Inilah Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah Yang Wajib di Ketahui

manfaat daun sirih hijau dan merah


Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah. Daun sirih merupakan daun yang seringkali di gunakan oleh banyak orang, terutama orang tua untuk media pengobatan secara alami.

Daun sirih seringkali di kunyah oleh orang tua, hal itu karena daun sirih mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan gigi. Selain itu, daun sirih masih mempunyai manfaat dan khasiat lain bagi kesehatan tubuh manusia. Apakah kamu sudah penasaran? Simak artikel ini sampai selesai.

Kandungan Yang Terdapat Pada Daun Sirih

Daun sirih adalah tanaman yang memiliki banyak kandungan air. Daun sirih memiliki 85-90% kandungan air di dalamnya. Daun sirih juga rendah akan lemak dan juga kalori. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, daun sirih memiliki kandungan lainnya, yaitu:

- Protein, 3% per 100 gram
- Iodin, 3,4 mcg per 100 gram
- Sodium, 1,1-4,6% per 100 gram
- Vitamin A, 1,9-2,9 mg per 100 gram
- Vitamin B1, 13-70 mcg per 100 gram
- Vitamin B2, 1,9-30 mcg per 100 gram
- Asam Nikotinat, 0,63-0,89 mg per 100 gram.

Nah itu dia kandungan yang terdapat pada daun sirih. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini.

Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tahukah kamu bahwa jika seseorang meminum air rebusan daun sirih, ataupun daun sirih yang di keringkan kemudian di gerus menjadi bubuk dapat menurunkan kadar gula darah pada seseorang penderita Diabetes Tipe 2 dan juga dapat membantu melindungi kesehatan hati.

2. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Daun sirih mengandung banyak antioksidan yang sangat baik bagi tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia, antioksidan eugenol bekerja melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kronis.

3. Menangkal Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan dan sangat di takuti semua orang di dunia. Dengan mengonsumsi daun sirih, maka tubuh kita akan terhindar dari kanker yang menyerang tubuh. Antioksidan eugenol yang terdapat pada daun sirih akan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker.

4. Menyembuhkan Luka Bakar Dengan Cepat

Selain untuk mencegah penyakit, daun sirih mampu menyembuhkan luka bakar yang terjadi pada kulit dengan waktu yang singkat. Hal tersebut di sebabkan oleh kandungan antioksidan dan antiseptik yang mampu menangkal kuman dari luar dan juga melindungi kulit dari berbagai macam infeksi.

5. Membantu Menurunkan Depresi

Daun sirih juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan depresi yang seringkali terjadi pada seseorang. Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih dan meminum rebusan air daun sirih, hal itu bisa memicu otak memproduksi hormon bahagia serotonin yang banyak.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mencegah Bau Mulut

Dengan mengonsumsi daun sirih, maka kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang timbul di mulut dan juga mampu menjaga kesehatan gigi. Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih dan juga kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih tersebut. Hal itu akan mencegah gigi berlubang dan bau mulut.

7. Memperlancar Saluran Pencernaan

Daun sirih mampu memberikan manfaat bagi tubuh manusia untuk memperlancar saluran pencernaan. Hal tersebut di karenakan daun sirih mampu meningkatkan produksi lendir yang menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dari produksi lendir tersebut akan mencegah luka pada dinding usus dan juga lambung.

8. Menambahkan Energi Bagi Tubuh

Daun sirih ternyata mampu menambahkan energi yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Hal tersebut di karenakan kandungan zat aktif yang bekerja seperti nikotin, alkohol dan kafein yang mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon adrenalin. Hormon tersebut akan membuatmu merasa bersemangat dan berenergi.

9. Mengobati Mimisan

Cara tradisional ini seringkali di lakukan oleh orang tua dan juga nenek moyang ketika anak kecil sedang mengalami mimisan. Hal tersebut karena daun sirih memiliki banyak kandungan antioksidan yang berfungsi merespon tubuh untuk menyembuhkan luka dengan cara membekukan darah dan menutup sobekan pada pembuluh darah.

10. Mengobati Batuk-batuk

Daun sirih mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, yaitu mengobati batuk-batuk. Hal tersebut karena daun sirih memiliki kandungan Vitamin B, Vitamin C dan Alkaloid yang mampu meredakan radang pada tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan gatal dan juga batuk-batuk.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Manfaat daun sirih sebenarnya masih sangat banyak, untuk mengetahui manfaat lainnya silahkan baca di sini

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!