4 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh dan Cara Melakukannya

manfaat tidur siang

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Manfaat Tidur Siang. Tidur siang biasanya di lakukan oleh orang yang siangnya tidak memiliki aktivitas. Jika orang yang super sibuk dan banyak sekali aktivitasnya, maka mereka tidak akan bisa menikmati tidur siang. Oleh karena itu orang yang super sibuk jarang sekali tidur siang.

Tidur siang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Padahal hal tersebut bisa di bilang sepele atau hal yang biasa saja kan? Karena tidur siang mampu merelaksasi tubuh dari berbagai macam aktivitas dan menenangkan saraf-saraf yang tegang karena kegiatan-kegiatan yang ada.

Tidur siang juga bisa meningkatkan produktivitas seseorang. Oiya, ada hal yang perlu di perhatikan ketika ingin tidur siang. Maksimal kita tidur siang adalah 3 jam. Jika lebih dari 3 jam, maka kepala akan terasa pusing dan berat. Maka dari itu sewajarnya saja ya, yang penting tubuh sudah beristirahat. Lalu, apa saja Manfaat Tidur Siang? Simak artikel ini sampai selesai.

Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan Daya Ingat

Ternyata tidur siang mampu memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan daya ingat otak. Tentu hal tersebut sangat menguntungkan bagi anak sekolah dan lansia (lanjut usia). Karena biasanya anak sekolah sangat membutuhkan daya ingat untuk mencerna pelajaran di sekolah dan membantu lansia agar tidak mudah lupa.

2. Meningkatkan Kreatifitas

Tidur siang akan memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kreatifitas dan rasa semangat. Karena tidur mampu memberikan tingkat kepuasan dan kesejahteraan yang sangat baik. Jika kamu seringkali merasakan lelah atau malas untuk mengerjakan sesuatu, alangkah baiknya lakukanlah tidur siang, agar rasa semangat bisa timbul dan munculnya ide-ide kreatifitasmu.

3. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Manfaat tidur siang yang selanjutnya adalah membantu tubuh mencegah terkena stroke dan penyakit jantung. Tentu hal ini sangat di anjurkan bagi kamu yang seringkali meminum kopi untuk menahan ngantuk ketika malam hari. Daripada minum kopi, lebih baik tidur siang minimal 40 menit dalam sehari, maka tubuh akan rileks dan terhindar dari stroke / penyakit jantung.

4. Mencegah Diabetes

Tidur siang bisa memberikan manfaat bagi tubuh untuk mencegah diabetes. Mengapa demikian? Karena jika kamu setiap harinya kekurangan tidur, maka hormon kortisol pada tubuhmu akan semakin meningkat. Tentu hal tersebut akan membahayakan tubuh kamu. Cobalah untuk beristirahat siang hari walaupun hanya sebentar, karena hal itu mampu mencegah tubuh terkena diabetes.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Manfaat Tidur Siang. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Lakukanlah tidur siang dengan minimal 40 menit per-hari, karena hal tersebut mampu memberikan stamina bagi tubuh dan kreatifitas pada otak. Daripada harus mengonsumsi kopi ketika sedang lelah ataupun mengantuk.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!