5 Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik Bagi Pemula


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang 5 Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik Bagi Pemula. Kucing anggora saat ini sudah menjadi hewan favorit banyak orang.

Kucing anggora merupakan spesies hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Harga kucing anggora juga lumayan mahal, karena karakteristiknya yang unik, aktif, lucu dan menggemaskan tersebut yang membuat harganya lumayan mahal.

Ketika kamu melihat kucing anggora sedang bermain-main dengan tingkahnya yang lucu, maka otomatis kamu berasa ingin membeli hewan tersebut. Nah jika kamu mau membeli kucing anggora, maka kamu harus perhatikan cara merawat kucing anggora yang baik.

Apalagi jika kamu belum pernah merawat kucing anggora. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan terhadap cara perawatan kucing tersebut.

Bagaimana cara merawat kucing anggora? Simak artikel ini sampai habis.

5 Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik Bagi Pemula

1. Perhatikan Gaya Hidup Kamu

Pertama, ketika kamu mau memelihara kucing anggora, kamu harus bisa memperhatikan gaya hidup kamu. Karena kucing anggora termasuk hewan yang haus dengan kasih sayang pemiliknya. Jangan sampai kamu membiarkan kucing anggora kesepian.

Kalau kamu membiarkan ia hidup kesepian dengan jangka waktu yang lama, maka kucing tersebut nampak akan berbeda. Maka dari itu kamu harus bisa mempertimbangkan gaya hidup kamu. Apakah selama ini kamu cocok untuk memelihara kucing anggora atau tidak.

Jika kamu cocok, maka silahkan beli dan rawatlah kucing anggora dengan penuh kasih sayang. Tetapi jika kamu tidak cocok/sibuk, jangan kamu memaksa untuk membeli kucing anggora jika tidak ada waktu untuk merawatnya.

2. Memilih Kandang Yang Baik

Kedua, kamu harus bisa memilih kandang yang baik dan nyaman untuk kucing anggora. Walaupun kucing anggora menghabiskan waktu di dalam rumah, tetapi kamu harus menyiapkan kandang yang nyaman dan tidak sempit.

Merawat kucing anggora sebenarnya sangat mudal dan simpel. Kamu tidak harus menyiapkan kandang yang mewah dan luas banget, karena cukup dengan kandang yang sederhana pun kucing anggora akan bahagia, asalkan jangan terlalu sempit.

Kamu juga jangan sampai lupa untuk menyediakan pasir zeolit. Pasir tersebut berfungsi untuk tempat buat air dan sebagai alas untuk kucing anggora. Gantilah pasir tersebut selama tiga hari sekali dan jangan kamu biarkan pasir tersebut lama tidak di ganti.

3. Bersihkan Bulunya Secara Teratur

Ketiga, jika kamu memiliki kucing anggora, maka kamu harus membersihkan bulunya secara teratur dan tepat waktu. Walaupun bulu kucing anggora tidak selebat persia, bukan berarti kamu membiarkan kucing anggora tak terurus.

Kamu di haruskan untuk bisa memandikan dan membersihkan bulu kucing tersebut secara teratur. Supaya kesehatannya terjaga dan badannya pun bersih/wangi. Sikatlah bulunya dengan menggunakan sisir metal bergigi panjang.

Tenang saja, merawat bulu kucing anggora tidak ribet kok, tidak terlalu makan waktu, biaya dan tenaga. Selain untuk menjaga penampilan kucing anggora, manfaat merawat bulunya ialah untuk mengurangi resiko tertelannya hairball.

4. Bersihkan Telinganya

Keempat, ketika kamu sudah memiliki kucing anggora, maka kamu harus rajin untuk membersihkan bagian telinganya agar tidak kotor. Karena dari sekian penyakit yang menimpa kucing, tuli ialah masalah yang paling sering menyerang.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu rutinkan untuk membersihkan telinga kucing anggora kamu sebanyak 2 minggu sekali. Jangan sampai kamu membiarkan kucingmu memiliki telinga yang kotor dan bau.

Gunakan cotton ball untuk membersihkan kotoran telinganya, bersihkan secara pelan dan hati-hati, supaya kucing anggora tidak merasa kesakitan. Jika sudah bersih maka bagian telinganya akan berwarna pink.

5. Potonglah Kukunya

Kelima, jika kamu memiliki kucing anggora, perhatikanlah kuku kucing tersebut dan potonglah kukunya jika di rasa sudah terlalu panjang. Karena kuku yang panjang bisa saja merusak barang yang ada di rumah kamu.

Usahakan memotong kuku kucing anggora setiap 2 minggu sekali, bisa lebih dan jangan terlalu lama, tergantung pertumbuhan kuku tersebut. Selain itu, memotong kuku anggora termasuk dalam cara merawat kucing anggora terkait dengan grooming.

Memotong kuku anggora tidak perlu ke salon, pakailah gunting kuku yang biasa di pakai manusia. Potonglah bagian luar kukunya yang berwarna putih, jangan sampai kelewatan ya. Usahakan jangan sampai kucing kamu merasa kesakitan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 5 Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik Bagi Pemula. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Merawat kucing anggora tidak begitu susah dan bisa saja kamu lakukan dengan cara yang sederhana dan simpel. Hal utama yang harus kamu pahami ialah tentang pola makanannya dan kesehatannya, jangan sampai kucingmu sakit.

Terima kasih sudah mampir ke artikel kali ini, jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!