Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

5 Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami

cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami

Masdejay.com - Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami | Saat ini penyebaran virus corona membuat dunia semakin waspada. Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan pasien corona semakin meningkat. Hal tersebut membuat pemerintah menerapkan Social Distancing yang di perkirakan mampu memperlambat penyebaran virus corona.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, olahraga yang teratur dan selalu menjaga kebersihan.

Salah satu caranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer agar kuman penyebab penyakit atau virus bisa mati. Kuman-kuman tersebut berasal dari benda yang Anda sentuh.

Oleh karena itu saya akan memberikan cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami. Bagaimana cara membuatnya? Baca sampai selesai.

1. Cara Membuat Hand Sanitizer Alami dengan Lidah Buaya dan Minyak Esensial

Cara ini merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan dirumah. Anda bisa mencampurkan kandungan lidah buaya ke dalam alkohol dan bisa langsung digunakan.

Sebelum itu pastikan kandungan alkohol yang digunakan lebih dari 60% agar efektif membunuh kuman yang ada di tangan. Kandungan lidah buaya mempunyai manfaat yang baik bagi kulit Anda agar tidak kering.

Jangan lupa untuk menambahkan minyak esensial lavender sesuai selera agar hand sanitizer memiliki aroma yang wangi.


2. Cara Membuat Hand Sanitizer Alami dengan Cuka Putih

Cuka putih biasa digunakan untuk penyedap rasa pada makanan. Tahukah Anda bahwa cuka putih dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer alami.

Jika kulit terluka namun Anda tidak memiliki alkohol, Anda bisa menggunakan cuka putih untuk mengobatinya. Karena cuka putih memiliki konsentrasi asam yang tinggi sehingga dapat mengatasi masalah kulit yang terinfeksi kuman dan bakteri.

Cara membuat hand sanitizer, siapkan botor spray ukuran sedang dan campurkan cuka dengan sedikit air kemudian simpan ke dalam kulkas untuk menjaga kualitasnya.

3. Cara Membuat Hand Sanitizer Alami dengan Lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Anda bisa menggunakan lemon untuk membuat hand sanitizer alami. Caranya cukup mudah, campurkan air perasan lemon dengan sedikit air ke dalam botol spray.

Selain membunuh kuman dan bakteri, lemon juga mampu membuat kulit menjadi lebih cerak dan berkilau.


4. Cara Membuat Hand Sanitizer Alami dengan Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Membuat hand sanitizer alami cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan daun sirih dan kulit rambutan. Kemudian rebuslah daun sirih dan kulit rambutan tersebut untuk mendapatkan ekstraknya.

Daun sirih memiliki sifat antiseptik sedangkan kulit rambutan bersifat antioksidan.

Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam botol spray sesuai selera dengan perbandingan sama rata. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar kulit tetap terasa lembut.

5. Cara Membuat Hand Sanitizer Alami dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Cara terakhir membuat hand sanitizer alami dengan menggunakan daun kemangi dan lidah buaya. Daun kemangi bersifat antiseptik sedangkan lidah buaya bersifat antioksidan.

Kupas lidah buaya kemudian haluskan bersama dengan daun kemangi menggunakan blender. Jika sudah, saring bahan tersebut untuk mendapatkan ekstraknya.

Larutkan daun jeruk bubuk ke dalam sedikit air sebagai pewangi kemudian campurkan ke ekstrak daun kemangi dan lidah buaya. Masukkan hand sanitizer ke dalam botol spray berukuran sedang.


Penutup

Demikianlah beberapa cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami. Bahan-bahan yang ada diatas juga dapat Anda temukan dengan mudah, baik itu dipasar ataupun dikebun.

Jagalah kebersihan dimanapun Anda berada, terima kasih.

Sumber: tokopedia.com

About Masdejay

Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Follow by Email

Copyright © Masdejay. All rights reserved. Template by CB