Komponen-komponen Utama Pada Kopling

komponen utama pada kopling
sumber: teknik-otomotif.com

Masdejay.com - Komponen Utama Pada Kopling | Jika kamu memiliki sebuah kendaraan, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan komponen kopling bukan? Kopling adalah komponen pada sistem transmisi yang akan menghubungkan antara poros engkol dan poros gigi pada sistem transmisi. Kopling memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah:
  1. Membantu sistem operasional pada sistem transmisi
  2. Menjalankan kendaraan dengan lembut
  3. Menghentikan kendaraan tanpa harus mematikan mesin

Namun, ada beberapa komponen-komponen pada kopling yang harus kamu ketahui. Oleh karena itu, kami akan memberikan pengetahuan tentang komponen kopling. Lalu, apa saja komponen tersebut? Baca sampai selesai.

Komponen-komponen Pada Kopling

1. Roda Penerus

Bukan hanya sebagai penstabil putaran motor saja, roda penerus juga memiliki fungsi untuk dudukan kepada hampir seluruh koponen kopling.

2. Pelat Kopling

Kopling memiliki bentuk bulat dan terbuat dari plat baja yang berkualitas. Kedua sisi plat kopling selalu di lapisi dengan bahan yang mempunyai koefisien gesek tinggi. Bahan gesek tersebut akan di satukan dengan plat kopling dengan menggunakan keling (rivet).

3. Pelat Tekan

Pelat tekan kopling terbuat dari besi tuang, pelat tekan memiliki bentuk bulat dan diameternya sama seperti diametes plat kopling. Salah satu sisinya (sisi yang berhubungan dengan plat kopling) di buat halus, sisi tersebut akan menekan plat kopling dan juga roda penerus. Kemudian sisi lainnya memiliki bentuk yang sesuai dengan kebutuhan penempatan koponen kopling yang lainnya.

4. Unit Plan Penekan

Sebagai satuan dengan plat penekan, pelat penekan di lengkapi oleh beberapa pegas spiral atau pegas diaphragma. Tutup dan tuas penekan. Pegas di gunakan untuk memberikan tekanan kepada pelat tekan, pelat kopling dan juga roda penerus. Jumlah pegas (kekuatan tekan) akan di sesuaikan dengan besar daya yang di pindahkan.

5. Mekanisme Penggerak

Komponen penting lainnya adalah mekanisme pemutusan hubungan (tuas tekan). Mekanisme tersebut di lengkapi oleh bantalan bola, nah bantalan tersebut di ikat di bantalan luncur yang akan bergerak maju atau mundur. Kemudian, bantalan bola yang di lengkapi dengan permukaan tekanan akan mendorong tuas tekan.

6. Rumah Kopling

Rumah kopling terbuat dari bahan aluminium dan besi tuang. Rumah kopling akan menutupi semua unit kopling dan mekanisme penggerak. Rumah kopling mempunyai wilayah terbuka yang fungsinya sebagai saluran sirkulasi udara.

Baca juga: Cara memperbaiki aki kering yang rusak dan mati total

Penutup

Itulah beberapa komponen-komponen pada kopling yang harus kamu ketahui. Tetapi, penjelasan tersebut belum seberapa dengan apa yang harus kamu ketahui tentang dunia otomotif. Oleh karena itu, jangan malas untuk belajar ya. Semoga bermanfaat!

Sumber: Brainly