Manfaat dan Bahaya Dari Paparan Sinar Matahari Bagi Kesehatan Kulit

manfaat dan bahaya sinar matahari

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari. Matahari merupakan bintang di pusat tata surya yang memiliki ukuran paling besar dan juga sebagai bintang yang menyinari seluruh planet. Paparan dari sinar matahari ternyata memiliki manfaat dan juga bahaya yang akan di timbulkan.

Jika kamu seringkali beraktivitas di luar ruangan, maka kamu harus mengetahui berbagai manfaat dan juga bahaya dari paparan sinar matahari. Dengan begitu kamu bisa mengetahui batasannya, cara mencegah bahayanya dan juga cara mengatasinya. Lalu, apa saja Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari? Simak artikel kali ini sampai selesai.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kulit

Sinar matahari memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit manusia. Jika kamu terkena paparan sinar matahari pada pagi hari, maka hal tersebut akan memicu reaksi kimia dan metabolik di dalam tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin D bukan hanya baik bagi tulang saja, tetapi vitamin D sangat baik bagi kesehatan kulit manusia.

Paparan sinar matahari bisa mengatasi berbagai masalah kulit, contoh seperti psoriasis, jerawat, eksim dan juga infeksi jamur. Hal tersebut karena vitamin D dari sinar matahari mempunyai banyak manfaat. Vitamin D memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan yang bisa meringankan berbagai masalah kulit seperti psoriasis dan juga jerawat.

Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit

Selain memiliki manfaat bagi kulit, sinar matahari juga memiliki bahaya yang sangat beresiko bagi kulit. Apa saja bahaya tersebut?

1. Kulit Terbakar

Sinar matahari bisa menyebabkan kulit mengalami masalah terbakar. Kondisi tersebut di sebabkan karena kamu mengalami sengatan dari matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Kulit akan menunjukkan tanda terbakar setelah 4/5 jam terkena sinar matahari. Biasanya kamu akan mengalami gejalanya yaitu kulit menjadi merah, nyeri, bengkak, melepuh dan berkerak.

2. Muncul Tanda Penuaan

Jika kamu terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, maka kulit kamu akan mengalami perubahan dari warna kulit hingga teksturnya. Karena sinar UV bisa merusak serat-serat kulit yang biasa di sebut dengan elastin. Saat serat tersebut rusak, maka kulit akan kendur dan meregang. Paparan sinar UV juga menyebabkan kulit menjadi bintik putih dan gelap.

3. Resiko Kanker Kulit

Sinar UVB pada sinar matahari bisa menyebabkan rusaknya DNA dan menekan sistem kekebalan kulit. Sinar DNA juga akan menembus dan merusak membran sel kulit serta DNA di dalamnya. Kerusakan tersebut akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Contoh seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma ganas.

Cara Mencegah dan Mengatasi Bahaya Sinar Matahari

1. Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya merupakan barang yang harus di pakai saat kamu keluar rumah. Jika kamu memiliki aktivitas di luar rumah setiap hari, maka tabir surya wajib sekali di gunakan. Karena hal itu akan membantu menyerap sinar ultraviolet yang masuk ke kulit dan mampu meminimalkan efeknya. Gunakanlah setiap 2 jam sekali jika kamu terus berkeringat.

2. Menggunakan Pakaian Tertutup

Jika kamu memiliki aktivitas yang banyak saat di luar rumah ataupun ingin main keluar rumah, maka gunakanlah pakaian yang tertutup, mulai dari celana dan juga bajunya. Karena hal tersebut akan membantu melindungi tubuh, terutama kulit agar terhindar dari bahaya sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan topi untuk melindungi kepala.

3. Menggunakan Krim Khusus

Jika kulit kamu sudah mengalami efek dari sinar matahari, seperti terbakar atau tanda penuaan, maka kamu bisa menggunakan pelembab ataupun krim yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit. Supaya kulit kamu yang sudah rusak bisa kembali pulih dan terhindar dari kerusakan berikutnya. Gunakanlah krim dengan kandungan Centella asiatica ataupun daun pegagan.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Jika kamu ingin terhindar dari sinar UV matahari, usahakan agar kamu keluar pada jam-jam tertentu saja, atau kamu bisa menggunakan body lotion untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!