5 Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan, Khusus Untuk Pemula Yang Ingin Memulai


masdejay.com - Halo semuanya... di artikel kali ini saya akan membagikan 5 Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan, Khusus Untuk Pemula Yang Ingin Memulai. Membangun sebuah usaha untuk saat ini memang sangat menjanjikan.

Lalu, apakah kamu seorang pekerja dengan gaji yang datangnya hanya setiap bulan? Dan kamu ingin memiliki uang sampingan yang lumayan untuk menabung? Nahh, membangun usaha sampingan bisa menjadi jalan keluarnya.

Usaha sampingan bisa menjadi pilihan yang bebas buat kamu yang hanya menunggu gajian setiap bulan saja. Tentu hal tersebut sangat membosankan bukan? Apalagi jika kamu mempunyai pengeluaran yang banyak.

Namun, kendala yang saat ini menjadi alasan utama mengapa banyak orang tidak membangun usaha sampingan adalah dari modalnya. Banyak di antara kita yang beranggapan tanpa modal yang besar, maka usaha sampingan yang kamu bangun tidak akan berkembang.

Kalau kamu memiliki modal yang pas-pasan, kamu bisa saja meminjam uang ke orang lain/bank. Saran yang paling baik adalah meminjam uang di bank.

Okey kita bahas lagi tentang usaha kecil-kecilan tersebut.

Bagi kamu yang sedang kebingungan ingin memulai usaha kecil-kecilan dan kamu tidak tau usaha apa saja yang bisa menguntungkan juga, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

5 Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan, Khusus Untuk Pemula Yang Ingin Memulai

1. Menjual Pulsa

Pertama adalah kamu bisa membuka usaha sampingan dengan cara menjual pulsa. Saat ini, hampir semua orang menggunakan telepon genggam. Dan telepon genggam tersebut di gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Nah untuk berkomunikasi, orang pasti membutuhkan pulsa, sebagai jalan untuk bisa berkomunikasi lewat telepon genggam. Kalau kamu mencari usaha sampingan yang hanya membutuhkan modal di bawah 1 juta, kamu bisa menjual pulsa di rumah kamu.

Usaha tersebut sangat mudah dan bisa di bilang santai. Tanpa modal yang besar dan waktu yang fleksibel. Itulah kelebihan dari usaha sampingan dengan menjual pulsa elektrik. Kamu hanya perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik online.

Kemudian kamu bisa melakukan deposit dari modal yang kamu punya. Setelah itu kamu bisa memulai untuk menjual pulsa elektrik dengan harga yang bisa kamu tentukan pajaknya. Omset dari berjualan pulsa jangan di anggap remeh loh guys.

Omset berjualan pulsa bisa mencapai jutaan rupiah per-bulannya, cocok banget kan buat usaha sampingan kamu? Karena saat ini, di era modern ini semua orang sudah mempunyai telepon genggam yang di pastikan membutuhkan pulsa.

2. Membuka Jasa Desain Grafis

Kedua adalah kamu bisa membuka jasa desain grafis. Memang sih, tidak semua orang mempunyai keahlian tersebut. Tetapi jika kamu bekerja di bidang desain grafis ataupun kamu memiliki keahlian dalam menciptakan desain grafis, maka kamu bisa menghasilkan uang lebih dari membuka jasa tersebut.

Sistemnya sama seperti pekerja lepas. Kamu bisa mencari pelanggan jasa kamu di internet, terutama sosial media. Mulailah usaha membuka jasa desain grafis dan promosikan usaha tersebut ke internet dan sosial media.

Karena saat ini banyak sekali pengguna internet yang sangat membutuhkan jasa desain grafis. Kamu bisa membuat desain kartu nama, logo perusahaan, gambar maskot, poster, both, interior dan masih banyak lagi.

Usaha tersebut mempunyai bayaran yang bervariasi, tergantung tingkat kesulitannya dalam mengedit desain tersebut dan kualitas dari desain yang di minta. Modal yang kamu perlukan adalah hanya membutuhkan keahlian kamu dalam bidang desain grafis.

3. Menjadi Influencer Di Sosial Media

Ketiga adalah kamu bisa menjadi seorang influencer di sosial media. Jika kamu merupakan pengguna sosial media yang sangat aktif, maka arti dari influencer sosial media mungkin menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi.

Saat ini sudah banyak sekali influencer di sosial media, yang bekerjanya hanya memproduksi konten di sosial media, baik itu di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan lain-lain. Semua orang bisa melakukan hal tersebut.

Tergantung kemauan dari seseorang tersebut.

Hal terpenting dari usaha sampingan tersebut adalah membutuhkannya followers/pengikut. Kalau kamu belum memiliki banyak followers, kamu harus memulai mengembangkan jumlah followers kamu di sosial media.

Tentukan konten yang mau kamu ciptakan, bisa video, gambar, kalimat dan lain-lain. Yang terpenting adalah konten kamu berkualitas, unik, menarik, bermanfaat dan menghibur buat banyak orang. Jangan sampai kamu membuat konten yang tidak ada maksudnya atau tidak jelas.

Kamu harus aktif dalam menciptakan sebuah konten yang berkualitas dan informatif, sehingga jumlah followers/pengikut kamu terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dan setelah di rasa cukup banyak, kamu bisa membuka jasa paid promote/endorse.

Dengan hal tersebut, kamu akan menjadi seorang influencer di sosial media dan bisa mendapatkan uang sampingan yang lumayan besar.

4. Membuat Blog

Keempat adalah kamu bisa membuat blog untuk menjadikan hal tersebut sebagai usaha sampingan/kecil-kecilan. Usaha sampingan tersebut bisa di bilang tidak memerlukan modal sama sekali. Karena kamu hanya membutuhkan laptop dan internet.

Memulai blogging merupakan cara termurah dan sederhana bagi kamu yang mau mendapat penghasilan sampingan. Kelemahannya hanya terletak pada waktu yang kamu butuhkan untuk memulai blogging.

Untuk memulai blogging, kamu bisa menggunakan platform blogging gratis yang ada di Google, yaitu blogspot.com. Setelah itu, kamu bisa memulai untuk mengisi artikel dan mempromosikannya di sosial media, supaya banyak pengunjungnya.

Tulisan tersebut bisa berupa artikel yang informatif atau pengalaman tentang semua yang pernah kamu lewati, supaya bisa membuat pembaca merasa mendapat sebuah solusi yang baik. Tetapi untuk membuat konten artikel di blog, kamu jangan sampai melakukan tindakan copy paste.

Seiring berjalannya waktu, blog kamu bisa mendapatkan visitor yang banyak dan mendapatkan pelanggan tetap. Lalu kamu bisa mendaftarkan blog kamu ke Google Adsense dan kamu bisa memulai memasang iklan untuk mendapatkan uang dari blog.

Setiap pengunjung yang klik iklan tersebut, maka kamu akan menerima uang dari Google Adsense.

5. Jasa Les Privat

Kelima adalah kamu bisa membuka jasa les privat. Keahlian yang kamu miliki bisa kamu bagikan kepada semua orang dan bisa mendapatkan uang dari keahlian tersebut. Baik itu keahlian dalam bidang pendidikan ataupun keahlian dalam bidang musik.

Kalau kamu tidak memiliki tempat untuk mengadakan les privat, kamu bisa saja mengunjungi rumah murid kamu dan mengajar di rumah mereka. Modal yang paling penting dari jasa tersebut adalah keahlian yang kamu miliki.

Saat kamu mau mengembangkan usaha tersebut, maka kamu bisa memikirkan untuk merental tempat dan mengatur waktu untuk bisa mengajar les privat. Biaya yang kamu tentukan untuk les private ialah tergantung pada kemampuan kamu.

Jika kemampuan kamu banyak dan menguasai semuanya, maka kamu bisa mengatur biaya les privat. Dan kamu bisa saja mengatur biaya les privat tersebut bergantung pada tingkat kesulitannya dan waktu yang di butuhkan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel ini, semoga apa yang saya bagikan dan saya sampaikan bisa bermanfaat buat banyak orang.

Bisnis/usaha sampingan memang saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama bagi kamu yang hanya menunggu gaji setiap bulan saja. Dengan membangun bisnis sampingan, kamu bisa mendapatkan uang kapan saja.

Kamu bisa juga menggunakan uang dari usaha sampingan tersebut untuk keperluan sehari-hari, dan uang gajian per-bulan dari kamu kerja bisa di manfaatkan untuk di tabung.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu ya.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, see u guys!