7 Penyebab Rambut Rontok Yang Tidak di Duga Oleh Banyak Orang

penyebab rambut rontok

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Penyebab Rambut Rontok. Setiap manusia pasti memiliki rambut kepala. Rambut kepala memiliki fungsi yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Ada beberapa orang yang mengalami masalah rambut yang rontok. Rambut yang rontok sangat mengganggu aktivitas ataupun kepercayaan diri.

Kita akan menyadari rambut yang sudah rontoh ketika sedang berkeramas, tidak di duga ada segumpalan rambut yang sudah rontok. Tentu hal tersebut membuat kita merasa panik ataupun khawatir. Karena ada beberapa gejala penyakit yang di mulai dari rontoknya rambut kepala. Biasanya rambut yang rontok tentu ada penyebabnya.

Rambut rontok biasanya di sebabkan karena adanya infeksi, jamur, trauma, radioterapi, kekurangan gizi dan beberapa penyakit tubuh. Tetapi, rambut rontok terkadang di sebabkan oleh kondisi pada tubuh dan penyakit-penyakit tertentu. Lalu, apa saja Penyebab Rambut Rontok? Baca artikel ini sampai selesai.

Penyebab Rambut Rontok

1. Stres

Setiap manusia pasti pernah mengalami stres. Stres bisa di sebabkan oleh beberapa masalah. Lalu, apa itu stres? Stres merupakan bentuk ketegangan pada psikis, fisik, emosi ataupun mental yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Selain itu stres emosional juga dapat mempengaruhi rontoknya rambut kepala, misal karena korban perceraian atau kematian orang yang di cintai.

2. Anemia

Anemia seringkali di alami oleh manusia. Anemia biasanya di sebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Lalu, apa itu anemia? Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Nah anemia juga bisa berpengaruh pada kerontokan rambut manusia.

3. Gaya Rambut

Gaya rambut ternyata bisa mempengaruhi kerontokan rambut. Hal tersebut di sebabkan karena perawatannya menggunakan bahan kimia tinggi dan alat yang panas, tentu hal itu akan merusak kekuatan akar rambut. Maka dari itu jika kamu seringkali mengganti gaya rambut mulailah untuk berhenti. Alangkah baiknya rambut di rawat baik-baik.

4. Selesai Melahirkan

Rambut yang rontok bisa di sebabkan karena kehamilan. Tetapi ketika sedang hamil lalu mengalami rambut rontok sangatlah jarang. Sebab ketika wanita sedang hamil maka akan ada peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan rambut makin tebal. Justru rambut rontok seringkali di alami oleh wanita yang habis melahirkan.

5. Keturunan

Rambut rontok bisa di sebabkan oleh riwayat keluarga (keturunan). Keturunan tersebut bisa dari ayah, ibu ataupun kakek dan nenek. Rambut yang rontok akan melibatkan penipisan rambut dan miniaturisasi (rambut menjadi lembut, halus dan pendek). Jika kamu mengalami rambut rontok karena faktor keturunan, maka jangan di khawatirkan ya.

6. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah istilah yang mengacu pada simtoma menurunnya sintetis dan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid. Lalu, apasi penyebab Hipotiroidisme? Penyebabnya adalah karena tubuh kekurangan asupan gizi berupa lodina ataupun yodium. Akibatnya produksi hormon tiroid akan menurun dan mengakibatkan kerontokan rambut.

7. Pengaruh Obat

Ternyata rambut rontok bisa saja di sebabkan karena pengaruh obat. Ketika tubuh sakit, tentu kita membutuhkan obat agar rasa sakit tersebut cepat hilang. Contoh obat yang sering di konsumsi adalah obat kanker, arthritis, depresi, masalah pada jantung, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Penyebab Rambut Rontok. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Artikel yang kami bagikan kali ini bertujuan agar orang yang mengalami kerontokan rambut bisa mengetahui penyebabnya dan segera mencari tau bagaimana cara mengatasinya.

Terima kasih sudah mampir ke artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!