5 Gejala Usus Buntu Dari Yang Ringan Hingga Berat, Wajib Kamu Ketahui!


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang 5 Gejala Usus Buntu Dari Yang Ringan Hingga Berat, Wajib Kamu Ketahui. Usus buntu merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kamu.

Kalau kamu sering mengalami sakit perut pada bagian bawah dan hal tersebut bisa mengganggu aktivitas kamu, maka segera ketahuilah sakit tersebut. Bisa jadi kamu mengalami gejala usus buntu. Penyakit usus buntu sendiri dalam istilah medis di sebut dengan apendisitis.

Apedisitis adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada usu buntu. Jika kamu sudah mengalami hal tersebut, secepat mungkin kamu harus di tangani oleh dokter. Kalau tidak, usus buntu bisa pecah dan menyebabkan infeksi berat, bisa mengakibatkan nyawa kamu terancam.

Maka dari itu, kamu harus mewaspadai hal tersebut dan kamu harus bisa mengetahui gejala-gejala usus buntu. Dengan begitu, kamu bisa saja mengurangi atau menghindari resiko komplikasi dari penyakit usus buntu.

Penasaran apa saja gejalanya? Simak artikel ini sampai selesai.

5 Gejala Usus Buntu Dari Yang Ringan Hingga Berat, Wajib Kamu Ketahui!

1. Sakit Perut Pada Bagian Kanan Bawah

Pertama, gejala usus buntu biasanya di awali dengan adanya nyeri atau kram pada bagian perut kanan yang terjadi secara mendadak. Tetapi, sebagian orang sering mengalami sakit perut yang intens di banding dengan kram pada perut.

Gejala usus buntu yang satu ini bisa terjadi karena usus mengalami pembengkakan dan peradangan. Hal itu bisa mengiritasi lapisan pada dinding perut, sehingga kamu jadi merasakan nyeri di bagian perut kanan.

Lokasi yang di alami orang mungkin bisa saja beda-beda, tergantung pada usia dan posisi usus buntunya. Di dalam banyak kasus, nyeri pada perut di mulai pada bagian tengah atas dekat pusar dan biasa berpindah ke bagian perut kanan bawah.

Tetapi ada juga beberapa orang yang mengalami usus buntu pada bagian belakang, sehingga rasa sakit, nyeri dan kram bisa terjadi di punggung bagian bawah atau bagian panggul. Jika sedang hamil, rasa nyeri bisa muncul di bagian perut atas.

Karena posisi usus buntu cenderung lebih tinggi selama kehamilan, karena faktor terdorong oleh janin. Secara umum, nyeri pada perut akibat gejala usus buntu biasanya cenderung meningkat apabila kamu melakukan gerakan menarik nafas secara dalam, mengejan, batuk ataupun bersin.

2. Mual, Muntah dan Nafsu Makan Berkurang

Kedua, selain mengalami sakit perut, gejala usu buntu lainnya yang juga bisa terjadi ialah mulai berasanya mual dan muntah. Hal tersebut bisa berakibat berkurangnya nafsu makan kamu yang mungkin akan menurun secara drastis.

Hal tersebut bisa terjadi karena radang usus buntu dan sistem saraf, sehingga memungkinkan kamu mengalami mual dan muntah secara terus-terusan. Jika sudah begitu, segeralah cek ke dokter supaya kamu bisa mengetahui apa yang terjadi.

3. Gangguan Pencernaan

Ketiga, kamu bisa saja mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti konstipasi (sembelit), diare atau ketika gejala usus buntu sudah menyerang. Beberapa orang juga mengalami kesulitan buang air besar dan kentut.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kesulitan untuk buang angin (kentut), maka kemungkinan besar penyumbatan pada usus kamu sudah terjadi di sebagian ataupun menyeluruh. Segera cek ke dokter jika sudah terjadi seperti itu.

4. Demam Ringan

Keempat, penyakit usus bunti juga bisa menyebabkan demam yang berkisar antara 37 sampai dengan 38 derajat celcius. Jika demam semakin parah, demam tersebut bisa mencapai suhu 38 derajat celcius, disertai dengan meningkatnya denyut jantung.

Demam bisa terjadi karena reaksi alami pada sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi supaya mengurangi jumlah bakteri jahat yang akan menyerang tubuh kamu. Jika sudah merasakan hal tersebut, alangkah baiknya secepat mungkin periksa ke dokter.

5. Sering Buang Air Kecil

Kelima, usus bunti terletak pada bagian bawah pinggul, sehingga posisinya bisa di bilang dekat dengan kandung kemih kamu. Maka, ketika kandung kemih bersinggungan dengan usus buntu yang sedang terjadi, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kandung kemih.

Yang bisa berakibat kandung kemih akan mengalami peradangan. Hal tersebut bisa membuat kamu jadi sering buang air kecil. Di dalam beberapa kasus, kamu mungkin juga akan merasakan buang air kecil yang sangat menyakitkan saat air tersebut keluar.

Segeralah cek ke dokter jika terjadi hal seperti itu.

Penutup


Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 5 Gejala Usus Buntu Dari Yang Ringan Hingga Berat, Wajib Kamu Ketahui.

Jika kamu sudah mengalami beberapa gejala usus buntu di atas, segeralah kamu cek ke dokter dan bertanya apa yang terjadi pada gejala tersebut. Karena penyakit usus buntu tidak bisa di remehkan. Usus buntu bisa juga mengancam nyawa seseorang lohh.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!