7 Usaha Sampingan di Rumah

usaha sampingan di rumah

Masdejay.com - Usaha Sampingan di Rumah | Banyak orang yang bekerja dan mendapatkan gaji dari pekerjaannya hanya sebulan sekali saja, tentu hal tersebut seringkali membuat banyak orang merasa bosan dan tidak bebas dalam mengontrol uang. Oleh karena itu, jika kamu ada waktu luang untuk membuka usaha sampingan di rumah, sempatkanlah waktu tersebut untuk membuka usaha.

Karena dengan membuka usaha sampingan di rumah, tentu akan sangat menguntungkan diri sendiri. Dengan adanya usaha sampingan yang kamu bangun, baik itu di rumah maupun di luar rumah, maka hal itu akan mempermudah kamu dalam mengelola keuangan dan menabung untuk masa depan pun akan menjadi terasa mudah, karena kamu memiliki banyak uang untuk di simpan.

Itulah yang membuat banyak orang saat ini memilih untuk membuka usaha sampingan di rumah, walaupun ia sudah memiliki pekerjaan tetap dan gaji bulanan yang besar. Apakah kamu tidak tertarik untuk membuka usaha sampingan di rumah? Oleh karena itu, kami ingin mengajak sobat internet untuk mengetahui usaha sampingan di rumah.

Lalu, apa saja usaha sampingan tersebut? Baca sampai selesai.

Usaha Sampingan di Rumah

1. Jasa Desain

Jasa desain merupakan usaha sampingan yang bisa di bilang cukup sederhana namun berpenghasilan lumayan besar. Karena rata-rata jasa desain memiliki harga yang bervariasi, biasanya harga akan semakin mahal jika desain yang di inginkan semakin sulit dan bagus. Namun, untuk membuka usaha sampingan jasa desain, kamu harus memiliki keahlian dalam bidang desain dulu ya.

Baik itu desain di android ataupun laptop, yang terpenting kamu bisa berkarya dan menghasilkan. Kamu juga bisa mempromosikan jasa desain yang kamu tawarkan di sosial media, internet dan lingkungan sekitar. Sebarluaskan jasa desain yang kamu tawarkan sebisa mungkin, agar penghasilan yang kamu dapatkan juga lumayan.

Modal yang harus di keluarkan untuk membuka usaha sampingan jasa desain tidak terlalu besar kok, karena kamu hanya membutuhkan laptop sebagai device untuk mengedit atau desain dan internet untuk googling. Buatlah desain secantik dan se menarik mungkin, agar hal tersebut mampu membuat pelanggan akan merasa puas dan merekomendasikan jasa desain kamu ke orang-orang.

(Baca juga: Contoh usaha modal kecil untung besar)

2. Katering Makanan

Usaha sampingan sebagai katering makanan memang sudah seringkali kita jumpai di mana saja. Namun, tahukah kamu bahwa usaha sampingan dengan membuka katering makanan mampu memberikan hasil yang memuaskan. Karena saat ini banyak sekali orang yang menggunakan jasa katering makanan, baik itu untuk acara, makanan di kantor dan lain sebagainya.

Keuntungan yang bisa di dapat juga lumayan besar, karena rata-rata orang yang pesan makanan katering pasti jumlahnya lumayan banyak. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut dan maulah untuk mulai belajar memasak atau membuat makanan yang lezat dan enak.

3. Bisnis Online

Bisnis online memang sudah di kenal oleh banyak orang, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini sudah banyak orang yang sukses berkat membuka bisnis online. Namun kesuksesan mereka yang membuka bisnis online tidak semudah membalik telapak tangan ya, karena pasti kesuksesan yang sudah di dapat merupakan hasil kerja kerasnya selama ini.

Nah, apakah kamu tidak tertarik untuk membuka usaha sampingan dengan berbisnis online? Karena bisnis online bisa kamu jalankan kapan saja dan tidak memakan banyak waktu loh. Kamu bisa menjual barang, makanan, jasa di internet dan lain sebagainya. Promosikanlah bisnis online yang kamu miliki ke sosial media, agar hasilnya juga lebih memuaskan.

Di Indonesia sendiri, bisnis online juga sudah terkenal dan populer, apalagi dengan cara menjadi reseller dan dropshipper. Dengan cara tersebut saja kamu sudah bisa mendapatkan uang lewat internet, asalkan kamu mau bekerja keras. Modal yang di butuhkan juga tidak terlalu besar loh, apakah kamu tidak mau mencoba?

(Baca juga: Contoh usaha kecil-kecilan)

4. Makelar

Makelar adalah usaha sampingan yang bisa kamu jalankan dan akan memberikan keuntungan yang menjanjikan. Banyak bidang penjualan yang membutuhkan makelar agar bisa menjual produk yang di tawarkan. Salah satu bidang yang menawarkan keuntungan besar yaitu dengan cara menjadi makelar properti.

Harga properti sendiri sudah tidak main-main lagi lohh, apalagi jika berada di daerah perkotaan. Kamu bisa mendapatkan komisi dan bonus yang besar jika kamu mau bekerja keras dan selalu optimis menjalankannya. Untuk menjadi makelar, kamu tidak harus mengeluarkan modal yang besar.

5. Jasa Menjahit

Membuka jasa menjahit akan memberikan keuntungan yang menjanjikan loh. Karena saat ini penjahit sangat di butuhkan oleh banyak orang untuk keperluannya masing-masing. Oleh karena itu, jika kamu mempunyai keahlian dalam bidang menjahit pakaian, maka luangkanlah waktu untuk membuka jasa menjahit.

Agar kamu bisa mempunyai usaha sampingan di rumah dan juga uang simpanan yang banyak. Apalagi jika kamu tinggal di daerah permukiman padat penduduk, pastinya jasa menjahit yang kamu tawarkan akan ramai pelanggan. Kamu bisa memulai usaha jasa menjahit di dalam rumah atau depan rumah tanpa harus panas-panasan keluar rumah.

(Baca juga: Cara mendapatkan uang dari Google)

6. Laundry

Laundry merupakan jasa mencuci pakaian dan juga menyetrika pakaian yang saat ini bisa kita lihat di mana saja. Tahukah kamu bahwa membuka jasa laundry memiliki keuntungan yang menjanjikan loh. Karena saat ini banyak sekali orang yang sibuk dan tidak sempat untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya.

Alhasil mereka pun menyewa jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya. Jika kamu ingin membuka jasa laundry, modal yang harus kamu siapkan lumayan besar ya, karena kamu harus membeli peralatan laundrynya. Contoh mesin cuci, pewangi pakaian, setrika pakaian dan lain sebagainya.

Namun hasil yang akan kamu dapatkan juga insyaAllah besar, apalagi jika kamu tinggal di tempat yang padat penduduk (perkotaan).

7. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan adalah usaha yang bisa kamu jalankan kapan dan di mana saja. Jika kamu ingin membuka usaha sampingan kerajinan tangan, maka kamu harus mempunyai keterampilan khusus dalam bidang tersebut. Jika kamu belum mempunyai keahlian khusus, kamu bisa belajar membuat kerajinan tangan di internet, terutama youtube.

Jika hasil kerajinan tangan yang kamu buat bagus dan menarik, maka hasil tersebut bisa kamu jual dan mulai untuk membuka usaha kerajinan tangan. Modal yang di butuhkan juga tidak terlalu besar loh, namun penghasilan yang bisa di dapat akan sangat menjanjikan jika kamu mau bekerja keras dan konsisten.

(Baca juga: Tips menabung ala miliarder)

Penutup

Itulah beberapa usaha sampingan di rumah yang kiranya bisa kamu praktekkan langsung. Dengan begitu kamu tidak akan pusing memikirkan masalah keuangan yang ada. Karena usaha sampingan yang ada di atas insyaAllah bisa membantu masalah ke ekonomian seseorang, asalkan kamu mau bekerja keras dan konsisten dalam bidangnya.