10 Hadist Pendek Tentang Sabar - Mas Dejay

10 Hadist Pendek Tentang Sabar

hadist pendek tentang sabar
sumber: suaraislam.id

Masdejay.com - Kumpulan Hadist Pendek Tentang Sabar | Dalam hidup tentu Anda pernah mengalami berbagai macam masalah, musibah atau ujian. Ketika hal itu terjadi maka Anda harus mengutamakan sabar, karena sabar memiliki banyak keuntungan untuk diri sendiri.

Begitu juga dengan perintah Allah yang di tujukan kepada hambanya untuk membiasakan diri agar memiliki sifat sabar. Ada beberapa hadist pendek tentang sabar yang harus Anda baca, jika bisa hafalkan.

Sebab jika Anda membaca atau menghafal hadist tersebut, maka rasa sabar akan tertanam pada diri Anda. Oleh karena itu saya akan membagikan kumpulan hadist pendek tentang sabar.

Apa saja hadistnya? Baca sampai selesai.

Kumpulan Hadist Pendek Tentang Sabar

Hadist yang pertama

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى}.

Nabi saw bersabda, “Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah.” Hadist riwayat imam Al-Bazzar dan imam Abu Ya’la dari sahabat Abu Hurairah r.a.

(Baca juga: 7 Siksa Neraka Bagi Pezina dan Dalihnya)

Hadist yang kedua

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا}.

Nabi saw bersabda, “Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki, maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia.” Hadist riwayat imam Abu Nu’aim dari sayyidah ‘Aisyah r.a.

Hadist yang ketiga

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إذَا أَحَبَّ اللهُ عَبْدًا ابْتَلَاهُ بِبَلَاءٍ لَا دَوَاءَ لَهُ، فَإِنْ صَبَرَ اجْتَبَاهُ، وَإِنْ رَضِيَ اصْطَفَاهُ}.

Nabi saw bersabda, “Jika Allah mencintai seorang hamba, maka Allah akan mencobanya dengan cobaan yang tidak ada penawarnya, jika ia sabar maka Dia akan memilihnya, dan jika ia ridha, maka Allah akan memilihnya (sangat mencintainya).”

(Baca juga: Doa Agar Rezeki Lancar)

Hadist yang keempat

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى}.

Nabi saw bersabda, “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala.” Hadist riwayat imam Ahmad dan imam At-Thabarani dari sahabat Ibnu ‘Umar r.a.

Hadist yang kelima

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ وَصِيَّةٌ مِنْ وَصَايَا اللهِ تَعَالَى فِيْ أَرْضِهِ، مَنْ حَفِظَهَا نَجَا، وَمَنْ ضَيَّعَهَا هَلَكَ}.

Nabi saw bersabda, “Sabar itu termasuk dari wasiat-wasiat Allah di bumiNya, siapa yang menjaganya maka ia akan selamat, dan siapa yang menyia-nyiakannya maka ia akan hancur.”

(Baca juga: Lirik Sholawat Roqqota Aina)

Hadist yang keenam

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {أَوْحَى اللهُ تَعَالَى إِلَى مُوسَى بْنِ عِمْرَانَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ يَا مُوْسَى مَنْ لَمْ يَرْضَ بِقَضَائِيْ وَلَمْ يَصْبِرْ عَلَى بَلَائِيْ وَلَمْ يَشْكُرْ نَعْمَائِيْ فَلْيَخْرُجْ مِنْ بَيْنِ أَرْضِيْ وَسَمَائِيْ وَلْيَطْلُبْ لَهُ رَبًّا سِوَائِيْ}

Nabi sa bersabda, “Allah telah memberikan wahyu kepada Musa bin ‘Imran a.s., Wahai Musa, siapa yang tidak ridha dengan keputusan-Ku, tidak sabar dengan ujian-Ku, dan tidak mensyukuri nikmat-nikmat-Ku, maka hendaklah ia keluar dari di antara bumiku dan langiku, dan hendaklah ia mencari Tuhan selain Aku untuknya.”

Hadist yang ketujuh

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الْمُصِيْبَةِ بِتِسْعِمِائَةِ دَرَجَةٍ}.

Nabi saw bersabda, “Sabar ketika musibah (diganjar) dengan sembilan ratus derajat.”

(Baca juga: 99+ Kata-kata Motivasi Islami)

Hadist yang kedelapan

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {صَبْرُ سَاعَةٍ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا}.

Nabi saw bersabda, “Sabar sesaat itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” Berdasarkan penelusuran kami, hadis ini belum kami temukan sanad dan perawinya. Begitupun dalam penjelasan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menyebutkan riwayat dan perawinya.

Hadist yang kesembilan

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عَلَى أَرْبَعَةِ أَوْجُهٍ: صَبْرٌ عَلَى الْفَرَائِضِ، وَصَبْرٌ عَلَى الْمُصِيْبَةِ، وَصَبْرٌ عَلَى أذَى النَّاسِ، وصَبْرٌ عَلَى الْفَقْرِ. فَالصَّبْرُ عَلَى الْفَرائِضِ تَوْفِيْقٌ، وَالصَّبْرُ عَلَى الْمُصِيْبَةِ مَثُوبَةٌ، وَالصَّبْرُ عَلَى أذَى النَّاسِ مَحَبَّةٌ، وَالصَّبْرُ عَلَى الْفَقْرِ رِضَا اللهِ تَعَالَى}.

Nabi saw bersabda, “Sabar itu ada empat macam, sabar atas hal-hal yang wajib, sabar atas musibah, sabar atas gunjingan manusia, dan sabar atas kefakiran. Sabar atas hal-hal yang diwajibkan itu taufiq, sabar atas musibah itu berpahala, sabar atas gunjingan manusia itu  (tanda) dicintai (Allah), dan sabar atas kefakiran itu ridhanya Allah.”

(Baca juga: Cara Mudah Bangun Sholat Tahajud)

Hadist yang kesepuluh

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إذَا حَدَثَ عَلَى عَبْدٍ مُصِيْبَةٌ فِيْ بَدَنِهِ أَوْ مَالِهِ أوْ وَلَدِهِ فَاسْتَقْبَلَ ذٰلِكَ بِصَبْرٍ جَمِيْلٍ اسْتَحْيَا اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنْ يَنْصِبَ لَهُ مِيْزَانًا أوْ يَنْشُرَ لَهُ دِيْوَانًا}.

Nabi saw. bersabda, “Jika musibah menimpa pada seorang hamba di badannya atau anaknya, lalu ia menghadapinya dengan kesabaran yang baik maka Allah di hari Kiamat Allah malu menaikkan timbangan untuknya atau memberikan padanya buku catatan.”

Penutup

Itulah kumpulan hadist pendek tentang sabar, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah swt, aamiin. Tetaplah menjadi hamba Allah yang taat, rajin beribadah dan sabar, terima kasih.
Comments