6 Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat sholat tahajud untuk kesehatan

Masdejay.com - Halo semua... kali ini kami akan membahas artikel tentang Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan. Sholat merupakan sebuah kewajiban bagi umat Muslim. Sholat merupakan tiang agama. Sholat terbagi menjadi dua, yaitu sholat Fardhu dan sholat Sunah. Sholat Fardhu merupakan sholat yang tidak boleh di tinggalkan 1 waktu pun, hukumnya wajib melaksanakan.

Sholat Sunah merupakan sholat yang di anjurkan untuk di laksanakan tetapi tidak di wajibkan. Jadi kali ini yang akan kami bahas yaitu tentang sholat Tahajud. Apakah dari kamu semua ada yang tidak tau sholat Tahajud? Sholat Tahajud merupakan sholat sunah yang di kerjakan pada malam hari atau sepertiga malam. Sholat Tahajud biasa di laksanakan pada jam 02.00 sampai 03.30.

Banyak umat muslim yang setiap malam melakukan sholat Tahajud, tetapi ada sebagian yang tidak solat Tahajud. Sholat Tahajud memiliki keutamaan dan manfaat untuk diri sendiri. Keutamaan dan manfaat dari sholat Tahajud bisa kamu baca di sini. Tetapi apakah kamu tau kalau melakukan sholat Tahajud bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh?

Banyak ahli kedokteran yang telah membenarkan hal tersebut. Maka dari itu berlomba-lombalah dalam menunaikan sholat Tahajud. Lalu, apa saja Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan? Baca artikel ini sampai selesai.

Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan

1. Terhindar Dari Penyakit Pernafasan

Sholat Tahajud ternyata mampu memberikan manfaat bagi tubuh agar terhindar dari penyakit pernafasan. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus. Virus tersebut bisa menyerang tubuh karena lingkungan yang tidak sehat, kurangnya menjaga kesehata tubuh, mengonsumsi makanan sembarangan dan lain-lain.

Jika kamu ingin terhindar dari penyakit pernafasan, lakukanlah sholat Tahajud setiap malam. Agar tubuh kamu akan terjaga kesehatannya dan derajat kamu akan di naikkan oleh Allah swt.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sholat Tahajud mampu menjaga tubuh dari resiko serangan jantung. Berdasarkan penelitian, jika seseorang melakukan sholat Tahajud setiap malam, maka ia akan terhindar dari resiko penyakit jantung, mengapa demikian? Karena sholat di malam hari dalam keadaan hening akan menenangkan tubuh dan mengontrol emosi agar stabil.

Dari ketenangan tersebut, imun dalam tubuh manusia akan terjaga dan lebih kuat. Kemudian tubuh kamu akan selalu merespon tindakan positif, mencegah resiko terkena penyakit jantung dan menjaga kesehatan tubuh.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Sholat Tahajud mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia untuk melancarkan peredaran darah. Karena sholat Tahajud di kerjakan pada malam hari dan udara pada saat itu segar dan sehat, hal itulah yang menyebabkkan lancarnya peredaran darah pada tubuhmu. Selain itu, kamu di sunahkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum sholat Tahajud.

Karena hal tersebut juga mampu melancarkan peredaran darah pada tubuh.

4. Mencegah Sakit Pinggang

Sholat Tahajud mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh untuk mencegah terjadinya sakit pada pinggang. Hal tersebut di karenakan semua gerakan saat sedang sholat mampu meregangkan tubuh dengan baik. Jika kamu melaksanakan sholat Tahajud di malam hari, maka secara otomatis tubuhmu akan melakukan peregangan secara alami dan sehat.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sholat Tahajud mampu menjaga daya tahan tubuh manusia. Rasulullah tidak pernah melewatkaan sholat Tahajud, walaupun beliau sedang sakit. Selain itu, Rasulullah pernah bersabda jika orang yang meninggalkan sholat Tahajud maka ia termasuk orang yang merugi. Sholat Tahajud di percaya mampu menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

6. Mencerahkan Wajah

Jika kamu sering melaksanakan sholat Tahajud, maka wajah kamu akan terlihat cerah dan bersinar. Dalam hadist Islami memang sudah di sebutkan kalau orang yang menunaikan sholat Tahajud akan memancarkan cahaya ketakwaan. Selain itu, hal tersebut juga di benarkan secara medis. Air yang di basuhkan ke wajah/tubuh akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Karena air pada jam 2 sampai 4 pagi mengandung zat yang sangat baik bagi kesehatan wajah. Maka dari itu, laksanakanlah sholat Tajahud setiap malam. Karena hal itulah yang akan melancarkan segala urusan kehidupan kamu.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami bagikan dan jelaskan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sholat Tahajud memang tidak wajib untuk di laksanakan. Tetapi sholat Tahajud mampu memberikan manfaat yang baik bagi diri sendiri, baik itu dari segi kehidupan maupun kesehatan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!