Gawat! 5 Bahaya Keseringan Makan Bakso

bahaya keseringan makan bakso
sumber: pergikuliner.com

Masdejay.com - Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang sangat di gemari oleh seluruh masyarakat. Bakso memiliki rasa yang lezat dan bentuk yang unik, yaitu bulat. Bakso biasa di hidangkan menggunakan kuah yang panas.

Bakso paling mantap jika di santap dengan campuran sambal, saus dan kecap. Maka tidak heran lagi jika para penjual bakso selalu menyediakan sambal, saus dan kecap. Mengonsumsi bakso paling pas dan nikmat yaitu saat cuaca sedang dingin atau hujan.

Udara dan suasana yang dingin akan begitu komplit jika sambil menikmati hidangan bakso. Memang sih bakso sudah menjadi makanan favorit banyak orang. Namun banyak juga orang yang mengonsumsi bakso secara rutin.

Padahal hal itu sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bisa saja orang yang mengonsumsi bakso secara berlebihan alias rutin akan terkena berbagai macam penyakit. Apakah kamu mau terkena penyakit cuma gara-gara sering mengonsumsi bakso?

Ada beberapa bahaya yang akan menimpa jika kamu keseringan mengonsumsi bakso. Penasaran dengan Bahaya Keseringan Makan Bakso? Simak sampai selesai.

Bahaya Keseringan Makan Bakso

1. Hipertensi

Orang yang sering mengonsumsi bakso akan dengan mudah terkena hipertensi. Mengapa demikian? Karena bakso menggunakan bahan penyedap, contohnya vetchin atau MSG yang berlebihan. Kemudian, bahan tersebut akan meningkatkan kadar tekanan darah.

2. Gangguan Pada Sistem Saraf Otak

Mengonsumsi bakso secara berlebihan atau keseringan bisa menyebabkan seseorang terkena gangguan pada sistem saraf otaknya. Apalagi jika bakso yang di konsumsinya mengandung borak atau formalin sebagai bahan pengawet.

Baca juga: Bahaya Keseringan Makan Mie Ayam

3. Menyebabkan Sariawan

Jika kamu mengonsumsi bakso secara berlebihan, maka hal itu bisa menyebabkan timbulnya sariawan. Mengapa demikian? Karena bakso mengandung penyedap rasa yang akan menggerus rongga mulut dan bisa menyebabkan sariawan.

4. Berpotensi Terkena Penyakit Jantung

Orang yang sering mengonsumsi bakso dalam jumlah yang berlebihan akan berpotensi terkena serangan jantung. Apalagi jika bakso yang ia konsumsi mengandung borak dan formalin yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

5. Beresiko Keguguran

Wanita yang sedang mengandung, kemudian ia sering mengonsumsi bakso, maka ia akan beresiko terkena keguguran. Hal itu karena bakso selalu identik dengan di campurkannya cuka dan bahan penyedap yang bisa merusak organ janin di dalam kandungan.

Penutup

Itulah beberapa Bahaya Keseringan Makan Bakso. Oleh karena itu, sangat tidak di anjurkan bagi kamu untuk mengonsumsi bakso secara rutin. Karena dengan mengonsumsi secara rutin, tubuh akan lebih beresiko terkena berbagai macam penyakit.

Sumber: BolaStylo.com