Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Penyebab Laptop Mati Total

penyebab laptop mati total

Masdejay.com - Penyebab Laptop Mati Total | Masalah laptop mati total memang seringkali kita jumpai di sekitar. Kebanyakan orang tidak mengetahui apa penyebab laptop bisa mati total. Tentu hal tersebut akan semakin membuat pemiliknya panik. Jika laptop sudah mati total, maka pemiliknya mau tidak mau harus mendatangi jasa service laptop atau komputer.

Hal itu agar laptop yang di milikinya bisa berfungsi kembali. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop mati total. Oleh karena itu, kami akan mengajak sobat internet untuk mengetahui penyebab laptop mati total. Lalu, apa saja penyebabnya? Baca sampai selesai.

Penyebab Laptop Mati Total

1. Permasalahan Pada Baterai

Sumber daya laptop memang di hasilkan dari baterainya, mungkin saja hal itu bisa di sebabkan karena baterainya habis. Namun, setelah menghubungkan laptop ke listrik, laptop masih tidak menyala juga. Simaklah tips berikut ini.
  1. Tunggulah hingga baterai sudah terisi beberapa persen. Kemudian silahkan hidupkan laptopnya, hal itu karena laptop yang dayanya habis total butuh waktu untuk menghidupkan kembali.
  2. Jika laptop masih tidak menyala, kamu bisa mencoba untuk melepas baterai laptop.
  3. Jika laptop berhasil menyala, maka kerusakan tersebut berasal dari baterai atau konektornya.

2. Permasalahan Power Supply

Jika lampu indikator mati, namun adaptor normal, periksalah soket DC yang menancap di laptop. Karena laptop tidak akan menyala jika soket yang rusak menyebabkan listrik tidak stabil dan tidak mengalir ke komponen laptop. Periksalah tombol on/off laptop kemudian periksa juga ic power. Input dengan daya listrik yang berbeda juga bisa berakibat laptop tidak menyala.

Oleh karena itu, coba lepaskanlah charger, tekan tombol power 30 detik sampai dayanya habis. Kemudian coba pasang kembali charger laptop dan hidupkanlah.

3. Permasalahan RAM

Jika ada masalah seperti lampu indikator mati, kipas hidup dan mesin tetap berjalan tetapi layar mati, bisa saja penyebabnya ialah kerusakan RAM. Kamu bisa mencoba melepas RAM dan bersihkan pinnya menggunakan gosokan penghapus pensil. Kemudian pasang lagi, pasanglah menggunakan socket yang berbeda jika ada dua socket RAM di mainboard laptop.

4. Permasalahan Pada Adaptor

Periksa lampu indikator menyala atau tidak, jika tidak menyala kemungkinan besar kerusakan di sebabkan karena adaptor. Periksalah sambungan kabel adaptor, hal itu karena seringkali kabel power bermasalah karena pemakaiannya kurang hati-hati. Cara mengecek adaptor ialah menggunakan adaptor lain yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop. Kalau adaptor dan kabel normal, bisa saja permasalahannya di sebabkan oleh kerusakan komponen power.

5. Permasalahan Pada Prosessor

Jika prosessor rusak, maka prosessor akan kehilangan kontrol dan tidak bisa memberikan perintah ke komponen lain. Penyebabnya karena overheating, overheating sangat beragam, mulai dari pasta prosessor sudah kering, fan dan heat sink kotor kemudian menyebabkan ketidakseimbangan antara prosessor dan RAM.

6. Masalah Pada Motherboard

Penyebab lainnya ialah pada motherboard atau mainboard. Karena motherboard berperan sebagai tempat untuk menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya agar menyatu. Jika ada kerusakan, biasanya akan ada suara "bip..bip..bip". Walaupun motherboard jarang mengalami kerusakan, kamu harus tetapi menjaganya. Penyebab kerusakan yang akan timbul di antaranya:
  1. Overheating koponen CPU
  2. IC komponen terbakar
  3. Suplai listrik tidak stabil
  4. Overclocking komponen CPU
  5. Karena virus

(Baca juga: Cara edit html template blog di android)

Penutup

Itulah beberapa penyebab laptop mati total. Dengan begitu, kamu akan mengetahui masalah apa yang bisa menyebabkan laptop mati total. Oleh karena itu mulai sekarang rawatlah laptop yang kamu miliki sebaik mungkin agar tidak terjadi kerusakan. Semoga bermanfaat ya!

Sumber: Detik

About Masdejay

Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Follow by Email

Copyright © Masdejay. All rights reserved. Template by CB