashdisk.

Flashdisk adalah tempat penyimpanan data yang terdiri dari kumpulan flash memori dan memiliki port jenis USB yang terintegrasi. Dengan adanya flashdisk, kamu bisa menyimpan banyak file/data penting dalam kapasitas yang sangat besar.

Kalau kamu mau menyimpan file/data dalam kapasitas yang sangat besar, ukuran flashdisk kamu pun juga harus besar, bukan yang ukurannya kecil. Kalau di paksakan malah terjadi error dan akhirnya bisa membuat flashdisk kamu tidak terbaca.

Jadi, flashdisk itu sangat penting untuk keperluan sehari-hari. Apalagi jika kamu kerja/sekolah dan memiliki tugas yang harus di selesaikan menggunakan komputer/laptop. Maka kamu sangat memerlukan yang namanya flashdisk.

Kamu juga tidak boleh menggunakan flashdisk secara sembarangan. Hal tersebut bisa saja mempengaruhi kinerja flashdisk yang kamu miliki. Kalau kamu sering menghubungkan flashdisk tanpa mengetahui adanya antivirus pada sebuah komputer/laptop, hal tersebut bisa berbahaya dan flashdisk kamu bisa saja terkena virus.

Salah satu masalah yang sering terjadi jika kamu memiliki flashdisk adalah flashdisk kamu tidak bisa terbaca ketika sudah di colokkan ke komputer/laptop. Penyebab flashdisk tidak terbaca bisa saja di sebabkan oleh beberapa hal.

Mulai dari terinfeksi virus, lubang colokkan flashdisk kotor, flashdisk kw dan masalah-masalah lainnya. Masalah seperti itu memang sudah sering terjadi dimana saja, maka dari itu jika kamu terkena masalah tersebut, kamu jangan panik.

Karena saya akan membagikan beberapa Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca.

Penasaran apa saja cara-caranya? Simak artikel ini sampai habis.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer/Laptop

1. Cara Pertama

Pertama, caranya sangat mudah, kamu hanya cukup menyambungkan flashdisk ke port USB yang ada pada komputer/laptop dan kamu akan menggunakan tools bawaan dari Windows, yaitu Computer Management.

Berikut adalah cara-caranya:

  • Hubungkan flashdisk ke port USB di komputer/laptop yang kamu miliki
  • Pilih start, kemudian ketik run dan tekan tombol enter pada keyboard
  • Pada menu run, ketik 'compmgmt.msc' (jangan pakai tanda kutip), kemudian tekan tombol enter pada keyboard
  • Setelah muncul jendela 'Computer Management', pilihlah storage > Disk Management
  • Jika flashdisk dalam keadaan baik, maka flashdisk akan otomatis  terdeteksi sebagai drive baru, walaupun flashdisk terbaca 0 byte. Setidaknya sistem pada komputer kamu tau bahwa flashdisk kamu terhubung di komputer/laptop kamu
  • Klik kanan pada drive flashdisk 'korban', lalu pilih 'Create partition'
  • Format flashdisk tersebut dengan cara klik kanan dan pilihlah format.

Catatan!

Jika kamu mau melakukan cara pertama ini, kamu harus memastikan backup data di flashdisk tersebut sudah kamu simpan sebelumnya. Karena setelah kamu memilih format, maka seluruh data kamu yang ada di dalam flashdisk akan terhapus secara otomatis.

2. Cara Kedua

Kedua, cara ini masih sama, yaitu menggunakan tools bawaan dari windows. Tetapi kali ini kamu hanya menambahkan flashdisk kamu secara manual ke sistem windows. Cara ini berlaku jika flasdisk kamu hanya mengalami kerusakan ringan dan terdapat masalah pada fitur plug and play pada komputer/laptop kamu.

Sistem plug tersebut yang bisa membuat kamu dengan mudah menghubungkan flashdisk ke komputer/laptop kamu. Kamu juga tidak perlu repot-repot menginstal driver, karena ketika di hubungkan pertama kali, maka flashdisk akan otomatis menginstal drivernya ke dalam sistem.

Berikut adalah cara-caranya:
  • Sambungkan flashdisk ke port USB di komputer/laptop kamu
  • Kemudian buka menu Control Panel, caranya adalah klik Start > Control Panel (Windows Vista & 7) dan ketik tombol enter pada keyboard.
  • Pilih Device Manager
  • Pilih Action > Add Legacy Hardware
  • Pada jendela yang muncul, klik next
  • Lalu pilihlah 'Search for and instal hardware automatically'
  • Kalau USB kamu tidak terdeteksi, maka akan muncul menu autorun dan pernyataan bahwa USB flashdisk kamu mendukung koneksi data yang lebih cepat
  • Setelah itu akan muncul ikon 'Removable Hardware' pada sistem tray. Kemudian akan muncul drive baru di Windows Explorer/My Computer.
  • Jika kedua hal tersebut sudah muncul, maka proses pada cara ini tidak perlu lagi di lanjutkan. Kamu klik saja Cancel pada tampilan berikutnya.
  • Jika flashdisk masih tidak terbaca, ulangi langkah nomor 2 sampai 5. Bedanya pada langkah 5 kamu pilih 'Install the hardware that i manually select from a list'
  • Pilihlah beberapa pilihan hardware yang tersedia pada daftar yang muncul di jendela. Karena kamu akan menambahkan USB flashdisk, pilih USB Controller atau Storage.
  • Klik OK.

3. Cara Ketiga

Ketiga,  cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah dengan menggunakan tools HD Low Level Format. Dengan menggunakan tools tersebut, maka kemungkinan besar flasdisk yang rusak/error akan normal kembali.

Cara memperbaiki flashdisk dengan tools tersebut sebenarnya merupakan cara yang paling ekstrem. Maka, lebih baik cara ini di lakukan oleh kamu yang sudah paham akan perangkat keras komputer.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Hubungkan flashdisk ke komputer/laptop
  • Download software 'HDD GURU Low Level Format'
  • Kalau sudah di download, instal software tersebut di komputer/laptop kamu
  • lalu, jalankan software tersebut dengan akses Administrator. Caranya adalah klik kanan pada software, kemudian pilih 'Run As Administrator'.
  • Pada jendela software, pilih USB, kemudian klik 'Continue'.
  • Tunggu proses perbaikan flashdisk sampai selesai, kalau sudah kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasa. Yaitu klik kanan pada drive flashdisk  di Windows Explorer > Pilih Format.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dan saya bagikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Dari ketiga cara yang saya bagikan di atas, cara yang paling ampuh sebenarnya adalah cara yang pertama. Tetapi, jika flashdisk masih tidak terbaca juga, kamu bisa menggunakan cara yang kedua dan ketiga, InsyaAllah berhasil.

Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel kali ini? Apakah kamu pernah mengalami masalah flashdisk tidak terbaca oleh komputer/laptop? Dan apakah kamu pernah gagal setelah mencoba Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca?

Yuk berdiskusi di kolom komentar.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini. Jangan lupa share ke teman-teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!