5 Tips Menghadapi Ujian Nasional Agar Tidak Stres

tips menghadapi ujian nasional

Masdejay.com - Ujian Nasional merupakan serangkaian kegiatan yang di lakukan pada saat kita menginjak kelas paling tinggi di sekolah, baik itu SD, SMP dan SMA/SMK. Dengan mengikuti Ujian Nasional, kita akan mengetahui kemampuan diri sendiri. Ujian Nasional biasanya tidak boleh menyontek di buku, baik itu buku pelajaran maupun buku tulis.

Kita juga akan di pisahkan dengan teman sebangku, alias duduk sendiri. Soal-soal yang kita jawab juga akan berbeda dengan teman sekitar, hal itulah yang membuat Ujian Nasional sangat di takuti oleh banyak pelajar. Pengawas yang ada di ruangan Ujian Nasional juga berasal dari sekolahan lain, yang artinya jika ketauan bermain curang, maka hukumannya akan berbeda-beda.

Sebenarnya kalau kita ingin menghadapi Ujian Nasional, jangan di bawah pusing, lebih baik bawa santai saja dan buat tubuh kamu serileks mungkin. Agar otak yang kita miliki mampu bekerja dengan optimal dan bebas. Kami memiliki beberapa Tips Menghadapi Ujian Nasional yang harus kamu coba. Tentu tips yang kami bagikan merupakan pengalaman pribadi.

Apa kamu sudah penasaran dengan tipsnya? Kalau iya, simak sampai selesai.

Tips Menghadapi Ujian Nasional Agar Tidak Stres

1. Belajar di Waktu Yang Tepat

Belajarlah di waktu yang tepat agar otak kamu mampu menangkap semua yang sudah di baca dengan sempurna. Waktu yang paling tepat untuk belajar ialah ketika malam dan pagi hari. Untuk malam hari, waktu belajar yang paling ideal ialah pukul 19.30 s/d 21.00 dan untuk pagi hari ialah pukul 04.30 s/d 06.00. Kamu tidak harus belajar full time, karena hal itu malah bisa membuat otak bekerja tidak normal.

2. Berolahraga

Olahraga bisa membantu tubuh dan otak menjadi rileks. Maka dari itu, ketika kamu ingin menghadapi Ujian Nasional, lakukanlah olahraga secara rutin. Kamu bisa berolahraga di sore hari. Olahraganya tidak perlu yang susah, cukup olahraga yang sederhana saja. Hal itu bisa membantu menguatkan daya ingat dan membuat otak bekerja dengan sempurna.

Baca juga: Tips Menyimpan Uang Gajian Agar Tidak Boros

3. Makan Secara Teratur

Ternyata dengan kamu makan secara teratur, hal itu bisa membantu tubuh menjadi rileks dan tidak tegang saat Ujian Nasional. Hal itu karena perut kamu tidak kosong dan otak pun akan bekerja dengan sempurna. Usahakan setiap harinya kamu sarapan pagi. Selain itu, makanlah sehari minimal 3x, agar konsentrasi kamu terjaga ketika Ujian Nasional sedang berlangsung.

4. Kumpul Dengan Teman

Berkumpul bareng teman-teman bisa membantu kamu semakin rileks dan enjoy saat Ujian Nasional berlangsung. Hal itu karena diri kamu merasa terhibur dan tidak terbebani oleh soal-soal Ujian Nasional. Yang terpenting kamu harus bisa mengontrol waktu main, jangan sampai berlebihan, apalagi sampai larut malam.

5. Mendengarkan Musik

Dengan cara mendengarkan musik, maka tubuh dan otak kamu akan terasa rileks dan tidak tegang saat menghadapi Ujian Nasional. Lakukanlah kegiatan tersebut saat kamu sudah belajar dan pulang dari sekolah. Hal itu agar membantu otak kamu tidak ngeblank dan jiwa kamu akan merasa santai. Gunakanlah headphone agar lebih terasa nyaman dan tidak mengganggu orang lain.

Penutup

Itulah beberapa Tips Menghadapi Ujian Nasional yang bisa kami sampaikan. Agar kamu tidak terlalu pusing memikirkan Ujian Nasional, carilah hiburan yang positif dan belajarlah di waktu yang sudah kami beritahu. Karena waktu tersebut akan menguatkan daya ingat otak. Jangan sampai kamu belajar full time, karena hal itu bisa menyebabkan otak menjadi blank.