8 Rekomendasi Game Edukasi Terbaik Untuk Anak-anak

game edukasi terbaik untuk anak

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Game Edukasi Terbaik Untuk Anak. Pada dasarnya game adalah sarana hiburan semata bagi kalangan anak-anak dan juga remaja. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi di dunia semakin maju hingga saat ini muncul lah jenis atau genre-genre game terbaru yang bisa di mainkan oleh semua kalangan.

Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan lansia pun tergila-gila dengan kemajuan teknologi gaming di dunia. Genre atau jenis game pun bermacam-macam, mulai dari game war, strategi, edukasi, moba dan masih banyak lagi.

Apa itu Game Edukasi?

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa rekomendasi game edikasi yang baik untuk anak-anak. Game Edukasi adalah salah satu genre game yang baik itu perkembangan otak si anak khususnya yang masih duduk di bangku TK dan Sekolah Dasar (SD). Mengapa demikian? Karena game edukasi selain memiliki manfaat sebagai media hiburan.

Game edukasi juga mampu meningkatkan kecerdasan otak kanan sekaligus bisa membuat anak lebih kreatif dalam mengelola imajinasi mereka. Game edukasi memang di peruntukkan bagi anak-anak agar mereka tidak hanya memanfaatkan game sebagai hiburan semata saja tapi juga sebagai pembelajaran unik dan menyenangkan.

Manfaat Game Edukasi Untuk Anak:

- Meningkatkan kreativitas anak
- Media hiburan sekaligus pembelajaran
- Media atau sarana pembelajaran unik dan menyenangkan
- Mengembangkan potensi otak khusus otak kanan anak.

Rekomendasi Game Edukasi Terbaik Untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi game edukasi yang bisa anda unduh untuk anak, agar anak bisa bermain game sambil belajar.

Simak juga40 + Puisi Cinta Romantis Paling Menyentuh Hati.

1. Memecahkan Balon

Kombinasi warna dan macam-macam warna pada game edukasi berikut ini bisa membuat anak mengenal dengan macam-macam warna serta bisa mengingat dan mengenalka pada anak warna-warna baru yang mungkin belum di ketahui untuk anak. Dengan cara memecahkan balon juga bisa membuat anak happy dan terhibur, karena balon sendiri cenderung lebih mengarah ke hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan yang menyenangkan pada anak.

2. Petak Umpet

Petak Umpet adalah game edukasi yang sangat bermanfaat bagi anak-anak. Karena anak akan di ajarkan untuk berfikir, mengidentifikasi warna dan benda sekaligus sebagai cara belajar unik untuk mengenalkan hal-hal baru pada anak. Permainan ini sangat cocok untuk anak anda yang baru mengenal nama-nama benda sehingga anak lebih mengenal sekaligus sebagai referensi tambahan untuk anak. Untuk itu anda harus mendampingi anak dalam bermain game ini untuk pertama kalinya.

3. Kids Preschool Puzzles

Game Kids Preschool Puzzles sangat cocok dimainkan untuk anak-anak khususnya yang baru mengenal warna dan macam - macam benda atau masih duduk di bangku paud. Selain itu game ini juga mengajarkan anak agar bisa mengimajinasikan gambar yang sekiranya akan terbentuk oleh pecahan puzzles tersebut.

4. Tablet Belajar: Gambar Mewarnai dan Permainan Bayi

Game edukasi berikut ini adalah game yang memiliki desain yang menarik. Warna-warni serta cerah  hal tersebut pasti akan di sukai oleh anak-anak . Baik anak laki-laki dan anak perempuan kecil bisa mengimajinasikan vision dan melatih kecerdasan intelektual anak melalui gambar hewan, menggambar, menghitung, dan juga terdapat permainan dengan gambaran bersama keluarga.

Hal tersebut pastinya akan banyak membantu anak anda dalam belajar sekaligus melatih psikologi anak sejak dini (balita), agar nantinya mereka bisa menjadi anak yang berbakti pada orang tua dan bisa menjadi harapan dari orang tua.

5. Game Matematika

Game ini di rancang dengan desain sederhana dan bisa digunakan di segala umur mulai dari anak-anak hingga orang tua bisa menikmati edukasi game berikut ini. Game Matematika adalah game yang di peruntukan untuk orang-orang khususnya melatih otak untuk belajar menghitung di mulai dari yang termudah hingga tersulit.

Simak juga25 + Template Blogger Responsif Gratis dan Seo Friendly.

6. Panda Kecil: Tata Rias Putri

Penting bagi orang tua untuk melihat potensi anak dari sejak dini agar orang tua juga bisa menyediakan fasilitas untuk anak mereka, salah satu contohnya adalah memilihkan game (hiburan) bagi anak. Kesesuaian minat anak akan di pengaruhi sejak dini salah satu game yang bisa meningkatkan ke kreatifitasan anak adalah dengan menyuguhkan apa yang anak sukai contohnya: Panda Kecil Tata Rias.

Game ini berisi tentang bagaimana cara si anak mengkreasikan busana serta perawatan bagi si boneka agar terlihat cantik. Hal ini bisa mengembangkan ide-ide kreatif anak kamu.

7.  Game Edukasi dan Lagu Anak

Berikutnya adalah salah satu game yang bisa mengarahkan anak agar lebih bisa mengingat tentang tangga nada, huruf dan semacamnya. Anak juga senantiasa akan senang dengan bermain permainan berikut ini karena selain menarik anak juga akan terinspirasi nantinya jika besar ia akan menjadi apa.

Game ini juga akan membuat kamu lebih mudah lagi melihat potensi apa yang ada dalam diri anak kamu, agar nantinya sebagai orang tua tidak salah jalur ketika memutuskan suatu hal di kemudian hari.

8. Permainan Matematika: Untuk Anak - Anak Kelas 1 & 2

Matematika sering kali menjadi ancaman dan kesulitan sendiri bagi anak khususnya dalam menempuh pelajaran yang setara dengan Sekolah Dasar pada umumnya. Oleh karenanya anda bisa mulai mendidik anak dan mengajarkan anak bagaimana cara bermain game yang baik sambil belajar menghitung.

Aplikasi berikut ini sangat cocok bagi anak yang bisa di kategorikan masih dibawah usia 7 - 8 tahun. Soal dan animasi yang keren membuat anak anda akan nyaman nantinya saat belajar Matematika. Nah ibu-ibu di rumah sudah mendapatkan inspirasi tentang game apa yang akan ibu dan bapak berikan untuk anak-anak dirumah.

Mengenalkan teknologi gadget kepada anak memang bisa di katakan penting tapi balik lagi ada porsi-porsi dan batasan yang harus bapak dan ibu terapkan dalam menjaga mental anak tersebut. Untuk itulah artikel ini kami publikasikan agar kelak bapak dan ibu bisa melihat masa depan yang cerah yang ada dalam diri anak ibu dan bapak sekalian.

Karena masa kecil itu penting dan pada masa itulah anak akan senantiasa melihat dan memahami sedikitnya apa yang baik dan buruk untuk dilakukan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Game Edukasi Terbaik Untuk Anak-anak. Kurang lebihnya mungkin bapak dan ibu di rumah bisa menyesuaikan apa yang baik dan juga buruk untuk anak-anak dan bagaimana kamu bisa membuat anak tersebut tetap belajar meskipun itu dalam keadaan bermain game, baik visual maupun kinestikal.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!