5 Penyebab Rematik di Usia Muda Yang Harus di Waspadai

penyebab rematik di usia muda

Masdejay.com - Halo semua, kali ini kami akan membahas artikel tentang Penyebab Rematik di Usia Muda. Apakah kamu pernah mendengar tentang istilah Rematik? Rematik adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit karena otot atau sendi mengalami pembengkakan dan peradangan. Rematik di anggap sebagai penyakit yang sering di alami lansia.

Rematik yang sering di alami oleh banyak orang ialah reumatoid artritis. Kondisi tersebut seringkali di alami oleh remaja ataupun orang yang masih berusia muda, tetapi lebih banyak menyerang para wanita yang berusia muda. Reumatoid artritis merupakan kondisi kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi.

Sendi yang biasa terkena oleh reumatoid artritis adalah sendi-sendi kecil yang jari tangan dan kaki, contohnya adalah pergelangan tangan kanan dan kiri. Maka dari itu biasakanlah untuk hidup sehat dan menjaga pola makan setiap harinya. Lalu, apa saja Penyebab Rematik di Usia Muda? Simak artikel ini sampai selesai.

Penyebab Rematik di Usia Muda

1. Jenis Kelamin

Rematik seringkali menyerang wanita daripada pria. Mengapa demikian? Hal itu karena wanita mempunyai hormon estrogen. Hormon tersebut dapat menimbulkan sistem imun yang tidak baik. Auto imun ialah kondisi sistem imun salah menyerang jaringan tubuh. Sehingga imun yang melindungi tubuh akan menyerang balik.

Baca juga: Bahaya Jarang Mandi

2. Genetika

Rematik bisa di sebabkan karena faktor genetik (keturunan). Jika seseorang memiliki anggota keluarga yang terkena (mengidap) reumatoid artritis, maka hal tersebut bisa meningkatkan seseorang akan terkena penyakit rematik.

3. Obesitas

Obesitas merupakan di mana seseorang mengalami berat badan yang berlebihan. Obesitas bisa saja menyebabkan seseorang terkena rematik. Hal tersebut karena sendi lutut dan pinggul berguna untuk menopang, nah sendi tersebut akan tertekan ketika seseorang sedang beraktivitas. Dari situ rematik bisa saja timbul pada orang yang mengalami obesitas.

4. Lingkungan

Ternyata faktor lingkungan bisa saja menyebabkan seseorang terkena rematik. Karena reumatoid artritis memiliki hubungan dengan kekuatan daya tahan tubuh manusia. Jika lingkungan seseorang tersebut banyak virus atau bakteri, maka hal itu akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan salah arah dan justru menyerang tubuh sendiri.

5. Merokok

Merokok merupakan suatu hal yang seringkali kita lihat di mana saja. Jika seseorang yang seringkali merokok, maka ia bisa saja terkena rematik. Karena rokok mampu menyebabkan berbagai macam penyakit dan akan meningkatkan seseorang terkena reumatoid artritis. Jika kamu tidak mau terkena rematik, maka dari sekarang berhentilah merokok.

Penutup

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Penyebab Rematik di Usia Muda. Semoga apa yang kami bagikan dan sampaikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Artikel ini kami bagikan bertujuan agar membantu para remaja atau orang yang masih berusia muda untuk mengetahui penyebab rematik dan membiasakannya untuk hidup sehat.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu ya. Sampai bertemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!