5 Bahaya Menggunakan Headset Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya menggunakan headset

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Bahaya Menggunakan Headset. Headset merupakan alat untuk mendengarkan musik dan di pasang pada kedua lubang telinga. Headset mempunyai 2 jenis, ada headset bluetooth dan ada headset yang menggunakan kabel.

Headset menjadi alat pendengar musik yang bisa membuat orang semakin betah menggunakannya. Karena headset hanya memfokuskan suara musik tersebut ke telinga saja, tidak sampai terdengar oleh orang lain. Namun, ada banyak orang yang tidak menyadari kalau menggunakan headset terlalu lama sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu banyak dokter yang menyarankan penggunaan headset jangan sampai 2 jam lebih, karena memiliki dampak yang buruk. Ada baiknya kamu mengetahui dampak negatif dari penggunaan headset. Lalu, apa saja Bahaya Menggunakan Headset? Simak artikel ini sampai selesai.

Bahaya Menggunakan Headset

1. Telinga Rusak Permanen

Banyak orang yang mengalami kerusakan permanen pada telinganya yang di sebabkan oleh penggunaan headset berlebihan. Saat ini kita bisa melihat banyak sekali orang yang menggunakan headset saat sedang beraktivitas, padahal hal tersebut tidak baik untuk kesehatan telinga.

2. Infeksi Telinga

Infeksi yang ada pada telinga bisa saja terjadi karena headset yang di gunakan kotor atau jarang di bersihkan. Padahal jika headset kotor atau jarang di bersihkan akan menimbulkan banyak kuman dan bakteri pada headset tersebut. Meminjamkan headset ke orang lain juga bisa berpengaruh terkena infeksi pada telinga.

3. Penyebaran Kuman Ke Telinga

Tahukah kamu bahwa headset merupakan tempatnya para kuman dan bakteri. Sebab headset seringkali di letakkan pada tempat yang terbuka dan terkena udara bebas. Nah dari situlah kuman dan bakteri akan menumpuk di headset, maka dari itu jangan sampai kamu menggunakan headset terlalu lama ya.

4. Otak Menjadi Rusak

Headset mampu menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian otak manusia. Hal tersebut di sebabkan oleh gelombang elektromagnetik yang ada pada headset tersebut. Biasanya gejala awalnya ialah pusing (sakit kepala), kemudian bisa menyebabkan infeksi pada bagian telinga dalam.

5. Telinga Menjadi Lelah

Jika kamu terus-terusan menggunakan headset selama berjam-jam, maka hal tersebut bisa menyebabkan telinga menjadi lemah. Karena telinga terus-terusan menerima stimulus dari suara secara berlebihan. Jika hal tersebut di abaikan, maka kamu bisa saja mengalami ketulian (budeg).

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Bahaya Menggunakan Headset. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan headset jangan berlebihan. Maksimal penggunaan headset tersebut paling lama adalah 2 jam, jangan sampai berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!