8 Manfaat Teh Tawar Hangat Bagi Tubuh Manusia


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan tentang 8 Manfaat Teh Tawar Hangat Bagi Tubuh Manusia. Apakah di sini dari kamu semua banyak yang menyukai teh? Berapa kali dalam sehari kamu minum teh?

Teh ialah minuman yang sudah tidak asing lagi di dengar, apalagi bagi orang Indonesia. Minum teh paling cocok jika di nikmati pada saat pagi dan sore hari. Karena di saat waktu tersebut, paling enak jika perut terkena teh hangat.

Tetapi, saat ini banyak sekali orang yang menyukai teh yang manis, mereka biasa mencampurkan teh dengan gula supaya rasanya manis dan tidak tawar. Padahal teh tawar itu lebih baik bagi tubuh manusia, di bandingkan jika di campur gula.

Alasan banyak orang yang mencampurkan teh dengan gula ialah karena rasanya yang pahit/tawar. Padahal jika teh di campur dengan gula, maka bisa saja kamu terkena resiko diabetes. Apalagi jika kamu sering mengkonsumsinya.

Banyak fakta yang mengungkapkan bahwa minum teh tawar lebih baik daripada teh manis. Hal tersebut di karenakan teh tawar memiliki kandungan zat yang penting bagi tubuh. Zat tersebut ialah, Polifenol, L-theanin dan Antioksidan.

Lalu, apa saja manfaat teh tawar bagi tubuh? Simak artikel ini sampai selesai.

8 Manfaat Teh Tawar Hangat Bagi Tubuh Manusia

1. Mengontrol Kadar Gula

Tahukah kamu? Jika kamu mengkonsumsi teh setiap hari, apalagi jika teh tersebut tawar dan tidak di tambahkan dengan pemanis, maka teh tersebut bisa mengontrol kadar gula di dalam tubuh manusia. Manfaat teh pahit tersebut di hasilkan dari kandungan polifenol di dalam teh tersebut.

Polifenol sangat berperan bagi tubuh manusia dalam meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, sehingga kadar gula di dalam tubuh kamu tetap terjaga dengan baik. Sebaliknya, jika kamu mencampurkan teh dengan gula, maka kamu akan mengalami kenaikan kadar gula.

Jadi, kamu mau pilih yang mana? Teh tawar atau manis?

2. Melancarkan Darah

Ternyata teh tawar hangat mampu berperan sebagai obat herbal untuk melancarkan darah loh. Hal tersebut di sebabkan oleh kandungan polifenol yang ada di dalam teh. Nah hal tersebut bisa terjadi karena polifenol berperan dalam menghalau pertumbuhan plak pada pembuluh darah.

Maka dari itu, pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan yang bisa menyebabkan komplikasi yang serius dan bahkan mengancam nyawa. Kamu bisa mengkonsumsi teh tersebut seperti teh oolong, teh hitam dan teh hijau.

3. Mengurangi Kolesterol

Ternyata dengan kamu mengkonsumsi teh tawar yang hangat, teh tersebut memiliki manfaat yaitu bisa mengurangi kolesterol. Kolesterol ialah jenis lemak jenuh yang harus di jaga kadarnya dan jangan sampai berlebihan.

Kolesterol bisa menjadi pemicu timbulnya sejumlah penyakit yang berbahaya, contohnya penyakit kardiovaskular atau stroke dan jantung. Nahh cara untuk mengurangi kadar kolesterol tersebut ialah dengan mengkonsumsi teh tawar hangat setiap pagi dan sore.

Teh tawar efektif dalam menurunkan kadar kolesterol hingga mencapai 11%. Lalu, jenis teh apa yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh? Komsumsilah teh hitam, jenis teh tersebut yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Meminimalisir Terkena Kanker

Tahukah kamu? Kalau kamu sering mengkonsumsi teh tawar hangat, maka teh tersebut bermanfaat bagi tubuh kamu loh. Apa itu manfaatnya? Manfaatnya ialah mampu meminimalisir resiko terkena penyakit kanker.

Mengapa bisa begitu? Karena teh tawar memiliki kandungan 2 zat penting yaitu polifenol dan antioksidan. Zat tersebut mampu menghalau serangan radikal bebas yang bisa menjadi pemicu kerusakan sel-sel pada tubuh manusia.

Nah jika sel tersebut rusak, maka bisa jadi akan berdampak pada terkenanya kanker.

5. Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi teh tawar hangat mampu mengurangi/mencegah penuaan dini loh. Mengapa bisa terjadi? Karena teh tawar memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu untuk menangkal proses oksidasi di dalam tubuh manusia.

Dengan hal tersebut, jika kamu mengkonsumsi teh tawar secara rutin, maka kamu akan tahan terhadap potensi gangguan kesehatan kulit, contoh seperti penuaan sejak dini. Penuaan dini memang menjadi hal yang paling di takutkan oleh banyak orang.

Maka dari itu konsumsilah teh tawar yang hangat untuk menghindari terjadinya penuaan dini.

6. Melegakan Tenggorokan

Jika kamu lebih suka mengkonsumsi teh tawar hangat, maka hal tersebut mampu membantu melegakan tenggorokan kamu loh. Selain melegakan tenggorokan, minum teh tawar hangat juga mampu mengatasi rasa sakit/gatal pada tenggorokan.

Selain itu, kandungan L-theanin di dalam teh tawar juga berfungsi sebagai obat untuk gejala flu dan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Dengan hal itu, maka kamu akan terhindar dari flu fan kekebalan tubuhmu akan semakin kuat hanya dengan mengkonsumsi teh tawar.

7. Diet

Tahukah kamu, jika kamu sedang menjalankan proses diet, maka di sarankan untuk mengkonsumsi teh tawar hangat. Mengapa demikian? Karena teh tawar mampu membantu seseorang di saat sedang menjalankan program diet.

Penelitian tersebut sudah di buktikan di negara Jepang. Banyak orang jepang yang mengkonsumsi teh tawar hangat guna membantu program dietnya. Teh tawar di klai efektif dalam membantu pembakaran lemak tubuh.

8. Mencegah Dehidrasi

Mengkonsumsi teh tawar hangat mampu membantu seseorang dalam mencegah dehidrasi tubuh. Selain memperbanyak minum air putih, minum teh tawar ternyata lebih ampuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Teh yang mampu mencegah dehidrasi tubuh ialah teh hitam. Teh hitam di klaim mampu meningkatkan aktivitas hidrasi tubuh manusia. Konsumsilah teh hitam tawar di saat kamu habis melakukan aktivitas yang berat.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 8 Manfaat Teh Tawar Hangat Bagi Tubuh Manusia. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Saat ini banyak sekali orang yang lebih gemar minum teh yang manis, padahal manfaatnya lebih banyak jika kamu mengkonsumsi teh tawar. Karena teh tawar mampu menghindari kamu dari penyakit diabetes.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!