7 Ciri-ciri Psikopat Yang Harus di Waspadai

ciri-ciri psikopat

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Ciri-ciri Psikopat. Apakah kamu pernah mendengar istilah psikopat? Psikopat merupakan kondisi psikologis pada seseorang yang terbilang serius kemudian mencakup ke dalam gangguan kepribadian. Psikopat selalu meniru emosi yang sebenarnya tidak ia rasakan dan tetap terlihat seperti orang biasa.

Psikopat seringkali bergaul seperti biasa dengan orang lain, menjalankan pekerjaannya dan akrab dengan keluarganya, hal tersebut yang menyebabkan orang lain tidak bisa mengetahui ciri-ciri psikopat. Ia tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga ia akan melakukan tindakan yang salah atau bahkan kriminalitas.

Tanpa kamu sadari, bisa saja di lingkungan kamu ada psikopat yang tidak terbaca ciri-cirinya dan seringkali berinteraksi dengannya. Psikopat tidak bisa membentuk rasa emosinya kepada orang lain, meskipun ia memiliki sifat yang hangat bahkan mempesona. Lalu, apa saja Ciri-ciri Psikopat? Baca artikel ini sampai selesai.

Ciri-ciri Psikopat

1. Arogan

Psikopat memiliki sifat yang arogan karena ia memiliki pandangan tinggi atas kemampuannya dan harga dirinya, percaya diri, dogmatis, sombong dan pembual. Psikopat juga memiliki sifat yang sombong, karena karena ia yakin bahwa dirinya adalah manusia yang paling unggul. Tetapi tidak semua orang yang arogan adalah psikopat.

2. Pintar Berbicara

Psikopat mempunyai karakteristik yang pintar dalam berbicara. Jika ada orang yang bilang bahwa psikopat lebih suka berdiam diri dan menyendiri, itu kesalahan besar. Justru psikopat lebih suka bertindak baik, menawan, cerdik, menarik dan pintar berbicara. Hal itu karena psikopat tidak pemalu, sadar diri dan tidak takut untuk berbicara apapun.

3. Pandai berbohong

Psikopat juga mempunyai sifat yang pandai dalam berbohong. Jika ia sedang dalam skala biasa, maka ia akan menjadi sosok yang cerdik, lihai, mahir, licik dan pandai berbicara. Namun jika psikopat tersebut sedang dalam skala parah, ia akan bersifat curang, menipu, tidak bermoral, manipulatif dan tidak jujur (bohong).

4. Mudah Bosan

Psikopat memiliki sifat yang mudah bosan dengan hal apapun. Psikopat mempunyai kedisiplinan yang rendah dalam menjalankan tugasnya, karena ia memiliki karakteristik yang mudah bosan. Psikopat tidak bisa bekerja dalam keadaan yang sama untuk jangka waktu yang lama, bahkan tugas yang ada tidak akan di kerjakan atau bosan.

5. Berperilaku Membahayakan

Psikopat seringkali berperilaku membahayakan ketika sedang bersama orang lain. Karena perilaku seperti menipu, berbohong, berkelahi, mencuri, merampas, zina dan membunuh merupakan hal yang menarik baginya. Psikopat sangat tertarik dengan perilaku yang antiososial dan beresiko tinggi walaupun tidak ada tujuannya.

6. Memiliki Rasa Tidak Bersalah

Psikopat memiliki sifat tidak bersalah. Ia tidak peduli, tidak memihak, hatinya dingin dan tidak mempunyai empati kepada orang lain. Maka dari itu psikopat tidak akan peduli dengan rasa sakit dan pederitaan korban. Walaupun korbannya merupakan keluarga, teman dekat atau masyarakat yang ada dalam lingkungannya.

7. Ketergantungan Pada Orang Lain (Parasit)

Psikopat mempunyai sifat yang ketergantungan kepada orang lain (parasit). Dalam hal materi, ia akan lebih egois, manipulatif dan memanfaatkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Karena psikopat tidak mempunyai motivasi, tidak disiplin dan tidak bisa menyelesaikan tanggung jawabnya. Ia akan selalu menjadi parasit seumur hidup.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Ciri-ciri Psikopat. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Artikel ini kami bagikan bertujuan agar kita bisa mengetahui ciri-ciri psikopat. Karena psikopat bisa saja ada dalam lingkungan sekitar tanpa ada yang mengetahui ciri-cirinya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!