7 Contoh Usaha Kecil-kecilan

contoh usaha kecil-kecilan

Masdejay.com - Contoh Usaha Kecil-kecilan | Zaman modern seperti saat ini memang sudah menjadi zaman yang serba mengeluarkan uang. Memiliki uang yang banyak bisa menjadikan kita mempunyai segalanya, begitu juga dengan kebutuhan sehari-hari. Namun apa jadinya jika kita hanya mengandalkan gaji bulanan dari pekerjaan kita?

Banyak pekerja yang biasa mendapatkan gaji bulanan untuk mulai membangun sebuah usaha kecil-kecilan. Usaha kecil-kecilan tersebut mereka bangun di tempat tinggalnya, tempat keramaian dan ada juga yang membangunnya di internet. Karena usaha kecil-kecilan merupakan usaha sampingan yang bisa kita jalani kapan dan di mana saja.

Jika kita hanya mengandalkan gaji bulanan saja, maka hal itu bisa merepotkan kita di kala ada kebutuhan mendadak yang perlu mengeluarkan uang lumayan banyak. Berbeda jika kita mempunyai uang simpanan atau usaha kecil-kecilan, tentu kita akan menyimpan uang setiap hari, walaupun hasilnya tidak terlalu besar namun bisa menguntungkan diri sendiri.

Oleh karena itu banyak orang sukses yang mengajarkan kepada orang yang baru bekerja untuk membangun usaha kecil-kecilan. Karena usaha kecil-kecilan bisa membantu kita untuk meringankan biaya hidup yang ada. Oleh karena itu kami mengajak sobat internet untuk mengetahui contoh usaha kecil-kecilan yang kiranya bisa kamu praktekkan.

Lalu, apa saja usaha tersebut? Baca sampai selesai.

Contoh Usaha Kecil-kecilan

1. Contoh Usaha Kecil-kecilan Pangkas Rambut

Usaha pangkas rambut memang sudah sering kita lihat di mana saja. Namun bukan berarti kami down mental begitu saja ketika ingin membuka usaha pangkas rambut. Kamu bisa membuka usaha pangkas rambut yang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Tentunya kamu juga harus mengutamakan kenyamanan pelanggan ya.

Usaha pangkas rambut akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi kamu. Karena setiap manusia pasti mengalami masa-masa pertumbuhan rambutnya hingga tua. Jika kamu sudah mempunyai keahlian dalam memangkas rambut orang lain, maka kamu bisa mempunyai kesempatan untuk sukses dalam dunia pangkas rambut.

Modal yang harus kamu keluarkan untuk memulai bisnis pangkas rambut bisa di bilang lumayan. Kamu bisa membeli cermin, gunting, sisir dan alat untuk memangkas rambut. Dengan begitu, kamu sudah bisa untuk memulai atau membuka pangkas rambut dan mulai berpenghasilan. Usahakan buatlah tempat pangkas rambutnya yang nyaman bagi pelanggan, memiliki keunikan tersendiri dan lokasinya strategis ya.

(Baca juga: Platform monetisasi blog selain adsense)

2. Contoh Usaha Kecil-kecilan Berjualan Jus Buah

Buah merupakan makanan alami yang sudah menjadi favorit banyak orang. Karena buah mempunyai banyak kandungan vitamin di dalamnya dan tentunya bermanfaat bagi tubuh manusia. Kamu bisa saja membuka usaha dengan berjualan jus buah, apalagi Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis yang bisa kamu jadikan sebuah peluang untuk berbisnis.

Jika kamu benar-benar ingin membuka usaha berjualan jus buah, maka yang harus kamu siapkan adalah blender, buah-buahan, susu, peralatan yang di butuhkan dan lain sebagainya. Buatlah tampilan tempat usaha yang kamu buka se menarik mungkin ya, agar pembeli pun merasa penasaran dan tidak bosan untuk membeli jus di usaha yang kamu miliki.

3. Contoh Usaha Kecil-kecilan Warung Kopi Sederhana

Jika kamu ingin membuka usaha minuman kopi, kamu tidak harus membuka usaha minuman kopi yang bernuansa mewah dan kekinian. Karena kamu bisa saja membuka usaha warung kopi yang sederhana tetapi memiliki keunikan tersendiri, sehingga hal tersebut mampu membuat orang-orang merasa tertarik dan ingin membeli kopi yang kamu miliki.

Apalagi jika rumah kamu berlokasi di pinggiran jalan atau perkampungan, tentu kesempatan tersebut tidak boleh kamu lewati deh. Modal yang harus di keluarkan untuk membuka warung kopi sederhana adalah beberapa jenis kopi dan minuman kemasan yang di sukai oleh para pembeli.

Kamu bisa membuat daftar harga yang menarik menggunakan papan tulis ukuran sedang saja jangan terlalu besar. Pasanglah harga yang relatif sederhana dan buatlah nuansa tempat warung kopi yang kamu miliki se klasik mungkin (sederhana saja).

(Baca juga: Tips menabung ala miliarder)

4. Contoh Usaha Kecil-kecilan Reseller Produk

Usaha reseller produk sudah menjadi pilihan terbaik bagi setiap orang. Hal itu karena dari segi modal saja sudah terhitung kecil dan bisa di jadikan sebagai usaha sampingan. Kamu bisa memanfaatkan smartphone dan laptop untuk menjalankan bisnis tersebut. Jika kamu berminat dalam usaha reseller produk, kamu bisa mendaftar ke agen produk.

Setelah itu mulailah untuk mempromosikan produk yang ada ke teman-teman, keluarga, sahabat, pacar dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mempromosikan ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter atau bisa juga di website / blog yang kamu miliki.

5. Contoh Usaha Kecil-kecilan Pembayaran Tagihan Online

Kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan yang setiap waktu di butuhkan oleh orang-orang, yaitu pembayaran tagihan online. Contohnya seperti berjualan pulsa, tagihan listrik, PDAM, internet, angsuran kendaraan dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dari usaha sederhana tersebut.

Buatlah banner usaha tersebut se menarik mungkin dan masukkanlah daftar-daftarnya secara komplit sesuai dengan apa yang kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan smartphone dan laptop untuk di jadikan bahan promosi di internet atau sosial media.

(Baca juga: Bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan)

6. Contoh Usaha Kecil-kecilan Jasa Cuci Kendaraan

Jasa cuci kendaraan saat ini memang sudah ada di mana-mana. Tetapi kamu masih tetap bisa bersaing dengan yang lainnya. Karena setiap orang saat ini pasti sudah mempunyai kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Kamu bisa mencari lahan yang agak luas untuk membuka jasa cuci kendaraan tersebut.

Usahakan buka harga untuk cuci kendaraan yang sewajarnya saja dan jangan terlalu mahal, intinya sesuaikan dengan kualitas kebersihannya. Harganya bisa mulai 10rb untuk motor dan 30rb untuk mobil. Modal yang harus di keluarkan adalah membeli kompresor, shampo motor atau mobil, kain lap, semir ban dan lain sebagainya.

7. Contoh Usaha Kecil-kecilan Laundry

Jika kamu tinggal di wilayah yang padat penduduk, maka kamu bisa saja memanfaatkan suasana tersebut dengan cara membuka jasa laundry. Karena tidak semua orang ingin mencuci dan menyetrika pakaiannya sendiri. Apalagi jika wilayah yang kamu tempati itu selalu ramai, alias padat penduduk.

Jika kamu ingin membuka jasa laundry, modal yang harus di keluarkan adalah membeli mesin cuci, setrika baju, parfum baju dan alat-alat yang di butuhkan lainnya. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membuka jasa laundry tersebut lumayan besar lohh.

(Baca juga: Cara mendapatkan uang dari google)

Penutup

Itulah beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba dan praktekkan secara langsung. Jika kamu merasa penghasilan bulanan kamu kurang untuk mencukupi keluarga, silahkan untuk mencoba contoh usaha kecil-kecilan yang ada di atas. InsyaAllah pendapatan kamu akan bertambah jika kamu niat dan selalu bekerja keras.

Intinya adalah ketika kamu membangun sebuah usaha harus konsisten ya!