6 Makanan Penyebab Sembelit Yang Jarang di Ketahui Oleh Banyak Orang

makanan penyebab sembelit yang jarang di ketahui oleh banyak orang

Masdejay.com - Halo semua... kali ini kami akan membagikan artikel tentang 6 Makanan Penyebab Sembelit Yang Jarang di Ketahui Oleh Banyak Orang. Apakah kamu pernah mengalami sembelit? Sembelit adalah masalah yang terjadi pada pencernaan dalam tubuh yang menyebabkan seseorang susah untuk buang air besar (BAB).

Secara medis, sembelit bisa menyebabkan seseorang kesulitan buang air besar yang di perkirakan hanya 3 kali dalam seminggu. Bukan hanya anak kecil saja, sembelit bisa terjadi pada semua umur. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari kurangnya menjaga pola kesehatan, jarang olahraga dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Jika kamu sering mengalami sembelit, maka perhatikanlah makanan yang kamu konsumsi, karena hal tersebut merupakan faktor utamanya. Lalu, makanan apa saja yang bisa menyebabkan sembelit? Baca artikel ini sampai selesai.

6 Makanan Penyebab Sembelit Yang Jarang di Ketahui Oleh Banyak Orang

1. Makanan Yang Mengandung Susu

Jika kamu sering mengonsumsi makanan yang mengandung susu, maka mulai dari sekarang kurangilah jumlah konsumsinya. Karena hal tersebut sangat berpengaruh bagi pencernaan tubuhmu. Makanan apa saja yang mengandung susu? Makanan tersebut adalah keju, yogurt, es krim dan susu. Mengapa bisa menyebabkan sembelit? Karena laktosa dalam susu bisa menyebabkan meningkatnya gas dan terjadinya kembung yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

2. Roti Putih

Ternyata jika seseorang sering mengonsumsi roti putih bisa berdampak buruk bagi pencernaannya (sembelit). Hal tersebut di karenakan banyaknya kandungan pati pada roti dan bisa menyebabkan terjadinya sembelit. Kalau kamu sering mengonsumsi roti putih setiap pagi, alangkah baiknya mulai mengurangi jumlah konsumsinya ya.

3. Daging Merah

Daging merah ternyata juga menjadi salah satu faktor dalam kesulitan buang air besar. Mengapa bisa terjadi? Karena daging merah mengandung lemak yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. Daging merah juga memiliki serat protein yang tinggi sehingga pencernaan tubuhmu sulit untuk memprosesnya.

4. Nasi Putih

Nasi putih merupakan makanan pokok yang setiap harinya di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun apakah kamu tau kalau nasi putih bisa menyebabkan sembelit? Hal tersebut di karenakan kulit dan dedaknya telah di hilangkan, padahal di situlah letak serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Wah ternyata nasi juga salah satu penyebabnya ya.

5. Permen Karet

Apakah kamu menyukai permen karet? Permen karet merupakan jenis gula yang sangat di sukai oleh banyak orang. Apalagi makanan tersebut merupakan jenis makanan yang manis. Tetapi jika kamu menelan permen karet, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya sembelit. Karena saluran dalam tubuh kamu tersumbat oleh permen karet yang kamu konsumsi.

6. Pisang Mentah

Saat ini banyak orang yang mengonsumsi pisang mentah dalam bentuk apapun itu. Padahal hal tersebut bisa memicu terjadinya sembelit. Karena pisang mentah mengandung pektin. Apa itu pektin? Pektin merupakan serat makanan yang bersifat menarik air dari usus menuju feses. Maka dari itu hindarilah mengonsumsi pisang mentah agar tidak terjadi sembelit.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 6 Makanan Penyebab Sembelit Yang Jarang di Ketahui Oleh Banyak Orang. Semoga apa yang kami bagikan dan jelaskan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Mulai dari sekarang perhatikanlah makanan yang kamu konsumsi. Apakah makanan tersebut baik bagi tubuh atau tidak. Supaya kamu tidak mengalami sembelit.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!