Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

17 Contoh Usaha Makanan Ringan yang Menjanjikan

usaha makanan ringan
sumber: sahabatpegadaian.com

Usaha Makanan Ringan - Di era modern saat ini, membuka usaha atau bisnis merupakan suatu hal yang sangat di impikan oleh banyak orang. Hal itu karena banyak sekali orang yang sudah sukses dalam menjalankan usahanya.

Saat ini, terdapat banyak jenis usaha yang bisa dijalankan, misal saja usaha makanan ringan. usaha makanan memang tidak ada habisnya. Hal itu karena semua orang membutuhkan makanan, baik itu makanan berat maupun ringan.

Apalagi pertumbuhan jumlah penduduk makin hari semakin meningkat. Nah, dari situlah kesempatan yang Anda miliki tidak boleh di sia-siakan. Jika Anda ingin sukses dalam berwirausaha atau berbisnis makanan ringan, ada beberapa hal yang harus diketahui agar usaha bisa berjalan dengan mulus.

Dengan mengetahui beberapa hal ini, Anda bisa saja menjadi seorang pengusaha makanan ringan yang sukses, simak ulasan berikut ini.

Tips Sukses Membuka Usaha Makanan Ringan

1. Kreatifitas

Kreatifitas juga diperlukan dalam mengembangkan usaha makanan ringan. Karena kreatifitas memiliki nilai yang sangat berharga. Jika Anda kreatif, alias tidak mengikuti cara orang seperti apa ketika berjualan, maka kesempatan untuk berhasil semakin besar.

Sebab, hal seperti itu sering terjadi. Pedagang makanan yang kreatif dan tidak mengikuti orang lain, maka ia akan mendapatkan pelanggan yang banyak dan penghasilan yang lebih besar, ketimbang pedagang yang tidak kreatif.

Oleh karena itu, kreatifitas juga perlu dikembangkan jika Anda ingin membuka usaha makanan ringan.

2. Menentukan Lokasi yang Strategis

Menentukan lokasi dalam sebuah perdagangan juga diperlukan, bahkan diprioritaskan. Karena lokasi yang strategis akan membantu kelancaran sebuah usaha. Misalkan, Anda berjualan makanan ringan di tempat yang ramai, tentu saja peluang larisnya akan semakin besar.

Berbeda jika Anda berjualan ditempat yang sepi, maka peluang larisnya akan sangat rendah. Oleh karena itu, menentukan lokasi yang strategis itu sangat penting jika Anda ingin membuka suatu usaha, baik itu usaha makanan atau yang lainnya.

3. Menjaga Kualitas

Jika Anda memiliki usaha makanan, maka kualitas juga perlu dijaga. Sebab, jika kualitas tidak dijaga, maka pelanggan tidak akan pernah kembali lagi untuk membeli makanan yang Anda jual. Point pentingnya adalah perhatikanlah kualitas usaha Anda.

4. Mengelola Keuangan dengan Baik

Ketika Anda membangun sebuah usaha dan usaha tersebut maju, maka Anda harus pandai dalam mengelola uang. Buatlah buku catatan keuangan, layaknya perusahaan besar ternama. Mengapa? Agar Anda bisa menilai penghasilan setiap harinya dan menghemat biaya pengeluaran.

Itulah hal yang bisa Anda pelajari ketika membangun sebuah usaha. Nah, kali ini ada beberapa contoh usaha makanan ringan yang akan saya bagikan. Lalu, apa saja usaha makanan tersebut? Baca sampai selesai.

Contoh Usaha Makanan Ringan

Terdapat beberapa jenis makanan ringan yang bisa Anda jual, baik itu makanan tradisional, makanan basah atau kering hingga camilan. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Jamur Crispy

Jamur crispy merupakan makanan ringan yang menjadi favorit banyak orang. Anda pasti sering melihat pedagang jamur crispy dipinggir jalan bukan? Nah, jajanan tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai usaha yang menjanjikan.

Anda bisa membuat olahan jamur crispy semenarik mungkin. Selain itu, perhatikan juga kualitas rasanya. Jamur crispy biasa disuguhkan dengan bumbu berbagai rasa, mulai dari bumbu asin, pedas hingga keju.

Buatlah harga yang masuk akal atau bisa dibilang jangan kemahalan. Sebab, makanan yang dijual dengan harga kemahalan, orang lain enggan untuk membelinya. Jamur crispy bisa Anda jual mulai dari Rp. 7.000 - Rp. 12.000 tergantung selera masing-masing.


2. Makaroni Goreng

Tidak berbeda jauh dengan jamur crispy, makaroni goreng merupakan makanan ringan yang bisa Anda jual. Makaroni goreng biasa disuguhkan dengan bumbu berbagai rasa, buatlah kualitas rasa yang menagihkan.

Anda bisa menjual makaroni goreng dengan harga mulai dari Rp. 5.000 - Rp. 10.000 tergantung selera masing-masing. Tawarkanlah dagangan Anda ke teman-teman, tetangga, orang lain dan menawarkannya di internet.

Proses penggorengan makaroni juga tidak begitu sulit, jika Anda belum mengetahui cara-caranya, bertanyalah kepada orang yang sudah berpengalaman atau juga bisa searching di Google agar mendapatkan informasi yang lebih akurat.

3. Aneka Kerupuk

Kerupuk merupakan makanan ringan yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena kerupuk memiliki rasa yang gurih dan menagihkan. Anda jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut untuk memanfaatkannya sebagai ladang uang, contoh membuka usaha makanan ringan.

Apalagi saat ini sudah ada beberapa pengusaha kerupuk yang sukses. Masa iya Anda tidak ingin mengikuti jejaknya? Berikut ini ada berbagai macam kerupuk yang bisa Anda jual, mulai dari kerupuk jengkol, kerupuk udang, kerupuk ikan dan lain sebagainya.

Selain itu, buatlah olahan kerupuk menjadi berbagai macam rasa. Agar orang lain mudah untuk memilih rasa yang di inginkan. Anda bisa menjual aneka kerupuk dengan harga mulai dari Rp. 5.000 - Rp. 10.000, yang terpenting jangan kemahalan.

4. Pisang Sale

Pisang sale merupakan makanan sederhana yang bahan dasarnya berupa pisang. Cara membuatnya adalah dengan mengiris pisang menjadi tipis-tipis, kemudian jemur irisan pisang tersebut. Pisang sale memiliki rasa yang gurih, sehingga disukai oleh banyak orang.

Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan cara berjualan pisang sale. Karena sudah ada beberapa pengusaha pisang sale yang sukses dan bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar. Apa Anda tidak mau mencoba?


5. Bakso Goreng (Basreng)

Bakso goreng sering kali Anda jumpai di warung-warung kelontong. Biasanya bakso goreng dijual dengan harga mulai Rp. 1.000. Makanan ringan tersebut sangat disukai oleh banyak orang, terutama penikmat makanan gurih.

Makanan ringan yang berbahan dasar bakso ini bisa menjadi ladang uang bagi Anda, yaitu dengan cara membuka usaha makanan ringan. Buatlah bakso goreng yang memiliki beberapa varian rasa yang menagihkan, seperti rasa pedas dan asin.

Anda bisa menjual bakso goreng dengan harga yang sesuai dengan berat serta isinya.

5. Mie Lidi

Mie lidi merupakan makanan ringan yang sangat legendaris. Makanan tersebut saat ini sudah jarang untuk ditemukan. Dahulu, Anda bisa menemukan makanan ringan tersebut disetiap warung, namun sekarang hanya ada di toko-toko tertentu.

Nah, dari kelangkaan tersebut, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang uang. Jika Anda tidak tahu cara membuatnya dan bahan-bahan mie lidi, silahkan searching di Google agar mendapatkan informasi terbaik.

Jika sudah, tentukan rasa seperti apa saja yang ingin dijual, utamakan rasa yang gurih-gurih, agar disukai oleh banyak orang.

6. Aneka Kue Basah

Bisnis aneka kue basah sering Anda jumpai dimana-mana bukan? Hal itu karena bisnis tersebut memiliki kesempatan sukses yang besar. Karena, kue basah merupakan makanan camilan yang disukai oleh banyak orang.

Contoh aneka kue basah seperti kue pastel, dadar gulung, getuk, kelepon, onde-onde, lupis ketan, ongol-ongol, kue putu, cup cake, kue lapis, bolu kukis, kue karamel, donat, dan lain sebagainya. Anda bisa membuka harga jual sesuai dengan bahan dan berat makanan tersebut.

7.  Aneka Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang sudah melegenda di Indonesia. Karena hampir semua masyarakatnya menyukai gorengan. Gorengan biasa Anda temukan penjualnya dipinggir jalan. Selain itu, gorengan juga memiliki harga yang murah.

Anda bisa menjual aneka gorengan sebagai usaha makanan ringan. Buatlah rasa yang mampu membuat pelanggan atau pembeli merasa ketagihan. Karena rasa menjadi salah satu hal penting dalam berjualan makanan.

Contoh aneka gorengan seperti bakwan, tempe, cireng, singkong dan lain sebagainya.

8. Pempek

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang memiliki rasa gurih dan menagihkan. Pempek bisa menjadi salah satu makanan ringan yang bisa Anda jual. Karena pempek memiliki peminat yang sangat banyak di Indonesia.

Pempek nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Oleh karena itu, Anda bisa menggoreng pempek tersebut ketika ada orang yang ingin membeli, agar cita rasa kelezatan pempek dapat dinikmati oleh pembeli.

Pempek biasa dijual dengan beraneka harga, mulai dari Rp. 7.000 - Rp. 20.000, semua tergantung bahan dan pengolahannya.


9. Aneka Roti Bakar

Anda pasti biasa menjumpai pedagang roti bakar yang berjualan di perkampungan penduduk dan menggunakan gerobak bukan? Nah, hal itu karena roti bakar memiliki harga yang murah dan peminatnya yang begitu banyak, bahkan semua kalangan menyukainya.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan roti bakar sebagai ladang uang. Roti bakar biasa diolah menjadi berbagai macam resep, mulai dari roti bakar yang ditabur dengan cokelat, diisi dengan daging hingga sayuran.

10. Aneka Brownis

Brownies merupakan makanan yang berbahan dasar tepung. Selain itu, brownies juga disukai oleh banyak orang. Sehingga Anda sering menjumpai pedagang brownies di berbagai tempat. Anda bisa membuka usaha makanan ringan dengan beraneka brownies.

Mulailah menitipkan jualan Anda ke warung terdekat, teman-teman dan masyarakat sekitar. Buatlah harga yang terjangkau, karena biasanya brownies dijual dengan harga yang hemat kantong. Yang terpenting adalah buatlah cita rasa yang memiliki ciri khas.

Agar usaha makanan ringan yang Anda jalankan bisa maju dan sukses. Jika Anda tidak tahu resep membuat brownies, maka Anda bisa mencari resep tersebut di Google.

11. Roti Cane

Roti cane merupakan makanan khas timur tengah yang sejak lama sudah populer di Indonesia. Roti cane memiliki rasa yang sangat lezat dan enak di lidah. Selain itu, terdapat berbagai macam rasa yang bisa Anda coba.

Anda bisa menjual roti cane sebagai ladang mencari uang. Sebab, roti tersebut sudah disukai oleh banyak orang, jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Salah satu pengusaha sukses roti cane adalah Husein Fauzi asal Jakarta.

Beliau memulai usaha roti cane sejak tahun 2010 dan sekarang ia sudah mempunyai lebih dari 27 gerai yang tersebar di Indonesia.

12. Kue Bingke

Kue bingke bisa Anda jadikan sebagai usaha makanan ringan yang wajib dicoba. Sebab, banyak orang yang sekarang sudah tertarik dengan kue tersebut. Bahan utama kue bingke adalah tepung beras, telur, gula dan santan.

Proses pemasakan kue tersebut harus melalui 2 langkah, yaitu diatas api kompor dan menggunakan oven. Namun, Anda jangan sampai salah membuat kuenya ya. Oleh karena itu, di sarankan untuk belajar melalui orang yang sudah terbiasa membuat kue bingke.


13. Stik Talas

Stik talas merupakan jajanan yang sudah ada dari zaman dahulu. Saat ini, memang sulit untuk menemukan jajanan tersebut. Nah, dari kelangkaan tersebut, gunakanlah kesempatan untuk menjual stik talas ke masyarakat.

Bahan dasar stik talas adalah umbi talas yang memiliki bentuk seperti stik kentang, serta memiliki warna kuning mencolok. Stik talas juga tidak jauh berbeda dengan keripik talas, hanya saja stik talas dibuat dengan bentuk bulat yang memanjang.

14. Keripik Singkong

Keripik singkong bisa kita beli dan temukan penjualnya dimana saja. Makanan ringan tersebut merupakan favorit banyak orang, sebab keripik singkong memiliki rasa yang gurih dan kriuk saat di gigit.

Keripik singkong biasanya memiliki berbagai macam rasa, ada rasa manis, pedas, barbeque, keju, asin dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mencoba untuk menjualnya, silahkan saja. Karena kesempatan tidak datang dua kali.

Keripik singkong bisa dijual dengan harga mulai dari Rp. 5.000 - Rp. 10.000. Tawarkanlah kepada teman, tetangga, masyarakat sekitar dan pengguna internet.

15. Kacang-kacangan

Usaha makanan ringan berikutnya adalah kacang-kacangan. Makanan ringan tersebut seringkali kita jumpai ketika sedang mampir kerumah teman, silaturahmi ke saudara dan lain sebagainya. Kacang-kacangan bisa dibilang lezat dan gurih.

Terdapat berbagai varian rasa yang bisa Anda coba. Dari situlah mengapa kacang-kacangan sangat laris dipasaran. Anda bisa menjual kacang-kacangan mulai dari harga Rp. 8.000 - Rp. 15.000, semua tergantung berat dan pengolahannya.

16. Peyek

Peyek merupakan camilan yang sudah populer di Indonesia, bahan dasar peyek adalah tepung dan kacang. Namun, sekarang sudah banyak jenis peyek yang sering dibuat, mulai dari peyek udang, peyek teri, peyek kacang dan lain sebagainya.

Peyek cocok dikonsumsi saat sedang makan, sedang menonton tv, sedang bersantai ataupun sedang kumpul bersama keluarga. Nah, dari kepopulerannya, Anda bisa memanfaatkan dengan cara menjual peyek ke teman, tetangga, saudara dan masyarakat sekitar.

Peyek biasa dijual dengan harga Rp. 7.000 - Rp. 12.000, tergantung dari bahan pembuatan dan berat perbungkusnya.


17. Otak-otak Ikan

Makanan seperti otak-otak ikan biasa dikonsumsi dengan saus, bumbu asin dan bumbu pedas. Otak-otak ikan memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Dari situlah yang membuat otak-otak ikan disukai oleh semua kalangan.

Anda bisa menjual otak-otak ikan dengan harga mulai dari Rp. 5.000 - Rp. 15.000. Selain itu, mengolah makanan tersebut juga tidak sulit, bahkan hanya di iris dan digoreng saja, kemudian otak-otak siap dikonsumsi.

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang usaha makanan ringan yang bisa Anda coba. Contoh usaha diatas sudah direkomendasikan oleh beberapa pengusaha sukses, semua pilihan tergantung Anda yang menentukan.

Selain itu, bahan-bahan makanannya juga mudah ditemukan dan pengolahannya tidak terlalu ribet. Yang terpenting adalah Anda memiliki kreatifitas dalam pengolahan dan juga penjualannya, agar usaha Anda bisa berjalan dengan baik.

Terima kasih.

About Masdejay

Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Follow by Email

Copyright © Masdejay. All rights reserved. Template by CB