Cara Mengatasi Laptop Mati Total

cara mengatasi laptop mati total

Masdejay.com - Cara Mengatasi Laptop Mati Total | Kita sering mendengar masalah laptop tidak mau menyala (mati total). Nah masalah tersebut sebenarnya beragam, mulai dari laptop tidak menyala namun lampu power hidup, laptop tidak menyala namun lampu indikator hanya berkedip, laptop mati namun lampu indikator kedap-kedip dan lain-lain.

Masalah seperti itu sering terjadi setelah laptop mati mendadak, walaupun sudah menekan tombol power untuk menghidupkan laptop, tetap saja laptopnya tidak menyala. Masalah laptop mati terbagi menjadi dua, yaitu mati total di mana tidak ada tanda kehidupan, lampu indikator mati, kipas tidak bersuara, serta suhu laptop tetap dingin.

Dan yang kedua lampu indikator menyala, kipas bersuara, suhu hangat tetapi layar laptop tidak menyala. Nah jika terjadi masalah seperti itu bagaimana cara memperbaikinya? Dari kedua perbedaan masalah tersebut mempunyai cara mengatasinya masing-masing.

Oleh karena itu saya akan membagikan tips cara mengatasi laptop mati total. Lalu bagaimana caranya? Baca sampai selesai.

(Baca juga: Cara Melihat Password Wifi)

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Laptop mati total / tidak hidup

Cara ini cocok di gunakan jika penyebab laptop mati di karenakan sumber daya listrik seperti baterai habis atau rusak, chargeran error (tidak bisa di gunakan) atau keduanya masih berfungsi tetapi belum terpasang dengan benar. Jika terjadi masalah seperti itu berikut cara mengatasinya:

  1. Pastikan baterai dan chargernya terpasang dengan benar
  2. Jika tidak menyala coba gunakan baterai lain
  3. Jika tidak ada, copot dan hidupkan laptop dengan menggunakan chargerannya saja, hal seperti ini tujuannya untuk memastikan charger laptop berfungsi atau tidak
  4. Jika tidak juga menyala maka cobalah untuk memindahkan charger ke lubang colokan / stop kontak lain.


Jika cara tersebut tetap membuat laptop tidak menyala maka "power reset" harus di lakukan agar bisa membuat laptop menyala kembali. Power Reset bisa di lakukan menggunakan cara sebagai berikut:

  1. Putuskan laptop dari semua sumber listrik, copot baterai dan chargernya
  2. Kondisi laptop kosong dan tekan tombol power selama 30 detik, tujuannya supaya listrik laptop benar-benar tidak habis
  3. Pasang baterai dan colok chargerannya
  4. Nyalakan laptop seperti biasa.


(Baca juga: Penyebab Laptop Mati Total)

Laptop baterai tanam tidak bisa hidup

Cara mengatasi laptop baterai tanam tidak bisa hidup harus mencari tombol restart. Ikuti langkah berikut untuk menghidupkan laptop baterai tanam yang mati total, berikut caranya:

  1. Balik laptop dan cari lubang kecil di tengah-tengah
  2. Lubang tersebut adalah tempat untuk merestart laptop
  3. Gunakan jarum atau benda apa saja yang bisa masuk ke lubang tersebut
  4. Masukkan jarun dan tekan tombol kecil yang ada pada lubang tersebut selama 5 detik
  5. Charger laptop Anda
  6. Tunggu beberapa menit dan coba hidupkan kembali laptopnya.


(Baca juga: Cara Edit HTML Template Blog di Android)

Laptop mati namun lampu power hidup

Masalah seperti ini sering terjadi di mana laptop tidak hidup walaupun kita sudah menekan tombol power namun lampu indikator power menyala. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut gunakanlah cara yang saya bagikan berikut ini:

  1. Lakukan hard reset pada laptop dengan cara keluarkan kabel lalu cabut adaptor AC laptop >> tekan dan tahan tombol power selama 20 detik >> kembalikan semuanya seperti semula dan kembali lakukan boot
  2. Nyalakan laptop menggunakan adaptor dengan cara mencabut baterai laptop >> coba nyalakan laptop tersebut >> jika tidak juga menyala silahkan cari adaptor lain namu tegangannya tetap sama
  3. Periksa RAM dengan cara melepas RAM laptop >> pasang kembali RAM nya >> hidupkan kembali laptopnya
  4. Gunakan monitor eksternal, kemudian masukkan ke port HDMI atau VGA laptop >> jika layar eksternal menyala artinya masalah tersebut di sebabkan karena layar laptop bermasalah.


(Baca juga: Cara Melihat Unfollowers di Instagram)

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi laptop mati total yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus ke tukang service. Cara tersebut tentunya merupakan cara terbaik untuk memperbaiki laptop yang tidak mau menyala (mati total). Semoga cara yang saya bagikan bermanfaat, terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel