Headset Mati Sebelah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Headset mati sebelah: penyebab dan cara memperbaikinya
pict via: pixabay.com

Masdejay.com - Kali ini kami akan membahas tentang Headset Mati Sebelah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya. Kamu pasti sering mengalami masalah headset mati sebelah kan? Hal tersebut bisa di sebabkan oleh aktivitas yang tidak kamu ketahui. Kadang hal itu terjadi ketika kita sedang mendengarkan musik menggunakan headset.

Tiba-tiba headset mati sebelah, bukan mati total. Pasti kamu merasa bingung kan? Kok tiba-tiba bisa begitu. Maka dari itu artikel ini bertujuan untuk membagikan penyebab headset mati sebelah dan cara memperbaikinya. Karena jika headset yang kamu miliki mati sebelah, maka otomatis kamu tidak akan nyaman jika mendengarkan musik.

Selesai kamu mendengarkan musik menggunakan headset yang mati sebelah, telinga kamu akan terasa tuli sebelah (sementara). Lalu, apa saja penyebab headset mati sebelah dan bagaimana cara memperbaikinya? Baca artikel ini sampai selesai.

Headset Mati Sebelah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Headset Mati Sebelah

Ada beberapa hal yang kemungkinan besar mempengaruhi terjadinya headset mati sebelah, apa saja penyebabnya? Baca di bawah ini:
  1. Kabel sering tertarik saat ingin menggunakannya
  2. Kabel sering di lipat-lipat
  3. Kabel sering kusut, karena biasa di letakkan sembarangan
  4. Speaker headset terbanting
  5. Bagian kabel headset kongslet


Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah

Setelah mengetahui penyebab headset mati sebelah, sekarang kamu harus bisa mempelajari cara memperbaiki headset yang mati sebelah. Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Baca di bawah ini:
  1. Kamu harus mengetahui posisi bagian mana yang rusak. Setelah itu coba kamu colokkan headset tersebut ke smartphone atau pc, kemudian kamu tekuk-tekuk dan putar-putar bagian colokkan headsetnya. Biasanya akan muncul suara dari headset yang mati sebelah.
  2. Kalau cara kedua tidak berhasil, coba kamu tekan-tekan colokkan headsetnya yang sudah di pasang ke smartphone atau pc. Biasanya hal tersebut bisa membuat headset kembali normal.
  3. Kalau kamu sudah menemukan bagian yang rusak, silahkan kamu gunting saja bagian yang rusak menjadi 2 potongan. Lalu kamu potong lagi ujung kedua kabel yang sudah di potong sebelumnya, masing-masing 2 cm saja. Hal tersebut untuk memastikan bahwa kabel yang rusak dalamnya sudah terbuang.
  4. Selanjutnya kamu bisa mengkupas kulit kabel headset bagian luar, kalau sudah biasanya akan terlihat 2/4 kabel dengan warna yang berbeda. Jumlah kabel yang ada di dalam headset berbeda-beda.
  5. Kalau sudah melakukan hal nomor 4, kupas lagi bagian kulit dari kabel kecil warna-warni tersebut, kupaslah menggunakan cutter, gunting dan pisau. 
  6. Sambungkanlah kabel-kabel tersebut sesuai dengan pasangan warnanya dan jangan sampai tertukar. Perhatikanlah bahwa jangan sampai ada satupun kabel bersentuhan dengan kabel yang memiliki warna berbeda.
  7. Cara di atas sudah di lakukan semua? Cobalah headset tersebut, apakah sudah normal atau belum. Kalau sudah normal, rapikanlah sambungan kabel headset kamu. Tutuplah menggunakan selotip/busa.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Headset Mati Sebelah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Cara di atas cukup sederhana kan? Daripada kamu harus membeli yang baru, alangkah baiknya coba memperbaiki secara sendiri dahulu. Hitung-hitung menambah pengetahuan.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!