17 Bisnis Anak Kuliahan yang Menguntungkan dan Menjanjikan

bisnis anak kuliahan

Bisnis Anak Kuliahan - Bisnis merupakan hal yang bisa menguntungkan seseorang yang menjalankannya. Dari situlah mengapa banyak orang yang saat ini ingin membangun bisnis sendiri daripada kerja ikut dengan orang lain.

Bisnis memiliki berbagai jenis, ada bisnis online dan bisnis offline. Bisnis online bisa Anda jalankan dan lakukan di dunia internet, baik website maupun sosial media. Sedangkan bisnis offline adalah bisnis yang bisa Anda jalankan secara langsung tanpa melalui internet.

Kedua jenis bisnis tersebut sama-sama menguntungkan, tergantung yang menjalankannya. Banyak orang yang ingin membangun bisnis sendiri, agar ia bisa mendapatkan uang yang banyak, khususnya anak kuliahan.

Saat ini, sudah ada bisnis anak kuliahan yang bisa dijalankan, bahkan jumlahnya sangat banyak. Nah, dari masing-masing bisnis tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda harus mempunyai trik dan skill tertentu.

Sebagian besar mahasiswa memang sangat bergantung dan mengharapkan kehidupannya dari orang tua. Karena rata-rata mahasiswa berfikir bahwa ia hanya terfokus pada pembelajaran saja. Namun, sekarang sudah banyak mahasiswa yang ingin mempunyai penghasilan sendiri.

Hal itu agar bisa membantu biaya hidupnya dan meringankan beban orang tua. Nah, di artikel kali ini saya akan membahas tentang bisnis anak kuliahan yang bisa dicoba dan dijalankan. Lalu, apa saja bisnis tersebut? Baca ulasan berikut ini.

Bisnis Anak Kuliahan

Bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa sangatlah banyak. Bahkan, mereka juga bisa sukses berkat bisnis ini. Jika Anda penasaran dengan bisnisnya, berikut ini adalah ulasannya.

1. Menjual Kaos

Jika Anda seorang mahasiswa, maka bisnis yang tepat untuk dicoba adalah dengan berjualan kaos. Kaos memiliki banyak motif, warna dan bentuk yang menarik, sehingga hal tersebut bisa menjadi kesempatan Anda untuk menjualnya.

Jangan menganggap remeh bisnis berjualan kaos, sebab saat ini sudah banyak orang yang sukses berkat berjualan kaos saja. Anda bisa membuka toko kaos, menjual langsung ke teman, keluarga, masyarakat sekitar dan menjual di internet.

Manfaatkan keadaan yang ada, karena kesempatan tidak datang dua kali.

2. Jasa Service HP, Laptop dan Komputer

Jasa service seperti ini sebenarnya hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian tersebut. Namun, jika Anda ingin belajar, maka dipastikan Anda akan bisa memperbaiki semua perangkat elektronik.

Nah, jika Anda mempunyai keahlian memperbaiki HP, Laptop dan Komputer, maka boleh saja untuk membuka jasa service tersebut. Karena orang yang membutuhkan jasa service perangkat elektronik sangat banyak.

3. Menjual Barang Bekas

Menjual barang bekas bisa menjadi sebuah bisnis. Karena saat ini banyak orang yang mencari barang-barang bekas, sebab harganya sudah dipastikan turun. Dari situlah Anda bisa memanfaatkan keadaan yang ada dengan menjual barang bekas.

Mulai dari sepatu, baju, jaket, topi, barang elektronik dan lain sebagainya. Sebar luaskanlah bisnis jual barang bekas yang Anda jalankan. Jika masih malu dan ingin mencoba terlebih dahulu, Anda bisa menawarkan barang bekas ke teman, tetangga dan masyarakat sekitar.

4. Jasa Penerjemah

Bisnis anak kuliahan berikutnya adalah jasa penerjemah. Saat ini jasa penerjemah memang jarang kita lihat. Namun siapa sangka, bahwa jasa penerjemah masih dibutuhkan oleh orang yang belum menguasai bahasa tertentu.

Jika Anda mempunyai keahlian dalam menggunakan bahasa asing, maka jangan lewatkan kesempatan yang ada. Anda bisa membuka jasa penerjemah atau les private bahasa asing. Jika Anda mencobanya, maka sudah dipastikan Anda akan memiliki penghasilan.


5. Jasa Menulis Artikel

Jasa menulis artikel bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis artikel, baik itu artikel blog maupun bisnis, maka cobalah untuk membuka jasa tersebut. Karena saat ini banyak orang yang membutuhkan penulis artikel.

Tidak semua orang pandai menulis artikel menggunakan bahasa yang tepat. Nah, dari situ Anda bisa memulai semuanya. Tawarkanlah jasa Anda ke grup blogger, internet, sosial media dan lain sebagainya. Tentukanlah harga yang akan Anda tawarkan ke orang lain.

6. Membuka Online Shop

Bisnis seperti ini memang pernah naik daun pada masanya. Namun, siapa sangka bahwa bisnis online shop masih bisa dimulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan, sebab saat ini sudah banyak orang yang sukses berkat online shop.

Anda bisa menjual pakaian, peralatan rumah tangga, makanan, barang-barang antik dan lain sebagainya di internet. Internet memiliki jangkauan yang sangat luas, dari situlah mengapa banyak orang yang sukses membuka online shop.

7. Menjual Lukisan

Apakah Anda pandai dalam melukis? Jika iya, tidak ada salahnya untuk coba menjual lukisan yang Anda buat. Karena, lukisan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Karena kreatifitas tidak bisa dibeli dengan harga yang murah.

Mulailah untuk menentukan konsep, mulai dari lukisan apa yang mau dibuat dan mempersiapkan bahan serta alat untuk melukis. Jika lukisannya sudah jadi, tawarkanlah lukisan tersebut ke orang-orang, jangan lupa juga untuk menjual ke internet.

8. Desain Grafis

Bisnis anak kuliahan berikutnya adalah desain grafis. Bisnis seperti ini cocok dicoba bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis. Penghasilan yang bisa diraup dari bisnis tersebut juga besar.

Anda bisa mulai merangkai konsep jasa desain grafis, mulai dari harga yang ditentukan dan lain sebagainya. Tawarkanlah jasa Anda ke orang-orang sekitar dan sosial media. Yang terpenting adalah tingkatkan skill yang Anda miliki.

Semakin tinggi skill atau kemampuan yang dimiliki, maka harga jual pun juga akan semakin meningkat.


9. Reseller

Menjadi seorang reseller memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sebab reseller sudah banyak tersebar di setiap daerah. Jika Anda seorang mahasiswa dan ingin memiliki penghasilan sendiri, maka Anda bisa mencoba untuk menjadi reseller.

Bonus dan keuntungan yang didapat sudah pasti besar jika Anda berhasil menjual produk-produk yang ditawarkan. Yang terpenting adalah Anda jago dalam berbahasa dan menawarkan sebuah produk, karena hal itu adalah trik yang harus dimiliki oleh seorang reseller.

10. Jasa Pembuatan Tugas

Jasa pembuatan tugas jarang kita lihat bukan? Nah, dari sini Anda bisa memanfaatkan keadaan, yaitu dengan cara membuka jasa pembuatan tugas. Mulai dari tugas sekolah, makalah dan skripsi. Sudah dipastikan jasa Anda akan laris manis.

Namun, ada point penting yang harus diperhatikan, Anda harus lebih kreatif, cerdas, rajin dan ulet ketika membangun bisnis jasa pembuatan tugas. Jika hasil dari jasa Anda memuaskan, tentu hal itu akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Karena, sudah pasti pelanggan akan merekomendasikan jasa Anda ke orang-orang.

11. Youtuber

Menjadi youtuber adalah impian bagi banyak orang saat ini. Sebab, youtuber bisa memiliki penghasilan yang sangat besar hanya dari upload video saja. Bahkan, penghasilan yang didapat youtuber bisa mencapai angka ratusan juta.

Siapa sih yang tidak tertarik dengan uang sebanyak itu? Nah, Anda bisa mencoba untuk menjadi seorang youtuber. Mulailah untuk membuat channel youtube dan mengupload video dalam 1 topik saja, agar orang lebih mudah mengetahui isi channel Anda.

Konsisten adalah kunci utama menjadi youtuber. Jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan saat melihat jumlah viewers yang belum memuaskan. Sebab, jika Anda ingin menjadi youtuber yang terkenal dan sukses, maka ada rintangan berat yang harus dilewatkan.

12. Blogger

Blogger adalah penulis dalam sebuah blog atau website. Blogger bisa mendapatkan uang dari penulisannya tersebut. Jika Anda mencari artikel di Google, artikel tersebut ditulis oleh para blogger. Nah, dari situlah blogger mendapatkan uang.

Jika Anda mempunyai keahlian dalam menulis dan berbahasa, maka silahkan mencoba untuk menjadi blogger. Platform yang bisa digunakan untuk menjadi blogger adalah Blogspot, Wordpress dan lain sebagainya.

Gimana cara mendapatkan uangnya? Caranya adalah memonetisasi blog atau web yang Anda punya. Namun, artikel yang sudah Anda buat jumlahnya harus banyak, hal itu agar lebih mudah diterima dalam proses monetisasi.


13. Penitipan Hewan Peliharaan

Jika Anda hobi merawat hewan dan termasuk pecinta hewan peliharaan, maka bisnis penitipan hewan bisa Anda coba. Merawat hewan tentu membutuhkan keahlian khusus, tidak asal-asalan. Namun, bukan berarti Anda tidak mencoba.

Jasa tersebut cocok dicoba oleh mahasiswa yang hobi merawat hewan peliharaan. Selain mampu menghibur Anda, keuntungan yang didapat dari jasa tersebut juga besar. Oleh karena itu, penitipan hewan peliharaan adalah bisnis anak kuliahan yang bisa dicoba.

14. Fotografi

Apakah Anda menyukai bidang pemotretan? Jika iya, Anda bisa coba membuka jasa fotografi. Keuntungan yang didapat dari jasa ini cukup besar. Namun, Anda harus pandai dalam memotret sebuah objek.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kamera yang bagus untuk memulainya. Jika tidak ada uang untuk membeli kamera, Anda bisa meminjam uang melalui teman atau masyarakat sekitar. Jasa seperti ini sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang.

15. Pembuatan Aplikasi dan Website

Membuat aplikasi dan website tentu membutuhkan yang namanya keahlian, keahlian tersebut adalah cooding. Jika Anda mempunyai kemampaun dalam membuat aplikasi dan website, maka Anda bisa membuka jasa tersebut.

Saat ini, banyak orang yang ingin mempunyai aplikasi dan website, namun ia tidak bisa membuat sendiri. Tentu ia membutuhkan seseorang yang bisa membuatkan aplikasi dan web. Nah, dari sinilah Anda bisa memanfaatkan keadaan.

Jasa ini memiliki nilai harga yang tinggi, karena pengerjaannya tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

16. Menjadi Agen Pulsa dan Kuota

Di era modern sekarang ini, setiap orang membutuhkan pulsa dan kuota agar bisa berkomunikasi jarak jauh. Anda bisa menjadi penjual pulsa dan kuota, baik dilingkungan sekitar maupun di internet. Keuntungan yang didapat juga lumayan besar, sehingga cocok untuk para mahasiswa.

Bisnis anak kuliahan yang satu ini tergolong simpel, karena Anda hanya perlu membutuhkan sebuah HP, kemudian daftar menjadi agen dan mempromosikan jasa yang Anda miliki.


17. Jasa Pengantar Barang

Jasa mengantar barang adalah jasa yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Karena saat ini tidak semua orang memiliki waktu untuk mengantar barang. Dari situlah mereka membutuhkan jasa pengantar barang.

Yang terpenting adalah Anda sudah memiliki surat kendaraan lengkap. Karena, sudah pasti Anda akan melewati jalanan yang ramai dan banyak petugas.

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang bisnis anak kuliahan. Bisnis di atas adalah bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa. Selain menguntungkan, bisnis tersebut bisa menjadi faktor kesuksesan seseorang.

Kunci kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah ulet, konsisten, pantang menyerah, mau belajar dan taat kepada Tuhan, terima kasih.