7 Cara Mengatasi Mimpi Buruk Yang Sangat Menggangu Saat Tidur

cara mengatasi mimpi buruk

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Cara Mengatasi Mimpi Buruk yang bisa terjadi pada saat tidur. Mimpi buruk merupakan mimpi yang sangat mengganggu di saat kita sedang tidur. Mimpi buruk ini terjadi dengan tidak di sengaja dan tidak di kehendaki. Mimpi buruk juga membawa dampak buruk bagi si pemimpi yaitu rasa cemas dan juga takut.

Apalagi kalau mimpi buruk tersebut sebuah peristiwa kecelakaan ataupun mimpi di kejar hantu. Bahkan mimpi yang terjadi pada saat tidur bisa terbayang-bayang kedalam pikiran sampai kedunia nyata. Bahkan hidup kita pun menjadi tidak tenang. Mimpi buruk ini juga sering melintas kedalam pikiran dan akan selalu terbayang-bayang.

Reaksinya akibat mimpi buruk ketika tidur secara tidak sadar, tiba-tiba menjerit bahkan sampai berteriak sampai terbangun dari tidur. Sungguh hal ini sangat mengganggu sekali. Apalagi kalau sudah terbangun dari tidur, ketika mau tidur lagi rasanya sulit sekali. Apalagi mimpi buruk ini hadirnya tidak kenal usia, baik orang dewasa, anak-anak sampai anak bayi juga bisa mengalami mimpi buruk ini.

Kenapa Bisa Muncul Mimpi Buruk?

Penyebab mimpi buruk muncul ternyata berbeda-beda pada setiap manusia. Ada karena gejala stres, tekanan yang disebabkan pekerjaan, hingga peristiwa hidup yang menyedihkan seperti kecelakaan sampai dengan kematian. Ada juga mimpi buruk terjadi di sebabkan oleh sihir dari orang jahat, orang yang tidak suka dengan keberadaan kita.

Orang jahat akan mengirimkan sihir ke dalam mimpi kita. Akibatnya kita akan mengalami mimpi buruk secara terus-menerus. Sementara itu ada juga orang yang bermimpi buruk di karenakan trauma karena pernah di buli, di ejek bahkan sampai di siksa. Hingga kehidupan nyatanya terbawa ke alam mimpi. Sehingga kejadian didunia nyata teralami kembali di alam mimpi, sehingga tidur pun terganggu.

Mimpi buruk juga dapat terjadi ketika sebelum tidur kita menonton film horor atau membaca buku horor. Dan ternyata hal ini dapat memicu otak kita merekam aktivitas sebelum tidur dan membawa ingatan tersebut sampai kita tertdiur, sehingga memunculkan imajinasi dalam otak dan terjadilah mimpi buruk.

Lalu, bagaimana Cara Mengatasi Mimpi Buruk agar tidak terjadi ketika sedang tidur? Simak artikel ini sampai selesai.

Kunjungi juga Media Informasi Kami: Mediasiana.com

7 Cara Mengatasi Mimpi Buruk

1. Hindari Stres Kerja

Stres kerja secara berlebihan akan berdampak buruk pada otak manusia, akibatnya otak akan terganggu dan terbayang-bayang dengan beban pekerjaan sampai-sampai ketika tidur memunculkan suatu peristiwa yang tidak terjadi di dunia nyata.

2. Jangan Menonton Film Horor atau Membaca Buku Yang Berunsur Horror

Menonton TV atau membaca buku yang horor sebelum tidur juga berdampak buruk pada kondisi tidur. Akibatnya film horor yang di tonton tersebut akan terbawa sampai kedalam tidur. Pikiran seseorang yang masih ada tersimpan memory aktivitas sebelum tidurnya terbawa sampai ke alam mimpi.

3. Jangan Banyak Mengonsumis Obat-obatan Secara Berlebihan

Kata dokter, jika kita mengonsumsi obat-obatan yang berlebihan akan dapat menganggu kerja pada otak manusia bahkan sampai kedalam sistem saraf manusia. Jadi bagi kalian yang suka mengonsumsi obat-obatan dan sering mengalami mimpi buruk maka ada baiknya jangan di teruskan mengonsumsi obat secara berlebihan.

4. Atur Waktu Tidur Dengan Baik

Mengatur waktu tidur bertujuan untuk mendapatkan waktu tidur yang ideal, kalau waktu tidur tidak di atur dengan baik maka sistem kerja otak juga akan bekerja tidak normal, alhasil ketika tidur dalam waktu yang tidak seperti biasanya maka mimpi buruk akan sering muncul karena badan atau fisik ini sudah lelah.

5. Berdo'a Sebelum Tidur

Berdo’a sebelum tidur adalah sebuah anjuran bagi setiap agama, baik itu agama Islam, Kristen, Budha atau yang lainnya pasti mengajarkan kepada umatnya agar berdo’a sebelum tidur, tujuannya adalah agar saat kita tertidur tidak di ganggu oleh setan atau sihir yang dikirimkan oleh orang yang berniat jahat kepada kita.

6. Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu sebelum tidur juga menjadi salah satu anjuran bagi agama Islam. Tujuan dari berwudhu adalah untuk mensucikan tubuh kita sekaligus memberikan stimulus pada kepala atau otak manusia agar dingin dan fisik menjadi lebih nyaman karena terkena air wudhu.

7. Jangan Berkhayal Yang Aneh-aneh Sebelum Tidur

Sebaiknya jangan banyak memandang ke atas ketika hendak tidur atau berkhayal, karena kalau banyak berkhayal juga akan membawa respon pada otak kemudian halayan tersebut terbawa sampai pada saat tertidur. Lebih baik lupakan saja peristiwa yang tidak menenakkan dan mulailah dengan hal baru ketika bangun tidur.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang Cara Mengatasi Mimpi Buruk. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Pada hakekatnya mimpi adalah bunga tidur namun tidak semua mimpi itu buruk ada juga baiknya. Jadi dalam hal ini mari kita berpikir postif pada hidup kita dalam sehari-hari, semoga kita semua bisa terhindar dari mimpi buruk tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!