Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

12 Cara Menghargai Jasa Pahlawan

cara menghargai jasa para pahlawan

Cara Menghargai Jasa Pahlawan - Pahlawan merupakan sosok yang sangat berjasa bagi negara dan juga kedaulatan rakyat. Berkat para pahlawan, kita bisa hidup tentram, nyaman dan damai di negara Indonesia. Karena mereka telah berjuang mengusir penjajah sampai titik darah penghabisan.

Dari perjuangannya yang tak kenal lelah dan tidak memperdulikan nyawanya, kita sebagai rakyat biasa patut menghargai jasa pahlawan yang telah memerdekakan negara, walaupun para pahlawan kemerdekaan saat ini sudah tiada.

Saat ini, banyak masyarakat yang terlihat kurang menghargai jasa pahlawan. Hal itu tentu terlihat sungguh miris dan menyedihkan. Sebab, karena sosok pahlawan mereka saat ini bisa hidup nyaman di negara ini.

Nah, untuk menghargai jasa-jasanya, Anda tidak perlu bertempur di medan perang. Karena ada beberapa cara yang bisa di praktekkan secara langsung. Oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan memberikan pengetahuan tentang cara menghargai jasa pahlawan.

Apa saja cara tersebut? Mari baca ulasan dibawah ini.

(Baca juga: 12 Tokoh Penting dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia)

Cara Menghargai Jasa Pahlawan

1. Menjaga kelestarian Alam

Kita sebagai masyarakat memang sudah seharusnya untuk menjaga kelestarian alam di sekitar. Karena alam merupakan salah satu bagian bumi yang wajib diperhatikan. Contoh saja, Anda membuang sampah makanan pada tempatnya.

Bersihkanlah lingkungan sekitar untuk menjaga keseimbangan alam, agar hidup Anda juga tetap nyaman dan tentram.

2. Melestarikan Budaya Bangsa

Kebudayaan memang sudah menjadi aset penting bagi bangsa dan negara. Untuk itu, kita sebagai rakyat sangat diwajibkan untuk menjaga budaya, bahkan memperkenalkan budaya dalam negeri ke seluruh dunia.

3. Saling Menghormati

Jika Anda saling menghormati masyarakat sekitar, maka itu termasuk ke dalam sifat menghargai jasa pahlawan. Saat ini, kita hidup di negara Indonesia, yang memiliki berbagai macam suku, budaya dan agama. Dengan begitu, menjaga toleransi itu sangat penting.

Juga, dengan menjaga toleransi, kita bisa bersatu dan memajukan negeri ini.

(Baca juga: 10 Pelukis Terbaik di Indonesia Sepanjang Sejarah)

4. Taat Kepada Peraturan

Sebagai masyarakat biasa, tentu kita hidup dalam aturan yang sudah diberikan oleh pemerintah setempat. Nah, untuk itu Anda diwajibkan menaati peraturan yang ada. Dengan begitu, Anda sudah mencontohkan salah satu cara menghargai jasa pahlawan.

5. Memperingati Peristiwa Penting

Memperingati peristiwa penting memang sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai warga negara. Misalkan Anda ikut memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari pahlawan dan hari lahirnya pancasila.

6. Belajar dengan Giat

Jika Anda masih menjadi seorang pemuda-pemudi, maka belajarlah dengan sungguh-sungguh. Karena hal tersebut akan menjadi aset yang berharga bagi negara. Seperti apa yang dikatakan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

"Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dan akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"

Dari kalimat diatas, kita bisa melihat betapa pentingnya peran pemuda bagi bangsa dan negara.

(Baca juga: 5 Pelukis Aliran Naturalisme Terbaik di Dunia)

7. Mengamalkan Isi Pancasila

Pancasila merupakan ideologi atau landasan bagi bangsa Indonesia. Nah, Anda sebagai rakyat, sangat diwajibkan untuk mengamalkan isi dari Pancasila yang berbunyi, Ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

8. Mengikuti Upacara Bendera

Bagi seorang siswa, setiap hari senin, tentu akan melakukan upacara bendera di sekolahannya. Untuk itu, sebagai seorang siswa sangat diwajibkan untuk mengikuti kegiatan upacara bendera. Karena hal itu termasuk ke dalam cara menghargai jasa pahlawan.

9. Menghafal Nama-nama Pahlawan

Pahlawan di Indonesia memang sangat banyak, belum lagi yang tidak disebutkan oleh media atau sumber informasi. Sebagai warga negara, Anda wajib untuk menghafal nama-nama pahlawan. Karena dengan begitu, Anda akan selalu ingat jasa dan perjuangannya untuk negara.

(Baca juga: Contoh Kalimat Berita yang Benar dan Efektif)

10. Berpartisipasi dalam Memperingati Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan negara Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Setiap tahunnya, pada tanggal 17 Agustus, negara ini merayakan hari kemerdekaan. Baik itu dari kalangan pejabat maupun masyarakat biasa.

Jika ada perlombaan, pawai atau acara yang meramaikan hari kemerdekaan, maka berpartisipasilah dalam hal tersebut untuk menghargai jasa para pahlawan.

11. Mempelajari Sejarah

Di sekolah atau tempat pembelajaran lainnya, tentu ada mata pelajaran yang membahas tentang sejarah bangsa Indonesia. Sebagai warga negara, kita sangat dianjurkan untuk mempelajarinya, hal itu bertujuan agar kita semua selalu mengenang pahlawan bangsa.

12. Mencintai Tanah Air

Jika Anda ingin mengenang para pahlawan, maka cintailah tanah air. Karena merekalah bangsa ini ada dan merdeka. Terdapat berbagai macam bentuk cinta terhadap tanah air, misa saja Anda bangga menjadi warga negara Indonesia, menjunjung tinggi hukum yang ada dan mengamalkan isi Pancasila.

(Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang cara menghargai jasa pahlawan. Kenanglah para pahlawan bangsa, karena mereka kita bisa hidup senyaman ini. Tetap menjaga kesatuan untuk kemajuan bangsa.

Terapkanlah sifat Pancasila bagi kebaikan kita semua, terima kasih.

About Masdejay

Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Follow by Email

Copyright © Masdejay. All rights reserved. Template by CB