5 Cara Merawat Kelinci Dengan Benar Supaya Berumur Panjang


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan 5 Cara Merawat Kelinci Dengan Benar Supaya Berumur Panjang. Apakah dari kamu semua di sini ada yang menyukai hewan kelinci? Nahh apakah kamu tau bagaimana cara merawat kelinci yang benar?

Kelinci merupakan hewan pilihan banyak orang, karena kelinci sangat menggemaskan. Kelinci memiliki kebutuhan khusus untuk menjalankan hidupnya supaya berumur panjang, bahagia dan sehat. Rata-rata umur kelinci berkisar dari 5 sampai 10 tahun.

Bagi kamu yang mau memelihara kelinci, membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup, karena kelinci mempunyai fisik yang lemah dan gampang mati. Merawat kelinci tidak bisa asal-asalan dan harus mempunyai persiapan.

Kalau kamu tertarik untuk memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan kamu, maka kamu harus mengetahui cara merawat kelinci dengan benar supaya berumur panjang.

Lalu bagaimana cara merawat kelinci dengan benar? Simak artikel ini sampai selesai.

5 Cara Merawat Kelinci Dengan Benar Supaya Berumur Panjang

1. Memilih Kandang

Pertama, kamu harus menyiapkan tempat tinggal yang cocok untuk kelinci kamu. Kamu harus bisa mengetahui tempat yang aman dan nyaman untuk tempat tinggal kelinci, usahakan tinggal di dalam ruangan yang nyaman.

Seharusnya kelinci memang jangan di taruh di dalam ruangan, harusnya di luar ruangan. Kalau kamu mau menempatkan kelinci di dalam ruangan, kamu harus menyiapkan ruang gerak yang luas dan pernafasan yang lancar bagi kelinci.

Jangan sampai kamu menaruh kelinci di dalam ruangan, lalu kamu menaruh kelinci di kandang yang sempit dan susah untuk bernafas. Kalau kamu sampai begitu, kelinci akan cepat sakit dan mati. Maka dari itu, berilah kelinci ruang yang luas supaya ia merasa senang dan selalu bergerak.

Jangan lupa, kamu harus mengeluarkan kelinci kamu selama beberapa jam setiap harinya, supaya kelinci tidak stres dan kelinci bisa menikmati kegembiraannya. Kalau sampai kelincinya stres, bisa-bisa kelinci tersebut mati.

2. Menyiapkan Tempat Kotoran

Kedua, kamu harus menyiapkan tempat untuk kotoran kelinci. Karena kelinci memiliki kecenderungan alami untuk selalu buang air kecil dan air besar di suatu tempat. Siapkanlah tempat kotoran kelinci dengan ukuran yang sedang saja.

Kalau kamu memiliki kelinci yang sangat aktif, berilah kelinci tersebut untuk berkeliaran di beberapa tempat yang aman. Alangkah baiknya kamu juga harus memiliki tempat kotoran untuk kelinci tersebut, supaya kelinci bisa membuang kotorannya di tempat tersebut.

Karena banyak kelinci yang suka menghabiskan waktu bersantai di tempat kotorannya, maka dari itu pastikanlah kalau ukuran tempat kotoran kelinci tersebut tidak kecil dan sempit.

3. Makanan Yang Seimbang

Ketiga, kamu harus bisa menyiapkan makanan yang seimbang untuk kelinci tersebut. Memberikan makanan yang seimbang sangat penting bagi kelinci, karena kelinci mudah terkena sakit jika makanan tersebut tidak seimbang.

Banyak masalah kesehatan pada kelinci yang di sebabkan oleh makanan yang tidak baik dan tidak membantu sistem pencernaan fisiologi bagi kelinci. Makanan yang seimbang bagi kelinci harus terdiri dari makanan berikut ini:

  • Rumput Jerami
  • Sayuran
  • Buah dan Cemilan
  • Pelet
  • Air
Berilah makanan dan minuman yang seimbang dan tepat waktu, supaya kesehatan kelinci kamu terjaga dan panjang umur.

4. Makanan Yang Harus Di Hindari

Keempat, kamu harus bisa menghindari kelinci kamu dari makanan yang tidak sehat. Karena kelinci memiliki pencernaan yang sangat sensitif. Makanan apa saja yang harus di hindari oleh kelinci yang kamu pelihara?
  • Toman
  • Kol
  • Jagung
  • Kacang-kacangan
  • Kacang Polong
  • Kentang
  • Bit
  • Bawang Merah
  • Kelembak
  • Bambu
  • Biji-bijian
  • dll.
Nah usahakan makanan di atas harus di hindarkan dari kelinci kamu ya, supaya kelinci kamu tidak ringkih/gampang sakit dan cepat mati. Maka dari itu, pelajarilah makanan yang baik dan makanan yang tidak di perbolehkan untuk kelinci.

5. Memegang Kelinci Yang Benar

Kelima, kamu juga harus bisa memegang kelinci kamu dengan benar, jangan sampai malah kamu menyakitinya karena memegang kelinci dengan tidak benar. Karena kelinci adalah hewan yang rapuh dan harus di pegang dengan baik dan hati-hati.

Kalau sampai kamu memegang kelinci dengan tidak benar, maka kelinci akan memberontak dan bisa mematahkan tulangnya sendiri, rawatlah kelinci kamu dengan baik dan harus memegang kelinci tersebut dengan benar.

Saat ini, banyak orang yang masih salah dalam memegang kelinci dengan cara memegang telinganya. Padahal cara tersebut merupakan kesalahan yang besar dan fatal. Cara memegang kelinci yang baik ialah letakkan satu tangan di bawah bagian depan kelinci dan tangan lainnya di bawah punggungnya.

Supaya kelinci peliharaan kamu tidak merasakan sakit dan mati.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 5 Cara Merawat Kelinci Dengan Benar Supaya Berumur Panjang. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Saat ini banyak orang yang masih salah dalam merawat kelinci, sehingga kelinci tersebut mudah sakit dan cepat mati. Alangkah baiknya jika kamu mau pelihara kelinci, pelajarilah bagaimana cara merawat kelinci yang benar dan baik, supaya panjang umur.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!