Inilah Penyebab Rambut Bau dan Cara Mengatasinya

penyebab rambut bau dan cara mengatasinya

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Penyebab Rambut Bau dan Cara Mengatasinya. Memiliki rambut yang indah, bersih dan wangi adalah impian atau keinginan banyak orang. Namun jika memiliki rambut yang kusut dan bau adalah kondisi yang sangat di hindarkan dan tidak di inginkan banyak orang.

Kondisi tersebut mampu membuat seseorang tidak percaya diri ketika berada di luar rumah. Namun sebaliknya, jika seseorang memiliki rambut yang indah, bersih dan wangi, maka ia akan tampil percaya diri ketika berada di luar rumah. Jika kita membicarakan rambut yang bau, apakah kamu pernah mengalami kondisi di mana rambut menjadi bau?

Bau rambut bisa bermacam-macam. Ada yang memiliki rambut bau apek, bau asam, bau keringat dan bau busuk. Dari macam-maca bau tersebut, semuanya pasti memiliki sebab mengapa bisa bau seperti itu dan semuanya bisa di atasi dengan baik dan sederhana saja. Maka dari itu yuk kita pahami dan pelajari tentang Penyebab Rambut Bau dan Cara Mengatasinya.

Dengan begitu, kamu akan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan rambut yang kamu punya. Lalu, apa saja Penyebab Rambut Bau dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Simak artikel ini sampai selesai.

Penyebab Rambut Bau

Penyebab rambut menjadi bau ada berbagai macam, berikut penjelasannya:

1. Keringat

Keringat menjadi salah satu penyebab rambut menjadi bau. Karena keringat di kepala sulit untuk di keringkan dan terkena matahari, sebab keringat tersebut tertutup oleh rambut. Nah dari situlah keringat akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada rambut seseorang.

2. Rambut Basah

Rambut yang basah akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada rambut kepala. Apalagi jika rambut tersebut basah oleh keringat karena kamu menggunakan topi, helm dan lain sebagainya. Maka hal tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Tidak Sampoan

Apakah kamu pernah tidak sampoan ketika sedang mandi? Tahukah kamu, hal tersebut akan menyebabkan rambut menjadi bau. Oleh karena itu, gunakanlah sampo saat mandi ataupun berkeramas, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca juga: Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Rambut Bau

Untuk cara mengatasi rambut yang bau, ada berbagai cara yang sederhana dan simpel, berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Sampo Ketika Mandi/Keramas

Jika rambut kamu tidak ingin menimbulkan bau yang tidak sedap, gunakanlah sampo ketika sedang berkeramas ataupun mandi. Hal tersebut akan mencegah bau yang tidak sedap pada bagian rambut kepala.

2. Menggunakan Minyak Lavender

Untuk mengatasi terjadinya bau pada bagian rambut kepala, kamu bisa menggunakan minyak lavender untuk membunuh kuman dan bakteri. Cara menggunakannya cukup teteskan 4/5 tetes minyak lavender ke bagian rambut dan pijatlah secara santai. Jika sudah bilaslah dengan air

3. Menggunakan Tomat

Gunakanlah tomat untuk menghilangkan bau pada bagian rambut kepala. Karena tomat mampu membunuh bakteri dan kuman pada rambut. Cara menggunakannya adalah blender tomat (tanpa air) hingga merata, kemudian keramaskanlah ke bagian kepala dan pijat secara perlahan dan santai. Jika sudah bilaslah dengan air

4. Menggunakan Lemon

Tahukah kamu, ternyata lemon juga dapat membantu menghilangkan bau pada bagian rambut kepala. Hal itu karena lemon mampu mematikan kuman dan bakteri penyebab bau rambut. Cara menggunakannya ialah peras lemon hingga mengeluarkan air. Kemudian air tersebut teteskanlah ke bagian kepala dan pijatlah hingga merata.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Penyebab Rambut Bau dan Cara Mengatasinya. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Artikel ini kami bagikan bertujuan agar membantu banyak orang untuk mengetahui penyebab rambut menjadi bau dan bagaimana cara mengatasinya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!