Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root Smartphone

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root Smartphone

Masdejay.com - Halo semua... kali ini kami akan membagikan artikel tentang Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root Smartphone. Apakah kamu termasuk salah satu pengguna smartphone android? Jika iya pasti kamu akan menemukan aplikasi bawaan di smartphone tersebut. Aplikasi bawaan yang ada di smartphone kadang tidak terpakai dan hanya memenuhi memori saja.

Umumnya hal tersebut sering di sebut dengan bloatware. Jika kamu ingin menghapus aplikasi bawaan yang ada di smartphone android, tentu kamu harus rooting smartphone terlebih dahulu, sangat rugi kan? Di lansir dari Gadgets Now, ada beberapa cara yang bisa di lakukan pengguna android untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut tanpa harus rooting terlebih dahulu.

Tetapi cara yang ada di bawah ini tidak berhasil untuk semua jenis smartphone. Lalu, bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa harus root smartphone? Baca artikel ini sampai selesai.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root Smartphone

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Metode pertama adalah kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan android. Buka setting > Apps > Application Manager > Cari aplikasi yang ingin di hapus. Jika kamu tidak menemukan opsi uninstal di dalam pengaturan tersebut, mungkin kamu bisa menggunakan bantuan pihak ketiga, yaitu Debloater.

Apa itu Debloater? Debloater adalah perangkat lunak windows yang mampu memindai semua aplikasi bawaan pada smartphone. Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengaktifkan Developer Options dari pengaturan > About Phone > Build Number > Ketuk sebanyak 7x untuk mengaktifkannya.

Jika sudah aktif maka langkah selanjutnya adalah buka Developer Options dan aktifkan USB Debugging. Lalu unduhlah Debloater di PC Windows dan instal. Kalau sudah terinstal langkah selanjutnya adalah membuka perangkat lunak dan hubungkanlah smartphone dengan menggunakan kabel USB ke PC.

Jika sudah terhubung, klik Read Phone Packages lalu kamu akan melihat semua aplikasi yang di instal pada smartphone dengan keterangan di blokir atau tidak. Pilihlah aplikasi yang mau kamu hapus instalasinya, kemudian klik tombol Apply untuk menghapus aplikasi tersebut. Lalu, kalau kamu mau menginstal kembali aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti cara menghapusnya.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root Smartphone. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tutorial yang kami bagikan di artikel ini bertujuan untuk membantu orang yang sedang kesusahan dalam menghapus aplikasi bawaan pada smartphone androidnya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!