Contoh Kalimat Berita Yang Benar dan Efektif

contoh kalimat berita

Masdejay.com - Jika kita mempelajari bahasa Indonesia pastinya pernah belajar tentang jenis kalimat. Salah satunya yaitu kalimat berita. Kalimat tersebut merupakan salah satu jenis sebuah kalimat yang berisikan pemaparan mengenai sebuah peristiwa ataupun informasi.

Apalagi kini anda bisa memperoleh berita terkini paling terbaru dari media besar yaitu inews. Memang ada banyak berita terbaru setiap harinya yang selalu dimunculkan. Dari sini kita pun harus mengerti apa yang dinamakan kalimat berita.

Kalimat tersebut memang bertujuan memberikan sebuah informasi penting kepada para pembaca atau bahkan pendengarkan. Dimana isinya tentu saja mengenai pengumuman yang nantinya akan disampaikan. Supaya lebih jelasnya, sebaiknya anda mengerti apa saja ciri dari kalimat berita.

Setiap kalimat tentu saja memiliki ciri tersendiri yang mampu membedakannya dengan kalimat yang lain. Dari pada terus merasa penasaran dengan cirinya, simak saja beberapa uraian di bawah ini:


  • Kalimat berita biasanya akan diawali huruf capital yang nantinya diakhiri pula dengan tanda titik. 
  • Apabila penyampaiannya secara lisan maka intonasi kalimatnya lebih bersifat datar.
  • Kalimat berita memang berisikan sebuah informasi tertentu. Semisal saja mengenai resep makanan.
  • Kalimat berita seringkali disertai fakta.


Dengan mengetahui berbagai macam ciri dari kalimat berita, semoga saja bisa membuat siapapun semakin paham dengan jenis kalimat tersebut. Dimana anda tidak lagi bingung membedakan kalimat itu dengan kalimat yang lain.

Mengenal jenis kalimat berita sekaligus contohnya.

Pastinya ada banyak sekali jenis kalimat berita yang bisa anda ketahui. Kali ini kita akan membahas mengenai jenisnya bahkan juga contoh kalimat berita. Supaya tidak merasa penasaran lagi, inilah berbagai macam jenis kalimat berita yakni:

Kalimat berita positif

Jenis kalimat berita ini memang berisikan sebuah pemberitahuan akan informasi tertentu. Jadi apa yang disampaikan bukan lagi pengingkaran. Biasanya kalimat ini tidak mempunyai kata pengingkaran seperti bukan atau tidak.

Contoh kalimat berita positif:


  • Budi menjadi pemenang perlombaan bola volley tingkat kabupaten.
  • Kota Bandung seringkali diterjang oleh banjir saat sore hari.
  • Hujan secara terus menurus mampu membuat warga semakin resah.
  • Keluarga Budi mengambil keputusan menghabirkan liburan ke Jepang.


Kalimat berita negatif

Jenis kalimat berita yang satu ini biasanya berisikan sebuah penyangkalan akan informasi tertentu. Bisa jadi kalimat ini kebalikannya dari kalimat berita positif yang kita bahas tadi. Biasanya ciri dari kalimat tersebut ada sebuah kata pengingkaran yang diikutkan yakni bukan atau tidak.

Contoh kalimat berita negatif:


  • Alan tidak jadi datang ke rumah tadi siang.
  • Laki-laki bersama Nia bukanlah bapaknya.
  • Orang dengan suara merdu itu ternyata bukan Siska.
  • Bapak guru tidak mampu memberikan pengumuman nilai ujian hari ini.


Kalimat berita langsung

Jenis kalimat berita yang satu ini memang memuat tentang sebuah informasi atau bisa dikatakan peristiwa yang berasal dari ujaran seseorang dan nantinya akan kembali disampaikan persis dengan aslinya. Cirinya tentu saja bisa anda lihat dari intonasi kalimat kutipan yang terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalimat bagian pengiringnya.

Contoh kalimat berita langsung:


  • Ayah berkata,”kamu boleh saja keluar rumah asalkan pulangnya sebelum isya”.
  • “Kalian harus mampu menjadi orang berguna,”kata ibu guru.
  • Evakuasi korban ternyata berhasil dilakukan,”ujar polisi saat konferensi pers.


Kalimat berita tidak langsung

Jenis kalimat berita yang satu ini biasanya sering disampaikan oleh orang lain hanya saja penyampaiannya tidak sama persis dengan pembicara aslinya. Penyampaiannya memang berbeda hanya saja untuk isinya tetap saja sama. Biasanya ciri dari kalimat yang satu ini untuk bagian intonasi akan menurun  pada bagian akhir kalimat.

Contoh kalimat berita tidak langsung:


  • Ibu menyuruh kami supaya membersihkan dapur besok.
  • Menteri Perikanan memberikan perintah kepada anak buah untuk menenggelamkan semua kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia.
  • Presiden perusahaan ini mengatakan jika mereka bakalan mempublikasikan produk terbarunya secepat mungkin.


Penutup

Kali ini anda pun menjadi semakin paham dengan yang dinamakan kalimat berita. Apalagi kalimat tersebut juga sudah terbagi menjadi beberapa jenisnya. Dengan menyimak penjelasan diatas pastinya memudahkan anda dalam memahami kalimat tersebut.

Mengapa harus bingung memahami kalimat berita jika memang anda bisa dengan mudah memahaminya melalui setiap ciri yang telah tersedia. Dari berbagai macam ciri kalimat berita yang telah tersedia ternyata mampu memudahkan banyak orang belajar tentang jenis kalimat ini.
Mempelajari lebih dalam mengenai jenis kalimat memang penting sekali. Apalagi untuk anda yang mengambil jurusan bahasa Indonesia sudah seharusnya mengerti akan kalimat yang satu ini.

Terlebih setiap jenis kalimat berita yang sudah ada juga menghadirkan beberapa contohnya. Dimana hal ini semakin memudahkan pembaca untuk memahami jenis dari kalimat berita.