Bukit Parang Endog, Tempat Terbaik Untuk Menikmati Sunset di Yogyakarta

bukit parang endog

Bukit Parang Endog - Yogyakarta khususnya di wilayah Gunung Kidul memang sangat terkenal akan keindahan wisata pantainya. Deretan pantai tersebut yang seringkali menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Beberapa pantai di Gunung Kidul yang sudah terkenal luas seperti Pantai Siung,Pantai Indrayanti, Pantai Ngelambor, Pantai Baron dan masih banyak yang lainnya. Tapi tak hanya itu saja, terdapat pula beberapa bukit yang keindahannya mampu memanjakan mata. Bukit tersebut adalah Bukit Parang Endog.

Bukit Parang Endog merupakan sebuah Bukit yang terletak di Gunung Kidul. Meskipun Bukit ini belum cukup terkenal, tetapi bukit ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan menarik. Bukit Parang Endog ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parang Endog.

(Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Jakarta Timur yang Nyaman dan Instagramable)

Bukit Parang Endog

Bukit ini memiliki keunikan tersendiri yang mampu memikat hati para pengunjung, yaitu lokasinya yang sangat cocok untuk dijadikan Spot Paralayang. Maka dari itu bukit ini seringkali disebut sebagai Bukit Paralayang ataupun Bukit Parangtritis.

Tempatnya yang sangat menarik, menjadikan tempat yang sangat cocok untuk berswafoto. Tak sedikit pula wisatawan yang mengambil beberapa jepretan foto untuk memenuhi foto Narsis mereka di galery.

Nama Bukit ini terdiri atas 2 kata yaitu Parang dan Endog. Dalam bahasa jawa, Parang berarti Batu Karang, dan Endog berarti Telur. Hal ini dikarenakan Batu Karang yang terletak di Pantai Parangendog ini bentuknya seperti telur.

Bukit ini berada di ketinggian sekitar 900 Mdpl, Dari atas bukit kita bisa memandang indahnya pantai yang eksotis ditemani oleh sumilir angin. Jadi, tempat ini sangat cocok untuk Anda para traveller yang ingin refreshing dan menghilangkan penat.

Daya Tarik 

Di Bukit Parang Endog ini, ada salah satu daya tarik yang paling menonjol dan digemari oleh para pengunjung yaitu dengan sunsetnya. Anda bisa menikmati indahnya moment moment saat matahari tenggelam. Menyaksikan sunset dengan background laut lepas memang sangat asyik, apalagi dengan warna oren keemasannya yang sangat mengagumkan ini dapat Anda lihat dari sini.

Tak hanya itu saja, disini Anda juga bisa mengikuti kegiatan yang dapat menguji adrenalin, yaitu Paralayang. Di kegiatan ini, Adrenalin Anda akan diuji saat terbang diatas laut lepas.

(Baca Juga : Alamanda Flower Garden, Wisata Hits Dengan Spot Foto yang Instagramable)

Bagi Anda yang masih pemula, jangan khawatir. Karena di kegiatan ini Anda akan didampingi oleh pemandu yang memang ahli pada bidang tersebut. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang gemar akan tantangan.

Belum lama ini, berada tepat di bawah Bukit Parang Endog, terdapat sebuah bukit yang saat ini telah dirombak dan dibangun sebuah Cafe yang Instagramable.

Tak jarang dari Wisatawan Bukit Parang Endog ini menyempatkan diri untuk mampir ke Cafe tersebut, entah makan atau hanya sekadar memesan kopi sembari memandang pemandangan cantik disekitar.

Harga Tiket Masuk

Bukit Parang Endog memiliki pemandangan indah sejauh mata memandang. Untuk dapat menikmati keindahan tersebut, ada sedikit uang yang harus Anda keluarkan ketika memasuki tempat wisata ini.

Biaya retribusi untuk masuk ke wisata ini terbilang cukup murah sekali, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 saja per orangnya. Sedangkan untuk tarif parkirnya, kendaraan bermotor dikenai Rp 2.000 dan kendaraan mobil dikenai Rp 5.000.

Terkait jam oprasionalnya, Bukit Parang Endog ini dibuka setiap hari mulai jam 05.00 sampai jam 18.30 WIB.

Fasilitas

Guna menambah kenyamanan para pengunjung, Bukit Parang Endog ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Fasilitas tersebut diantaranya adalah...

  • Musholla / Tempat Ibadah
  • Area Parkir yang luas
  • Toilet
  • Warung Makan


Lokasi

Bukit Parang Endog ini berada di Dusun Parangrejo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi bukit ini cukup mudah untuk dijangkau, Jika dari pusat kota Jogja, Anda tinggal menuju ke Pantai Parangtritis. Lokasi bukit ini satu arah dengan Queen Short of The South.

Rute Menuju

Beruntunglah jika Anda ingin berkunjung ke Bukit Parang Endog ini, karena rute menuju lokasinya cukup mudah untuk dijangkau.

Jika Anda memulai perjalanan dari arah Pusat Kota Yogyakarta, arahkan kemudi ke timur menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan sampai ke Jl. Pangurakan. Sampai sini Anda akan menemukan perempatan, jika sudah, lanjutkan perjalanan ke selatan menuju Jl. Brigjen Katamso.

Sesampainya di Jl. Brigjen Katamso, arahkan kemudi menuju ke Jl. Parangtritis sampai ke Jl. Parangtritis – Panggang. Dari sini, lurus terus sampai menemukan pertigaan, belok ke timur kemudian lurus terus saja dan nantinya Anda akan sampai di Bukit Parang Endog.

Jika dihitung hitung, Jarak dari Bukit Parang Endog ke Pusat Kota Yogya memang cukup jauh, sekitar 30,3 KM. Untuk waktu tempuh normalnya, jika kamu menggunakan kendaraan sepeda motor, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 56 menit saja.

(Baca juga: Curug Indah Tegalrejo, Wisata Indah yang Wajib di Kunjungi)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Bukit Parang Endog yang bisa Anda kunjungi kapan saja untuk menikmati sunset di kota Yogyakarta. Ayo tunggu apalagi? Segera jadwalkan hari keberangkatan menuju Bukit Parang Endog mulai dari sekarang.

Terima kasih/