6 Tips Dan Cara Memelihara Kelinci Lokal Dengan Baik Dan Benar

sumber foto: fambos.com

masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa 6 Tips Dan Cara Memelihara Kelinci Lokal Dengan Baik Dan Benar. Kelinci lokal ialah jenis kelinci yang asalnya asli dari Indonesia.

Kelinci lokal sudah tersebar di daerah Indonesia, seperti halnya di Pulau Jawa. Cara memelihara/ternak kelinci lokal sebenarnya sama saja seperti memelihara kelinci biasanya. Bahkan, memelihara kelinci lokal lebih mudah daripada kelinci anggora.

Kelinci lokal juga memiliki beberapa kelebihan dari kelinci yang lain. Jika kamu mau beternak kelinci lokal, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Karena harga induk kelinci lokal lebih murah.

Dan jenis kelinci lokal tersebut memiliki daya tahan tubuh yang baik dan kuat, maka dari itu kelinci lokal insyaAllah tidak mudah terkena sakit.

Lalu, bagaimana tips dan cara memelihara kelinci lokal? Simak artikel ini sampai selesai.

6 Tips Dan Cara Memelihara Kelinci Lokal Dengan Baik Dan Benar

1. Persiapkanlah Tempat

Pertama, kalau kamu mau beternak kelinci lokal, kamu harus menyiapkan sebuah tempat yang nyaman dan aman untuk kelinci tersebut. Karena cara beternak kelinci lokal yang pertama kamu harus perhatikan ialah lokasinya.

Lokasi yang cocok untuk kelinci lokal ialah lokasi yang dekat dengan sumber air, jauh dari kebisingan dan pastikan kelinci tersebut berada di tempat yang nyaman dan aman dari binatang pemangsa.

2. Siapkanlah Kandang

Kedua, kamu harus menyiapkan kandang untuk kelinci lokal yang kamu ternak. Buatlah/siapkanlah kandang kelinci yang kiranya berukuran sedang, jangan terlalu kecil karena bisa beresiko terhadap kelinci tersebut.

Usahakan, kandang yang di buat bisa di pisahkan antara kandang jantan, kandang indukan dan kandang yang akan di gunakan untuk masa pembesaran kelinci tersebut. Supaya kelinci yang kamu ternak bisa hidup sehat dan tidak ringkih.

3. Pilih Bibit

Ketiga, ketika kamu beternak kelinci lokal, kamu harus bisa memilih bibit yang berkualitas. Karena bertujuan untuk memperoleh keturunan yang baik dan berkualitas. Kamu bisa memilih bibit tersebut dari keturunan induknya yang memiliki postur badan yang besar, lincah dan sehat.

Kamu juga harus memilih bibit yang memiliki kepala besar dan lubang hidung yang lebar. Untuk bagian maka juga harus terlihat jernih dan apik, pilih kelinci yang bulunya halus dan mengkilap, supaya kamu mendapatkan hasil yang berkualitas dari ternak tersebut.

4. Proses Perkawinan

Keempat, ketika kamu beternak kelinci, kamu harus bisa mengetahui kapan waktunya kelinci menjalani proses perkawinan. Jika kamu mau kawinkan kelinci lokal, usahakan kelinci tersebut berusia 5 sampai 6 bulan untuk induk betina.

Sedangkan 6 sampai 8 bulan untuk kelinci jantan. Kelinci betina yang sudah siap untuk di kawinkan ialah yang sudah terlihat gelisah, sering menggosokkan dagunya ke bagian kandang dan ketika kelinci jantan mendekat, maka si betina akan diam saja.

Jika sudah begitu, maka kelinci tersebut berarti siap untuk di kawinkan.

5. Masa Kehamilan

Keempat, ketika proses perkawinan kelinci telah selesai, maka kehamilan kelinci lokal berkisar antara 29 sampai 32 hari. Jika kehamilan sudah mencapai 27 hari, maka kelinci tersebut segera mungkin di pindahkan ke kandang yang khusus untuk melahirkan.

Kemudian kelinci betina tersebut akan menyiapkan tempat yang nyaman dan aman untuk anak-anaknya. Alangkah baiknya, kamu sediakan kapas/kain yang bisa untuk di tempatkan oleh anakan dari kelinci tersebut.

6. Perawatan

Keenam, cara ternak kelinci lokal yang terakhir ialah proses perawatan kelinci. Kalau kamu ingin ternak kelinci lokal, kamu bisa merawat kelinci tersebut dengan mudah. Mulai dari jenis makanannya, kelinci lokal biasa memakan rumput hijau dan sayuran.

Kelinci lokal bisa juga di beri nasi putih dan pelet yang khusus untuk kelinci. Kamu harus memperhatikan ketika pemberian pekan dan air minum di saat kelinci betina sedang hamil dan proses menyusui.

Jangan sampai kamu telat memberi makanan dan minuman, karena kelinci membutuhkan banyak asupan untuk masa pertumbuhan anak-anak kelincinya.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang 6 Tips Dan Cara Memelihara Kelinci Lokal Dengan Baik Dan Benar. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bemanfaat buat banyak orang.

Untuk ternak kelinci lokal, sebenarnya mudah dan simpel. Namun, kamu harus perhatikan tips dan cara di atas supaya kelinci yang kamu ternak sehat selalu, tidak ringkih dan tidak cepat mati. Karena kesalahan sedikit terhadap kelinci lokal yang kamu ternak, bisa berakibat fatal.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa share ke teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!