5 Strategi Bisnis Marketing Supaya Usaha Kamu Berkembang


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan 5 Strategi Bisnis Marketing Supaya Usaha Kamu Berkembang. Membangun Sebuah usaha merupakan ide yang sangat menggiurkan bagi seseorang.

Entah itu usaha dengan skala yang besar maupun kecil. Dalam membangun usaha, kamu harus membutuhkan suatu strategi marketing yang tepat, supaya bisnis kamu bisa berkembang dengan baik. Selain itu, kamu juga harus bisa menyesuaikan dana yang kamu miliki.

Kalau kamu hanya memiliki dana yang tidak terlalu besar, kamu bisa saja membuka usaha kecil-kecilan. Tapi jangan sampai situ saja, kamu juga harus bisa membangun usaha kamu yang tadinya kecil-kecilan bisa menjadi usaha yang ber-skala besar.

Karena dana yang kecil bukan sebuah halangan bagi seorang yang ingin berusaha. Banyak sekali usaha yang bisa di jalankan dengan dana yang tidak terlalu besar. Tetapi, bantuan teknologi saat ini sangat berperan besar dalam sebuah usaha yang kamu bangun.

Teknik pemasaran pun bisa kamu lakukan lewat sosial media, contoh seperti kamu membangun sebuah toko online untuk membantu mengembangkan usaha kamu. Hal tersebut bisa meminimalisir dana yang harus di keluarkan.

Meskipun kamu membuka usaha hanya dengan dana yang tidak terlalu besar, kamu pasti mempunyai sebuah keinginan untuk mengembangkan usaha kamu supaya bisa berkembang ke skala yang sangat besar, bagaimana cara mengembangkan usaha kecil tersebut?

Penasaran? Simak artikel kali ini sampai selesai.

5 Strategi Bisnis Marketing Supaya Usaha Kamu Berkembang

1. Membangun Sebuah Brand Yang Kuat

Pertama kamu harus bisa membangun sebuah brand yang kuat. Branding adalah salah satu hal yang krusial yang harus kamu bangun dari awal kamu membuka usaha. Walaupun usaha yang kamu jalankan masih dalam skala yang kecil, kamu harus bisa memulai membangun citra yang bagus.

Dan kamu harus bisa meningkatkan brand awareness, supaya orang lain sadar dengan usaha yang kamu jalankan/bangun. Mulai dari memperkenalkan identitas usaha tersebut ke banyak orang, melalui sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

Identitas usaha yang kamu bangun harus mengamdung informasi yang terkait dengan apa yang kamu jual, apa tujuan usaha kamu dan bagaimana persaingan bisnis kamu saat ini. Beritahulah kepada pelanggan kamu tentang kelebihan yang ada pada usaha kamu.

Kamu juga harus bisa memberikan alasan kenapa pelanggan tersebut harus membeli produk yang kamu jual. Jangan sampai lupa juga, kamu harus memberikan sesuatu yang unik dan berbeda dengan usaha yang lainnya.

Karena hal tersebut bisa membuat pelanggan kamu semakin tertarik dan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan kamu.

2. Buatlah Logo Yang Unik dan Menarik

Kedua adalah kamu harus bisa membuat logo yang unik dan menarik. Kalau kamu memiliki usaha yang bagus dan berjalan dengan baik, alangkah baiknya kamu juga harus membuat logo usaha kamu yang unik dan menarik.

Karena bagaimanapun, logo yang kamu buat sangat menempel dengan sebuah identitas usaha kamu. Logo yang kamu buat harus bisa mengandung makna tentang usaha yang kamu bangun. Kalau kamu tidak bisa membuat logo yang unik dan menarik, kamu bisa saja menyewa jasa pembuat logo (Freelance Grapic).

Dengan cara kamu membuat logo yang unik dan menarik, hal tersebut mampu membuat pelanggan kamu semakin tertarik dengan produk-produk yang kamu jual/tawarkan.

3. Membuat Konten

Ketika adalah kamu harus bisa membuat sebuah konten. Internet adalah salah satu cara yang paling jitu dalam melaksanakan sebuah strategi bisnis marketing untuk usaha yang kamu bangun/jalankan, apalagi kalau bisnis/usaha yang kamu bangun masih di bilang kecil-kecilan.

Dengan internet, kamu bisa membangun brand awareness tentang usaha kamu, sekaligus bisa untuk mempromosikan produk yang kamu jual, supaya bisa lebih laris lagi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membuat tulisan/artikel blog pada situs komunitas secara unik dan menarik.

Setelah itu, kamu di wajibkan untuk mencantumkan link usaha kamu. Strategi tersebut adalah strategi bisnis marketing yang paling efektif dan sederhana. Kamu bisa memulai menulis sebuah konten tentang usaha yang kamu bangun, bisa lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

4. Melakukan Riset Pasaran

Keempat adalah kamu di haruskan untuk melakukan riset pasaran. Karena trend pasar selalu berubah-ubah. Maka dari itu kamu harus sering melakukan riset pasaran walaupun hal tersebut masih di bilang riset kecil-kecilan.

Tujuan dari hal tersebut adalah supaya kamu bisa memahami kepuasan para pelanggan terhadap produk yang kamu jual/tawarkan, bisa juga untuk mengetahui tren yang sedang ramai di pasaran. Dengan hal tersebut, maka kamu akan mempunyai banyak bekal untuk menentukan arah usaha/bisnis kedepannya.

Kalau kamu sudah mengetahui trend yang sedang ramai/di gemari banyak orang, tentu kamu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing. Supaya kedepannya kamu tidak akan kalah dengan pesaing usaha kamu.

5. Manfaatkan Sosial Media

Kelima adalah kamu harus memanfaatkan sosial media. Tidak hanya menggunakan Facebook saja, kamu bisa juga menggunakan semua jenis sosial media untuk memaksimalkan strategi bisnis marketing yang sedang kamu jalankan.

Banyak sekali platform sosial media yang bisa kamu gunakan untuk sarana promosi bisnis yang kamu jalankan, seperti Instagram, Twitter dan juga Youtube. Sampai saat ini, Instagram menjadi platform yang paling efektik dan terbaik sebagai media promosi usaha/bisnis.

Dengan menggunakan media Instagram, kamu bisa dengan mudah memperlihatkan/menawarkan produk-produk dari usaha kamu. Sebarkanlah foto-foto produk kamu yang unik dan menarik, jangan lupa untuk selalu menggunakan caption dan hastag.

Instagram sudah terbukti menjadi sarana pemasaran/promosi sebuah produk yang paling efektif dan sederhana bagi usaha yang masih kecil-kecilan. Kalau kamu mau meningkatkan awareness, kamu bisa menggunakan Instagram Ads, supaya produk kamu muncul pada beranda pengguna lainnya.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini, semoga apa yang saya bagikan dan saya sampaikan bisa bermanfaat buat banyak orang, terutama bagi kamu yang ingin membangun sebuah usaha/bisnis.

Strategi bisnis marketing memang hal yang sangat penting untuk di lakukan oleh orang yang mau membangun sebuah usaha/bisnis. Pelajarilah semuanya tentang bagaimana cara agar membuat usaha yang kamu bangun semakin berkembang.

Terima kasih sudah mampir ke artikel kali ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!