Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menyebabkan Kematian?

bahaya menahan kencing bagi kesehatan tubuh

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan Tubuh. Buang air kecil (kencing) merupakan hal yang biasa di lakukan semua orang untuk membuang urine yang ada di dalam tubuh manusia, yaitu berupa air dalam tubuh yang sudah kotor. Tentu hal tersebut sangat baik bagi kesehatan.

Namun sebaliknya jika kamu seringkali menahan kencing selama berjam-jam. Kondisi tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu, atau bahkan bisa menyebabkan kematian. Menahan kecing seringkali kita lakukan pada saat tidur ataupun sedang menjalankan aktivitas. Jika kamu sudah merasa ingin kencing, maka sebaiknya segera ke toilet, jangan sampai di tunda-tunda.

Jika kamu tunda, maka yang akan kamu rasakan ialah rasa ketidaknyamanan saat bergerak ataupun sedang diam. Selain itu juga sangat beresiko bagi tubuh untuk terkena berbagai macam penyakit. Maka dari itu hindarilah kebiasaan menahan kencing. Lalu, apa saja Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan Tubuh? Simak artikel ini sampai selesai.

Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan Tubuh

1. Batu Ginjal

Seseorang bisa saja terkena penyakit batu ginjal jika ia seringkali menahan rasa buang air kecil (kencing). Karena jika kamu menahan buang air kecil, maka akan ada endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam asam, nah pembentukan tersebut di namakan nephrolithiasis. Segeralah untuk mengeluarkan endapan tersebut, karena jika tidak maka akan menimbulkan rasa sakit saat kencing.

2. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa terjadi jika kamu seringkali menahan kencing terlalu lama. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya bakteri yang tertampung pada uretra. Kemudian hal itu akan membuat kamu selalu ingin kencing dan akan merasakan nyeri di bagian uretra. Jika kamu menahan kencing, maka bakteri akan terkumpul dan bisa berkembang biak.

3. Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih akan terjadi jika kamu sering menahan buang air kecil (kencing). Hal itu di karenakan ada bakteri yang menumpuk dan berkembang biak dan juga akan lebih parah jika bakteri sudah menyebar ke ginjal. Infeksi tersebut mudah menyerang kaum wanita, karena saluran uretra wanita lebih pendek dan dekat dengan anus.

4. Membengkaknya Kandung Kemih

Kandung kemih akan membengkak jika kamu sering menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama. Biasanya kandung kemih hanya bisa menamping sampai 15 ons cairan dan cairan yang di komsumsi sebesar 64 ons. Nah hal tersebut sudah melewati  kapasitasnya. Maka dari itu kamu harus secepat mungkin untuk mengeluarkan urine tersebut agar kandung kemih tetap normal.

5. Kandung Kemih Menjadi Sensitif

Jika kamu sering menahan buang air kecil, maka kandung kemih pada tubuh kamu akan menjadi sangat sensitif. Hal tersebut di karenakan pembentangan kandung kemih sudah terlalu banyak menampung urine. Jika kandung kemih sudah sensitif, maka kamu akan sering mengalami rasa ingin buang air kecil yang tidak normal.

6. Disfungsi Buang Air Kecil

Disfungsi Buang Air kecil merupakan masalah yang terjadi akibat koordinasi kandung kemih dengan uretra tidak berjalan normal. Kondisi tersebut bisa berakibat buruk, contoh seperti mengompol, buang air kecil tidak tuntas dan kualitas seksual akan semakin menurun. Maka dari itu hindarilah menahan buang air kecil ketika sedang di mana saja.

7. Interstitial Cystitis

Interstitial Cystitis bisa terjadi karena terdapat infeksi bakteri yang bisa menyebabkan peradangan pada kandung kemih. Kondisi tersebut akan mengakibatkan nyeri pada bagian kandung kemih dan nyeri kronis pada pinggul. Hal itu bisa terjadi kepada seseorang yang seringkali menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama.

8. Kandung Kemih Meledak

Jika kamu sering menahan buang air kecil, maka kandung kemih bisa saja meledak, sangat mengerikan bukan? Hal tersebut memang benar adanya loh, bukan hanya omongan semata. Jika kandung kemih seseorang meledak, maka urine akan mengisi abdomen dan kondisi tersebut harus di sembuhkan dengan cara operasi.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Artikel ini kami bagikan bertujuan agar membantu seseorang mengetahui dampak negatif ataupun bahaya dari keseringan menahan buang air kecil (kencing).

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!