10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membahas tentang 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air dalam jumlah yang banyak.

Semangka juga biasa di konsumsi di saat kamu sudah selesai makan, sebagai buah pencuci mulut. Buah semangka merupakan buah yang banyak di gemari/sukai oleh kalangan masyarakat, karena memiliki warna yang cerah dan harga yang terjangkau.

Tetapi masih ada juga orang yang tidak suka dengan buah semangka, dengan alasan yang berbeda-beda. Padahal manfaat semangka bagi tubuh manusia sangat banyak dan mempunyai peran penting untuk organ tubuh.

Apa saja manfaat tersebut? Simak artikel ini sampai selesai.

10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Menyehatkan Jantung

Pertama, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk menyehatkan jantung. Hal tersebut di karenakan buah semangka kaya akan likopen. Likopen merupakan kerotenoid, salah satu jenis antioksidan yang mampu menjaga adanya kerusakan tubuh dan sel akibat dari radikal bebas.

Ternyata likopen juga bisa melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Sebuah penelitian menunjukkan kalau likopen mampu menjaga kesehatan jantung dan tulang manusia dan semangka adalah buah yang memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi.

2. Sebagai Antioksidan

Kedua, buah semangka berperan bagi tubuh manusia sebagai antioksidan. Hal tersebut di karenakan adanya kandungan likopen yang sangat tinggi di dalam buah semangka, bahkan tidak kalah dengan buah jeruk dan jambu biji.

Selain untuk kesehatan jantung dan tulang manusia, likopen mampu berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Kemampuan likopen bisa di bilang sangat menakjubkan dalam menangkal serangan radikal bebas yang bisa saja merusak sel dan jaringan tubuh.

Semangka juga mampu membuat kulit terlihat sehat dan bercerah.

3. Terhindar Dari Dehidrasi

Ketiga, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Hal tersebut bisa terjadi di karenakan semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Karena kandungan air nya yang sangat tinggi, buah tersebut mampu menangkal terjadinya dehidrasi.

Selain itu, semangka mampu menghindari seseorang dari sembeli. Konsumsilah semangka minimal seminggu sekali.

4. Mencegah Impoten

Keempat, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk mencegah impoten. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah semangka mampu menjadi obat kuat alami untuk para pria. mengkonsumsi semangka mampu mengobati dan mencegah impoten.

Kelebihannya juga tidak akan ada efek samping setelah mengkonsumsi semangka, berbeda jika menggunakan obat kuat.

5. Kaya Akan Vitamin

Kelima, buah semangka memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh manusia. Semangka memiliki beberapa vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Di dalam buah semangka terdapat vitamin A, vitamin C, potasium dan magnesium.

Selain itu, mengkonsumsi buah semangka sangat rendah akan kalori dan kamu tidak perlu takut jika berat badan kamu akan naik.

6. Mengontrol Diabetes

Keenam, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk mengontrol diabetes. Hal tersebut bisa terjadi karena ginjal mengubah asam amino, L-citrulline, menjadi asam amino yang lainnya, L-arginine. Nah 2 asam amino tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, terutama mengontrol diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa mampu mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena karena kandungan suplementasi L-arginine yang ada pada semangka.

7. Mengobati Gangguan Ginjal

Ketujuh, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk mengobati gangguan ginjal. Hal tersebut bisa terjadi karena semangka memiliki banyak kandungan potasium di dalamnya. Semangka juga mampu mengurangi konsentrasi asam urat di dalam darah.

Sehingga kamu akan terhindar dari kerusakan ginjal dan penyakit batu ginjal. Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan mampu mendorong untuk buang air kecil, dari situ semangka berperan dalam membersihkan ginjal.

8. Mengatur Tekanan Darah

Kedelapan, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk mengatur terjadinya tekanan darah dalam tubuh. Hal tersebut bisa terjadi karena semangka memiliki kandungan kalium dan magnesium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Kalium di anggap sebagai vasodilator, yang berfungsi untuk melepaskan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri.

9. Mencegah Kanker

Kesembilan, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk mencegah terjadinya kanker dalam tubuh. Hal tersebut bisa terjadi karena semangka memiliki kandungan likopen yang berfungsi sebagai pencegah kanker.

Likopen terbukti mampu mencegah terjadinya kanker payudara, prostat, usus besar, paru-paru dan endometrium. Jika kamu mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang teratur, maka tubuhmu akan terhindar dari kanker. Karena semangka merupakan buah pencegah kanker terhebat.

10. Mengurangi Kolesterol

Kesepuluh, buah semangka berperan bagi tubuh manusia untuk mengurangi resiko terkena kolesterol pada tubuh. Hal tersebut di karenakan oleh adanya kandungan vitamin C, karotenoid dan kalium di dalam semangka yang mampu mengurangi resiko terkena kolesterol dan jantung.

Kandungan tersebut sangat berperan penting untuk pencegahan terjadinya kolesterol pada tubuh kamu. Maka dari itu konsumsilah semangka secara teratur dan intinya jangan berlebihan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga apa yang saya bagikan dan jelaskan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Saat ini masih sedikit orang yang tau manfaat-manfaat yang ada di dalam buah semangka. Padahal manfaat tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh. Apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki banyak aktivitas. Di anjurkan untuk konsumsi semangka secara teratur.

Terima kasih sudah mampir ke artikel kali ini, jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!